CORONA VIRUS

Virus Corona, 081398646177, Wabah Virus Corona, Berita virus Corona, Pengaruh virus Corona untuk perekonomian, Dampak virus corona, Virus corona dan Autopilot, Autopilot untuk Work From Home

Siapkah bisnis anda menghadapi kondisi carut marut kondisi saat ini dengan hanya mengandalkan pekerjaan dari rumah? Di tengah maraknya wabah virus corona yang merajalela dalam hitungan waktu yang begitu cepat, membuat kondisi perekonomian dunia melemah. Dimana para pebisnis juga terkena imbas dari LOCKDOWN yang mengharuskan bekerja dari rumah.

Padahal banyak yang harus dilakukan di kantor. Banyak pebisnis khususnya Indonesia yang selama ini langsung terjun di bisnisnya dan tidak bisa meninggalkan bisnisnya untuk urusan lain bahkan jika harus ikut Work From Home. Untuk bisa menuju hal tersebut kami konsultan bisnis dan manajemen,  menyiapkan sebuah system “AUTOPILOT”

CORONA VIRUS

VIRUS CORONA DAN PEREKONOMIAN DUNIA

Badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa Coronaviruses (Cov) adalah virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Infeksi virus ini disebut COVID-19 (Corona). Virus Corona menyebabkan penyakit flu biasa sampai penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Penyebaran virus Corona ini sangat cepat bahkan sampai ke lintas negara. Sampai saat ini terdapat 93 negara yang mengkorfirmasi terkena virus Corona. Penyebaran virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian dunia baik dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata. Jangan pernah remehkan si kecil yang sangat mematikan ini.

Negara China merupakan negara eksportir terbesar dunia. Indonesia sering melakukan kegiatan impor dari China dan China merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia. Adanya virus Corona yang terjadi di China menyebabkan perdagangan China memburuk. Hal tersebut berpengaruh pada perdagangan dunia termasuk di Indonesia. Penurunan permintaan bahan mentah dari China seperti batu bara dan kelapa sawit akan mengganggu sektor ekspor di Indonesia yang dapat menyebabkan penurunan harga komoditas dan barang tambang. Dengan adanya ini maka sangat mengganggu akan hubungan perdagangan antara Indonesia – China.

Dampak lain untuk sektor pariwisata bisa terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa wisatawan asal China mencapai 2.07 juta orang pada tahun 2019 yang mencakup 12.8 persen dari total wisatawan asing sepanjang 2019. Penyebaran virus Corona menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia akan berkurang. Sektor-sektor penunjang pariwisata seperti hotel, restoran maupun pengusaha retail pun juga akan terpengaruh dengan adanya virus Corona. Okupansi hotel mengalami penurunan sampai 40 persen yang berdampak pada kelangsungan bisnis hotel. Sepinya wisatawan juga berdampak pada restoran atau rumah makan yang sebagian besar konsumennya adalah para wisatawan. Melemahnya pariwisata juga berdampak pada industri retail.
Adapun daerah yang sektor retailnya paling terdampak adalah Manado, Bali, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Medan dan Jakarta. Penyebaran virus Corona juga berdampak pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) karena para wisatawan yang datang ke suatu destinasi biasanya akan membeli oleh-oleh. Jika wisatawan yang berkunjung berkurang, maka omset UMKM juga akan menurun. Berdasarkan data Bank Indonesia, pada tahun 2016 sektor UMKM mendominasi unit bisnis di Indonesia dan jenis usaha mikro banyak menyerap tenaga kerja.

Virus Corona, 081398646177, Wabah Virus Corona, Berita virus Corona, Pengaruh virus Corona untuk perekonomian, Dampak virus corona, Virus corona dan Autopilot, Autopilot untuk Work From Home

Untuk Penerimaan Negara dari sisi pajak sektor perdagangan juga mengalami penurunan padahal perdagangan memiliki kontribusi terbesar kedua terbesar terhadap penerimaan pajak negara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor migas dan non-migas mengalami penurunan yang disebabkan karena China merupakan importir minyak mentah terbesar. Selain itu, penyebaran virus Corona juga berakibat pada penurunan produksi di China, padahal China menjadi pusat produksi barang dunia. .Virus Corona juga berdampak pada investasi karena masyarakat akan lebih waspada pada saat membeli barang maupun berinvestasi. Virus Corona juga mempengaruhi proyeksi pasar. Investor bisa saja menunda investasi karena ketidakjelasan supply chain atau akibat asumsi pasarnya berubah menjadi lesu. Di bidang investasi, China merupakan salah satu negara yang menanamkan modal ke Indonesia. Pada 2019, realisasi investasi langsung dari China menempati urutan ke dua setelah Singapura. Terdapat investasi di Sulawesi berkisar US $5 miliar yang masih dalam proses tetapi tertunda karena pegawai dari China yang terhambat datang ke Indonesia juga dikarenakan dampak dari virus Corona tersebut. Sehingga Indonesia lebih dan sangat berhati hati untuk penerimaan orang dari luar Indonesia, china sekalipun.
Indonesia adalah salah satu negara yang memberlakukan larangan perjalanan ke dan dari China untuk mengurangi penyebaran virus Corona pun perjalanan ke lain Negara . Larangan ini menyebabkan sejumlah maskapai membatalkan penerbangannya dan beberapa maskapai terpaksa tetap beroperasi meskipun mayoritas bangku pesawatnya kosong demi memenuhi hak penumpang dan untuk saat ini di Indonesia pun berlaku kondisi LOCKDOWN untuk beberapa daerah. Para konsumen banyak yang menunda pemesanan tiket liburannya karena semakin meluasnya penyebaran virus Corona baik diluar ataupun dalam negeri. Keadaan ini menyebabkan pemerintah bertindak dengan memberikan diskon untuk para wisatawan dengan tujuan Denpasar, Batam, Bintan, Manado, Yogyakarta, Labuan Bajo, Belitung, Lombok, Danau Toba dan Malang.

Di Eropa juga memberlakukan aturan dimana maskapai penerbangan harus menggunakan sekitar 80 persen slot penerbangan yang beroperasi ke luar benua Eropa agar tidak kehilangan slot ke maskapai pesaingnya. Bukan hanya di Indonesia yang membatasi perjalanan ke China, namun negara-negara yang lain seperti Italia, China, Singapura, Rusia, Australia dan negara lain juga memberlakukan hal yang sama (www.cnnindonesia.com). Bukan hanya pada penerbangan saja, larangan juga akan diberlakukan pada perjalanan darat melalui Kereta Api. Sehingga saat ini ada pembatalan/ pengembalian tiket yang sudah dibeli hingga Mei 2020.

Beberapa langkah yang dilakukan Indonesia dalam menghadapi dampak dari virus Corona ini adalah menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4.75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4.00% dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5.50%. Kebijakan ini dilakukan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah tertahannya prospek pemulihan ekonomi global sehubungan dengan terjadinya Covid-19. Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik untuk menjaga agar inflasi dan stabilitas eksternal tetap terkendali serta memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi (www.bi.go.id).

Virus Corona, 081398646177, Wabah Virus Corona, Berita virus Corona, Pengaruh virus Corona untuk perekonomian, Dampak virus corona, Virus corona dan Autopilot, Autopilot untuk Work From Home

Di lain sisi, virus Corona tidak hanya berdampak negatif, namun juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Salah satunya adalah terbukanya peluang pasar ekspor baru selain China. Selain itu, peluang memperkuat ekonomi dalam negeri juga dapat terlaksana karena pemerintah akan lebih memprioritaskan dan memperkuat daya beli dalam negeri daripada menarik keuntungan dari luar negeri. Kondisi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai koreksi agar investasi bisa stabil meskipun perekonomian global sedang terguncang.
Dampak yang disebabkan oleh virus Corona bukan hanya berimbas di Indonesia saja melainkan di beberapa negara di belahan dunia, bahkan saat ini hampir seluruh belahan dunia. Pada tanggal 22-23 Februari 2020 telah berlangsung pertemuan G20 yang diadakan di Arab Saudi. Anggota G20 ini terdiri dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris dan Uni Eropa. Wabah dari virus Corona ini menjadi topik diskusi pada pertemuan tersebut. Dalam pertemuan G20, negara-negara G20 menyampaikan simpatinya kepada masyarakat dan negara yang terdampak virus Corona, khususnya China.

Negara-negara G20 juga sepakat memperkuat pemantauan terhadap risiko global khususnya yang berasal dari virus corona, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi risiko dan sepakat untuk mengimplementasikan kebijakan yang efektif baik dari sisi moneter, fiskal, maupun struktural (www.bi.go.id).
Negara Arab Saudi yang menjadi Presidensi G20 pada tahun 2020 mengusung tema “Realizing The Opportunity of The 21st Century”. Hal ini dilatar belakangi perkembangan berkembang pesatnya teknologi dunia sehingga mengubah tatanan perekonomian global menuju ekonomi dan keuangan digital. Agenda Presidensi G20 adalah pengembangan untuk pasar modal domestik dan penguatan pengaturan dan pengawasan sektor keuangan.

Di sektor keuangan, Presiden G20 akan melakukan penguatan sistem keuangan melalui implementasi agenda reformasi sektor keuangan dan pemanfaatan teknologi menjadi fokus para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20. Rencana Financial Stability Board (FSB), Committee on Payments and Market Infrastructure dan Standard Setting Bodies (SSBs) dalam menyusun peta jalan (roadmap) memperkuat sistem pembayaran lintas negara disambut baik oleh para anggota G20. Gubernur Bank Indonesia menyampaikan dukungan Indonesia atas agenda Presidensi G20 Arab Saudi khususnya cross borde payments dan transisi LIBOR (London Interbank Offered Rate). (*)

Baca juga : sederet-dampak-corona-terhadap-bisnis-di-indonesia

Dengan adanya penyebaran virus corona ini dan pemberlakuan system LOCKDOWN bagi anak- anak sekolah dan yang bekerja berlaku WFH (Work Form Home) maka para pebisnis yang selama ini selalu berada di lingkungan kerjanya bisa memanfaatkan system kerja “AUTOPILOT”.
Untuk kebutuhan tersebut kami hadir sebagai konsultan bisnis dan manajemen yang akan membantu dan memenuhi kebutuhan anda untuk segala permasalahan bisnis anda, baik yang masih start up ataupun yang sedang berkembang.

corona virus

MANFAAT KONSULTAN BISNIS DITENGAH WABAH VIRUS CORONA

Ada 3 manfaat utama yang bisa diberikan oleh seseorang businnes consultant. Jika anda bisa mendapatkan ketiganya, maka bisa dibilang anda memanfaatkan jasa konsultasi bisnis tersebut dengan maksimal.

1. Mendeteksi Masalah
Tugas utama seseorang businnes consultant adalah mendeteksi masalah yang ada dalam sebuah perusahaan. Baik masalah yang sedang kamu alami ataupun masalah yang akan muncul kapan pun.
Seseorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, memahami detil seluk beluk setiap operasi pada bidang bisnis yang anda alami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang busines consultant akan dengan gampang menedeteksi.
2. Membantu perencanaan bisnis
Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti untuk menigkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi dipasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.
3. Nertwork yang besar
Manfaat yang ketiga ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahaljika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

APA ITU MANAJEMEN AUTO PILOT PENUNJANG BISNIS DITENGAH WABAH VIRUS CORONA?

Manajemen autopilot memiliki definisi bahwa sebuah perusahaan bisa tetap jalan dan exis serta berkesinambungan dalam jangka panjang tanpa harus dikelola oleh pemiliknya secara langsung ditengah maraknya situasi dikarenakan wabah virus Covid 19 yang merajalela. Manajemen autopilot mengakui konsep bisnis ini adalah konsep bisnis professional. Dimana perusahaan menggunakan orang-orang professional dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu kunci keberhasilan manajemen autopilot adalah memberikan kepercayaan kepada para professional dalam mengelola perusahaan.

Tentu saja masih banyak pemilik bisnis yang kurang percaya dengan orang lain dalam mengelola bisnis. Hal ini memang menjadi hambatan utama, namun perlu diketahui bahwa dengan manajemen autopilot sebenarnya pemilik bisnis tidak perlu kuatir. Sebab dengan manajemen autopilot semua di dalam perusahaan tersistematik dan dapat dicontrol dengan baik serta dikendalikan dengan cara canggih dimanapun pemilik bisnis berada. Tentu saja hal ini membutuhkan tahapan dan proses ketika perusahaan dibangun dengan manajemen autopilot.

Virus Corona, 081398646177, Wabah Virus Corona, Berita virus Corona, Pengaruh virus Corona untuk perekonomian, Dampak virus corona, Virus corona dan Autopilot, Autopilot untuk Work From Home

MENGAPA DIPERLUKAN MANAJEMEN AUTO PILOT HADAPI WABAH VIRUS CORONA?

1. Apakah Perusahaan anda berantakan, tidak tersistematis dan kacau balau dalam operasionalnya selama ini?
2. Apakah Perusahaan anda selalu membutuhkan kehadiran anda, sehingga anda tidak bisa berkutik untuk melakukan aktifitas diluar pekerjaan dan bisnis ?
3. Apakah anda berkeinginan memiliki perusahaan dengan cabang banyak di Indonesia?
4. Apakah anda ingin mendapat profit maksimal di perusahaan anda, dan anda bisa menikmatinya bersama keluarga?
5. Apakah anda ingin beribadah naik Haji ataupun travelling dengan keluarga namun merasa khawatir karena perusahaan yang selalu membutuhkan kehadiran anda?

APA YANG AKAN DILAKUKAN KONSULTAN BISNIS UNTUK MENUJU MANAJEMEN AUTOPILOT ?

• Review business process secara keseluruhan seluruh divisi di perusahaan.
• Merancang ulang struktur organisasi.
• Review /create Job Description & penentuan Job spesification
• Pendokumentasian process business dalam bentuk SOP (Standard operation procedure)
• Implementing Dokumen yang telah di-desain.
• Implant software (Sistem Informasi Manajemen) jika diperusahaan masih manual.
• Identifikasi indikator untuk penilaian Karyawan dalam bentuk KPI.
• Pemilihan Laporan-laporan yang dibutuhkan untuk dash board manajemen Autopilot.
• Evaluasi dan maintenance dengan membaca dan analisa laporan keuangan perusahaan.

APA SAJA BONUS LEBIH DARI KONSULTAN BISNIS UNTUK PERUSAHAAN ?

Dari apa akan kami lakukan sebagai proses menuju autopilot ditengah maraknya virus corona tersebut didahului dengan transformasi yang akan dilakukan ini amat sulit apabila tidak disertai dengan pelatihan-pelatihan kepada karyawan yang berkompeten di bidangnya, mulai pelatihan pembangunan karakter pekerja, service excellence, komunikasi, penjualan, team work, managerial skill, dan lainnya dimana pelatihan- pelatihan tersebut dapat mengasah keahlian para pekerja untuk menjadi professional.

Dengan adanya tenaga profesional handal maka kami sebagai konsultan bisnis akan dapat mewujudkan keinginan dari Pebisnis untuk menuju manajemen Autopilot tanpa ada keraguan.
Pembaruan dari system manajemen Autopilot ini tidak lepas dari pembaruan skill, knowledge dan attitude dari para karyawan yang ada di perusahaan.

Oleh karena hal tersebut dapat mengubah pola kerja dalam organisasi sangat tidak mudah perlu asahan-asahan yang sangat berarti. Organisasi yang berubah tentunya organisasi yang harus dibentuk dengan tahap demi tahap tidak bisa langsung jadi alias instant. Oleh karena itu agar transformasi berjalan mulus maka diperlukan banyak sentuhan manajerial dan pelatihan khusus. Tidak hanya di sisi teknologi tetapi juga karakter dari manusia-manusia yang bekerja.
Kami sebagai konsultan bisnis yang dipercaya oleh perusahaan yang bekerjasama akan berusaha memenuhi segala yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menuju kesuksesan termasuk dengan system Autopilot tersebut.

FILOSOFI MANAJEMEN AUTOPILOT

“Pesawat yang sedang terbang dengan autopilot, tidak ada yang salah, justru hal tersebut dapat membantu pilot menjadi lebih santai serta mampu mengerjakan tugasnya dengan lebih baik karena hanya tinggal mengawasi atau mengamati panel instrumen di kokpit,”
~Antara News.com ~

Demikian artikel yang kami sajikan semoga bisa membantu dan perusahaan tidak salah dalam memilih konsultan manajemen terpercaya untuk menuju autopilot.

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen