Skip to content

Tentang Kami

Memahami Apa Itu Konsultan Bisnis

Banyak perusahaan diluar sana terjebak dalam rutinitas kerja dan persaingan bisnis sehingga hanya terfokus pada meningkatkan omset yang ternyata juga tidak menyelesaikan masalah. Semakin omset dikejar, ternyata biaya mendapatkan omset tersebut juga tidak kalah besar.

Masalah lainnya seringkali mengikuti seperti Manajemen SDM yang tidak optimal, negosiasi kontrak dengan partner maupun klien yang deadlock serta masalah lainnya yang datang bersamaan.

Tentu hal ini membuat anda pusing tujuh keliling. Anda membutuhkan konsultan bisnis yang mengerti dan selalu ada untuk anda kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu konsultan bisnis, lalu apa tugas dan perannya bagi anda maupun perusahaan anda? 

Pengertian dan Tugas Konsultan Bisnis

Pengertian Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis adalah seorang profesional yang menyediakan jasa konsultasi atau penasehat terkait kegiatan bisnis. Menganalisa potensi dan ancaman dari sebuah bisnis yang dijalankan serta mengatasi masalah yang terjadi.

Tidak hanya yang bersifat negatif, seorang konsultan juga harus mampu dan menguasai perencanaan dan pengembangan bisnis. Oleh karena itu, jasa konsultan bisnis tidak hanya digunakan oleh perusahaan ataupun profesional, tapi juga oleh seseorang yang baru merintis usaha atau bisa juga UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

Tugas dan Peranan Konsultan Bisnis

Mendeteksi masalah yang sedang dan akan terjadi. Seorang konsultan harus peka terhadap masalah yang terjadi di suatu bisnis. Bahkan, mereka harus bisa mendeteksi masalah yang akan terjadi.

Memberi solusi atas masalah yang teridentifikasi. Tidak hanya sekadar mengidentifikasi masalah, seorang konsultan bisnis juga harus mampu menawarkan solusi terhadapnya.

Membantu perencanaan bisnis, Selain mendeteksi masalah, konsultan juga berperan untuk membantu perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis ini dilakukan untuk membuat bisnis optimal dan berkembang dengan lebih baik lagi. Kegiatan ini termasuk menganalisis kompetitor, efisiensi proses bisnis, hingga menyusun strategi-strategi lain yang diperlukan.

Menambah relasi untuk eksekusi rencana bisnis. Seorang konsultan bisa membantu menemukan koneksi dan relasi untuk bisnis karena dia terlebih dahulu berkecimpung di dunia bisnis tersebut.

Menangkap peluang yang ada, Seorang konsultan pun harus mampu menangkap peluang usaha yang sedang tren. Bahkan, profesi konsultan usaha dituntut memiliki kepekaan yang baik untuk bisa mengendus sumber cuan. Mereka juga harus kreatif, mampu menggali inovasi dari ide-ide bisnis yang sudah ada.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Konsultan Bisnis

Merujuk pada tugasnya yang kompleks, seorang konsultan bisnis harus menguasai dan memiliki keterampilan serta pengetahuan di berbagai bidang, terutama psikologi dan manajemen. Berikut adalah beberapa disiplin ilmu dan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang konsultan.

  • Administrasi dan Manajemen : Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
  • Ekonomi dan Akuntansi : Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.
  • Bahasa Inggris : Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
  • Marketing : Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.
  • Problem Solving : Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.
  • Koordinasi : Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain. Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.
  • Berpikir Kritis : Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Honor dan Gaji Konsultan Bisnis

Gaji seorang konsultan bisnis ditentukan dari pengalamannya dalam memberikan jasa konsultan pada seseorang. Untuk lulusan baru gaji awalnya adalah Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Untuk bisnis konsultan yang sudah punya pengalaman 3 tahun ke atas, gajinya bisa lebih besar. Dimulai dari Rp7 juta hingga Rp14 juta, tergantung dari kerumitan bisnis yang Anda tangani. Semakin mumpuni Anda, tentu gaji yang didapatkan akan besar.

Hubungi Kami Sekarang

Add a strong one liner supporting the heading above and giving users a reason to click on the button below.

Click Here