Skip to content

Manajemen Gudang Efektif Bersama Konsultan Bisnis

Manajemen Pergudangan Efektif bersama Konsultan Bisnis

Manajemen gudang akan sangat penting bagi anda pemilik bisnis kecil maupun besar. Setiap perusahaan yang bergerak di bidang produk tentu membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan barang sementara. Informasi barang dan stok tercatat dengan teratur atau bahan baku yang tersimpan juga bisa lebih terorganisir. Manajemen gudang dibutuhkan untuk mengontrol seluruh elemen yang ada di gudang dan memastikan semua kegiatan di gudang berjalan secara optimal.

ARTIKEL TERKAIT: Tips & Trik Membuka Bisnis Retail

Manajemen gudang yang diterapkan dengan baik dapat memudahkan karyawan mencari barang, sehingga kinerja karyawan lebih cepat dan barang sampai di tangan konsumen juga lebih cepat. Permintaan konsumen yang dipenuhi dengan cepat dapat meningkatkan nilai kepuasan dari konsumen. Berikut cara manajemen gudang yang efektif :

Kumpulkan Data yang Akurat dengan Konsultan Manajemen Gudang

Langkah awal untuk manajemen gudang yaitu mengumpulkan data. Mengumpulkan data pembelian, stok barang, dan data penjualan selama 1-2 tahun ke belakang. Data yang dikumpulkan harus akurat. Dengan menggunakan data-data tersebut, Anda dapat mengetahui pergerakan keluar masuk barang. Anda juga dapat memetakan barang apa yang paling banyak terjual (fast moving) dan maupun barang yang sulit terjual (slow moving).

Barang yang disimpan di gudang tidaklah sedikit. Penting untuk membuat list seluruh barang yang akan menempati gudang. Barang-barang tersebut akan diberi label. Pergunakan label yang sederhana dengan menggunakan kombinasi alfanumerik. Selanjutnya barang-barang tersebut dikategorikan berdasarkan family, karakter barang, dan waktu kadaluarsa. Hal ini penting untuk mempermudah mengatur tata letak gudang.

Atur Tata Letak Gudang dengan Konsultan Gudang

Tata letak gudang atau warehouse layout adalah cara untuk mengatur penempatan barang dengan metode tertentu untuk mendukung aktivitas pergudangan agar menjadi efektif dan efisien. Ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu memastikan ruang yang cukup untuk menampung seluruh persediaan dan memastikan area gudang cukup untuk karyawan bekerja dan lalu lalang. Dalam pengambilan barang, para karyawan harus bisa berjalan cepat di lorong tanpa saling menghalangi. Jadi, sebelum mengatur tata letak gudang, Anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu.

Barang-barang yang sudah dikategorikan, diatur dan diberi label sesuai kategori. Semakin besar gudang Anda, semakin detail label yang harus dipasang di setiap lokasi gudang Anda. Sehingga karyawan lebih mudah dalam mencari barang. Pengaturan tata letak gudang juga harus memperhatikan karakter barang. Barang dengan kualitas premium sebaiknya diletakkan di tempat yang aman dari serangan tikus. Anda juga harus memikirkan tanggal kadaluarsa. Sehingga harus diatur supaya barang yang keluar dari gudang adalah produk dengan masa kadaluarsa paling awal (FIFO).

Optimalkan Manajemen Bahan Baku di Gudang dengan Penataan Gudang yang Baik

Untuk mengoptimalkan manajemen bahan baku di gudang, barang-barang yang paling laku (fast moving) diletakkan di lokasi paling dekat area pengemasan. Barang-barang slow moving diletakkan paling jauh dari area pengemasan. Hal ini dapat menghemat waktu pengambilan barang. Anda juga bisa mengubah lokasi penyimpanan barang secara berdasarkan tren, musim, atau faktor lainnya. Karena bisa jadi barang yang paling banyak terjual di awal tahun menjadi kurang laku di akhir tahun.

Karyawan Anda juga harus dapat menerima, membongkar, menyimpan, dan memesan stok baru dengan efisien. Semakin cepat dilakukan, semakin cepat stok tersedia untuk dijual. Terjadinya kesalahan akan mempengaruhi seluruh rantai pasokan.

Percepat Proses Pemenuhan Pesanan (Order Fulfillment) dengan Manajemen Gudang

Tanda manajemen gudang yang baik adalah mampu memenuhi pesanan dengan cepat dan akurat. Terdapat 3 aspek penting dalam pemenuhan pesanan. Pertama pengambilan barang. Meskipun pengambilan barang terlihat mudah, namun faktanya sebagian besar waktu pemenuhan pesanan terbuang hanya untuk mencari barang. Anda harus menerapkan strategi pengambilan barang yang tepat.

Barang yang sudah disiapkan kemudian dikemas. Ukuran kemasan dan bahan kemasan juga harus diperhatikan. Ukuran kotak dapat berpengaruh pada biaya operasional. Memiliki banyak pilihan ukuran kotak juga akan membingungkan karyawan. Ada baiknya dipilih beberapa ukuran berdasarkan barang yang sering terjual. Selanjutnya, pilih bahan-bahan kemasan yang digunakan dapat melindungi barang Anda selama perjalanan pendistribusian. Pastikan juga karyawan Anda mengirim produk yang tepat dan dikirim kepada konsumen yang tepat.

Itulah cara manajemen gudang yang efektif, apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait artikel di atas bisa langsung kontak konsultan bisnis melalui media yang tersedia.