Istilah Mengenal Perilaku Konsumen

 

Mengenal Perilaku Konsumen

Pentingnya Mengenal Perilaku Konsumen

 

Ketika Anda mempunyai inisiatif untuk memulai bisnis dan masih bingung bagaimana cara menarik konsumen Anda, mungkin Anda harus belajar trik yang satu ini. Yap! mengenali perilaku konsumen, adalah salah satu hal yang mungkin bisa Anda terapkan dalam menarik pembeli. Pada dasarnya, perilaku konsumen adalah perilaku yang menunjukkan individu ketika mereka ingin membeli, mengkonsumsi atau memakai produk tertentu. Bisa dikatakan, ada pertimbangan khsusus ketika membeli produk tersebut.

Selain adanya pertimbangan khusus ketika konsumen tersebut ingin membeli sesuatu, perilaku konsumen juga menunjukkan berbagai macam kegiatan seperti melibatkan pencarian produk, mengevaluasi produk (bagaimana fiturnya, cara membelinya dan kualitas dari produk itu sendiri). Jadi, studi perilaku konsumen membantu memahami bagaimana keputusan pembelian dibuat dan bagaimana cara mereka mencari produk.

Misalnya, di Kota Surabaya ada yang menjual fried chicken yang cukup bermerek ya, ada pilihan merek A dan merek B. Ada yang lebih memilih merek A karena dari segi rasa lebih enak, bumbu meresap, dan lebih crispy. Kalau merek B, kurang diminati karena rasanya yang kurang enak dan terlalu juicy. Pada intinya, memberikan pilihan bagi konsumen untuk menentukan produk yang akan dibeli. Mereka menimbang 2 berdasarkan kualitas yang sudah disajikan, untuk kemudia memilih salah satu produk apa yang akan dibeli.

 

Seberapa Pentingkah Mengenal Perilaku Konsumen Untuk Kelangsungan Bisnis Anda?

 

Kalau ingin produk Anda bisa menyasar target konsumen yang sudah ditentukan, saatnya Anda mempelajari perilaku konsumen untuk mencapai tujuan ini. Studi memahami perilaku konsumen dalam jangka panjang, memberikan dampak berupa permintaan produk akan semakin banyak karena memang sudah sesuai dengan target yang disesuaikan. Mempertimbangkan keinginan konsumen dan menjawab permasalahan konsumen adalah hal utama agar produk Anda diketahui target. Kalau sudah dikenal oleh target, konsumen akan membeli produk tanpa perlu berpikir panjang. Nah, kira-kira apa saja pentingnya mengenal perilaku konsumen yang bisa berdampak pada meningkatnya sales atau penjualan? Yuk kita cek sama-sama.

 

1. Merancang produk atau layanan semaksimal mungkin agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen

2. Bisa menentukan harga yang cocok sesuai dengan target konsumen

3. Mengetahui metode promosi yang tepat efektif dan efisien untuk menarik minat pembeli

4. Memutuskan di mana layanan atau produk akan tersedia untuk akses mudah konsumen.

5. Memahami mengapa, kapan, bagaimana, apa dan faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen.

 

Nah, jika dilihat dari sudut pandang sales atau penjual, mereka menganggap bahwa tujuan dasar pemasaran adalah menjual barang dan layanan kepada lebih banyak orang sehingga lebih banyak keuntungan dapat dibuat. Prinsip menghasilkan keuntungan ini selalu diterapkan oleh hampir semua penjual atau sales.

Sebelumnya, para sales berhasil mencapai tujuan mereka. Namun, hari ini, karena konsumen lebih sadar tentang penggunaan produk dan informasi lain dari produk, tidak mudah untuk menjual atau menarik pelanggan untuk membeli produk. Jadi, untuk menjual produk atau jasa atau untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk, para sales harus menjalani melalui penelitian yang tepat untuk mengambil hati para konsumen.

 

Bagaimana Cara Termudah Mengenali Perilaku Konsumen?

 

Setelah kita membongkar apa itu istilah cara mengenali perilaku konsumen dan sepenting apakah ilmu memahami perilaku konsumen. Saat ini kita harus belajar, bagaimana cara atau strategi mengenali perilaku konsumen. Dalam perkuliahan Berburu Peluang Usaha di Ciputrauceo.com terdapat beberapa cara mudah untuk dapat mengidentifikasi perilaku konsumen. Pengenalan ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelian oleh konsumen. Empat cara ini juga sering dilakukan oleh para pelaku usaha di masa lalu yang kini terbukti telah sukses dalam mengenali perilaku konsumen. Berikut ini adalah cara-cara tersebut :

1. Rajin Membaca Buku yang Relevan

Membaca buku seringkali dilakukan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan spesifik mengenai suatu hal. Usahakan Anda menjadi perpustakaan berjalan, yaitu seseorang yang mengetahui segala hal dan segala informasi terkait passion Anda.

2. Mencari Tren Produk di Google Trend atau Neil Pattel

Aplikasi ini sangat membantu untuk mengetahui tren produk yang sedang laris di pasaran. Anda bisa search produk melalui keyword, nanti akan muncul tampilan tren keyword yang menunjukkan perkembangan pencarian setiap waktu atau setiap hari, tergantung Anda yang mengatur. Setelah itu juga akan muncul daftar wilayah yang menunjukkan top pencarian.

 

Google Tren

3. Interaksi Langsung ke Konsumen

Tidak ada salahnya bertanya langsung kepada konsumen yang lain ketika melakukan proses pembelian, saling berkonsultasi dan mendapatkan masukan dari kedua belah pihak, baik dari penjual maupun pembeli yang lain.

4. Berkomunikasi dan Memperkenalkan Diri

Pelaku pasar adalah penjual dan pembeli, maka dari itu biasanya seseorang yang akan melakukan pembelian akan lebih sering berkomunikasi, bertanya, dan aktif untuk mencari tahu.

 

Bagaimana Cara Mengenali Masalah Konsumen?

 

Sebagai produsen atau penjual barang dan jasa, maka Anda perlu mengetahui cara-cara mengenali masalah konsumen. Hal ini diperlukan agar masalah yang dialami oleh konsumen tersebut dapat Anda ubah menjadi sebuah peluang. Jika Anda dapat memperbaiki kekurangan penjualan atau mengetahui hal apa yang sering menjadi masalah konsumen, maka hal tersebut akan menjadi perbaikan bagi penjualan dan bisnis Anda. Berikut terdapat beberapa tips agar Anda dapat mengenali masalah konsumen :

1. Jadilah Pelanggan

Anda harus melihat sisi dari seorang pelanggan, tidak selalu menjadi sisi seorang penjual. Misalkan Anda pergi ke pusat perbelanjaan, tentu secara otomatis Anda harus menempatkan diri sebagai konsumen. Nah, hal apa saja yang Anda temui di pusat perbelanjaan tersebut yang Anda anggap merupakan suatu kekurangan. Misalnya tentang pelayanan pegawai yang kurang tanggap atau kurang ramah, ketersediaan produk, kualitas produk, dan lain sebagainya. Dari situ Anda akan dapat mengetahui dan belajar tentang masalah-masalah yang sering dialami oleh konsumen.

Baca juga Kenali Perilaku Dan Jenis Konsumen

2. Amati Sekeliling Konsumen dan Kompetitor

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengamati lingkungan dan keadaan di sekeliling konsumen maupun kompetitor bisnis Anda. Dengan mengamati bisnis yang hampir mirip atau serupa dengan bisnis Anda, maka Anda dapat melihat kekurangan-kekurangan yang mungkin dapat terjadi pada sektor bisnis tersebut. Sehingga Anda dapat dengan cepat melakukan tindakan pencegahan maupun perbaikan pada bisnis Anda.

3. Menambah Kenalan dan Membuka Pemikiran

Menambah kenalan dan jaringan pertemanan adalah hal yang sangat positif bagi Anda dan bisnis Anda. Selain menambah relasi, partner kerja, juga dapat menambah networking atau jaringan bagi bisnis Anda. Dalam memulai perkenalan yang baru, usahakan untuk tidak mengatakan hal-hal yang negatif seperti menyinggung perasaan lawan bicara, berbicara sombong dan egois, mengatakan hal-hal yang menyangkut SARA, dan lain sebagainya. Pembicaraan dalam perkenalan baru hendaknya memiliki hal-hal yang positif seperti kalimat-kalimat yang mendukung dan tidak merendahkan lawan bicara.

4. Bertanya Langsung Masalah yang Dihadapi oleh Pelanggan

Tidak ada salahnya bertanya kepada pelanggan lain tentang pandangannya mengenai bisnis Anda. Anda dapat memulai sebuah perkenalan dengan pelanggan yang lainnya dengan cara menanyakan hal-hal yang ringan terlebih dahulu, seperti sapaan, kalimat basa-basi, dan lain sebagainya. Kemudian Anda juga dapat meminta masukan atau pendapat mengenai bisnis yang Anda jalankan, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja keluhan atau masalah yang sering dialami oleh para konsumen.

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen