Skip to content

Tips & Trik Membuka Bisnis Retail

Tips Trik Membuka Bisnis Retail

Bisnis retail adalah kegiatan menjual barang secara satuan atau eceran kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi. Bisnis retail tidak hanya menjual barang kebutuhan pokok namun juga pakaian, kosmetik, peralatan elektronik, kerajinan, mainan, dan banyak lagi contoh lainnya. Banyak pengusaha yang gulung tikar karena tidak memiliki rencana yang bagus saat memulainya. Tugas konsultan bisnis yang akan membereskannya jika anda mengalami hal semacam ini. Disini kami akan share secara gratis beberapa solusi dan inovasi dalam bisnis retail.

Selain itu meskipun di atas kertas mereka sudah memiliki rencana yang matang, namun praktik eksekusi mereka belum bisa dikatakan baik. Belum lagi kemampuan adaptasi mereka yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Agar Anda dapat sukses dalam bisnis retail ini, berikut ini beberapa tips terbaik bagaimana cara menjalankan usaha ritel :

1. Produk yang di Jual
Langkah pertama dalam menentukan barang yang cepat laku dijual adalah mencari tahu permintaan pasar. Mengapa? Karena jika kita sudah mengetahui barang yang sedang dibutuhkan atau sedang banyak dicari di pasar, tentunya akan memudahkan Anda dalam penjualan.

BACA JUGA Manajemen Pergudangan Efektif Bersama Konsultan Bisnis

2. Target Pasar & Pesaing
Setelah menemukan produk yang ingin dijual, tugas berikutnya yaitu mengenali target pasar dan pesaing bisnis di industri serupa. Tetapkan pasar Anda dengan melakukan riset pasar. Anda juga harus mempelajari kelebihan dan kekurangan pesaing lalu jadikan hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan dan menyediakan produk yang lebih baik lagi

3. Lokasi
Memperhatikan tingkat keramaian menjadi salah satu cara menentukan lokasi usaha yang strategis. Anda dapat memperhatikan trafik lalu lalang kendaraan dan pejalan kaki yang lewat. Jika ramai, lokasi tersebut bisa sangat menguntungkan. Semakin sering daerah tersebut dikunjungi masyarakat, maka semakin tinggi kesempatan konsumen untuk mendatangi lokasi usaha Anda.

4. Modal Bisnis
Persiapan yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha retail adalah memastikan bahwa Anda memiliki cukup modal. Modal ini biasanya meliputi biaya pembelian produk, biaya sewa toko, biaya air dan listrik, biaya pengiriman, biaya pemasaran, dan gaji karyawan. Jika Anda memiliki modal yang minim, Anda bisa memulai dengan menjual barang secara online di berbagai marketplace.

5. Memilih Supplier yang Tepat
Memilih supplier harus dilakukan dengan cermat. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari supplier yang asal-asalan dalam memenuhi kebutuhan produksi Anda. Dapat dilihat dari kualitas barang, seberapa besar kemampuan mereka dalam memenuhi kebutuhan Anda, supplier memiliki konsistensi dalam memberikan supplai pada bisnis Anda.

6. Rekrutment Karyawan
Karyawan memegang peran penting dalam usaha ritel. Sediakan waktu untuk menyeleksi kembali calon karyawan di perusahaan Anda nantinya. Anda harus mendapat karyawan yang benar-benar berkualitas. Atau beri mereka pelatihan tentang product knowledge, pemakaian teknologi, hingga kepribadian mereka dalam bekerja baik perorangan maupun bersama tim.

7. Iklan & Promosi
Promo yang menguntungkan bagi kedua belah pihak tentu sangat menjamin keberhasilan dan berlangsungnya usaha ritel Anda. Canangkan strategi dua jenis promo dalam kurun waktu satu bulan. Usaha minimal ini dapat menjaring angka pembeli yang cukup baik jika dibandingkan saat Anda tidak melakukan satupun promo saat menjalankan strategi ritel. Teknik penawaran, iklan, dan strategi lainnya harus dibuat semenarik mungkin agar bisa meningkatkan penjualan.

8. Membuat prosedur/ SOP untuk usaha retail
Membuat kebijakan dan prosedur untuk pelanggan sangat penting jika Anda ingin menjaga ketertiban dalam bisnis ritel. Kebijakan dan prosedur antara bisnis dan pelanggan dapat mencakup hal-hal seperti pengembalian dan penukaran produk. Dengan membuat kebijakan dan prosedur, Anda memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian dan hal ini tentunya akan mengurangi kemungkinan kerugian karena standar yang telah Anda tetapkan.

9. Pelayanan Pelanggan
Saat Anda memulai bisnis ritel layanan pelanggan menjadi satu hal yang tidak boleh terlupakan. Layanan pelanggan yang baik dapat membantu pelanggan memecahkan masalahnya, membantu pelanggan cara menggunakan produk, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.