Usaha Sampingan Paling Prospektif Dimasa Pandemi

Masa Pandemi seperti sekang banyak oleang yang kehilangan pekerjaan dikarenakn banyaknya perusahaan dan toko yang terkena dampak dari pandemi COVID-19, disamping itu semua masyarakat pasti membutuhkan pemasukan untuk tetap bertahan hidup agar bisa melewati masa pandemi seperti sekarang, nah berikut merupakan Tips Usaha sampingan saat masa pandemi :

  1. Bisnis Makanan

    Pertama yaitu Bisnis Makanan, Pasti semua orang butuh makan untuk bertahan Hidup, tapi karena pembatasan bersekala besar yang terjadi maka bahan makanan agak sulit untuk dijumpai, maka dari itu maka Bisnis makanan sangat berpeluang besar pada masa pandemi seperti saat ini, bisa juga bisnis makanan beku atau Frozen Food. Permintaan Makanan Beku atau Frozen food meningkat tajam dari awal pandemi mulai, Rata-rata permintaan tersebut berasal dari kawasan perumahan kota yang terkena dampak dari adanya pembatasan Sosial Bersekala Besar, banyak contoh – contoh penjual froozen food online di sosial media seperti

    Meet lover shop

    dan lain sebagainya,

  2. Bisnis Jasa Desain Online

    Selanjutnya adalah Jada Desain Online, Selama pandemi, banyak perusahaan mulai mengalihkan aktivitas bisnisnya ke ranah digital atau online. Nah, gara-gara itu, para penjual jasa desain grafis tiba-tiba jadi rebutan. Salah satu alasannya simpel: hampir semua perusahaan kini mulai menggunakan media sosial untuk menjalin hubungan dengan pelanggannya. Biar kontennya terlihat menarik, mereka tentu butuh orang-orang kreatif di belakangnya. Hal ini tentu jadi kabar bagus bagi kamu yang merasa punya skill di bidang desain grafis. Sekarang tinggal bagaimana kamu memanfaatkan peluang ini jadi ladang bisnis yang menjanjikan. Nah dikarenakan banyak orang yang buka usaha sampingan di masa pandemi pastinya mereka butuh pamflet atau postingan buat barang mereka donk, nah dikarenakan hal tersebut maka jasa desain online marak diburu banyak orang untuk membuat tampilan-tampilan banner atau spanduk online untuk penjualan mereka,

  3. Jual Pulsa dan Paket Data

    Masa pandemi saat ini mengakibatkan perubahan sosial pada masyarakat. Aktivitas yang dulunya bertatap muka telah banyak digantikan melalui daring (online), seperti bekerja dari rumah dan belajar dari rumah.

    Konsekuensinya, kebutuhan masyarakat dalam menggunakan paket data internet semakin meningkat. Saat ini, hampir semua orang membutuhkan kuota internet untuk bisa berselancar di dunia maya, baik menggunakan smatrphone ataupun komputer/laptop.

    Ketika bekerja dari rumah, pasti membutuhkan data internet untuk bisa bekerja dan bersua dengan teman kantor via zoom atau google meet. Guru maupun pelajar yang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik yang menggunakan WA Group maupun Classroom juga membutuhkan paket data setiap hari.

    Di samping itu, seminar-seminar yang dulunya tatap muka sudah digantikan dengan webinar (web-seminar). Begitu juga dengan berbagai aktivitas lainnya yang memerlukan koneksi internet. di antaranya seperti searching informasi melalui mesin pencari seperti google, aplikasi sosial media (Facebook, WA, blog, line, wechat, instagram, twitter, path dan youtube) dan berbagai game online (mobile leagend, free fire, point blank, PUBG mobile, Clash of Clans, dll).

    Paket data saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kebutuhan sehari-hari. Tanpa adanya akses internet, sepertinya kehidupan kita tidak bisa berjalan dengan baik. Sehingga, bisnis jual paket data internet merupakan bisnis yang sangat strategis baik itu di kota maupun di desa.

    Kartu internet ada yang berbentuk kartu perdana dan kartu voucher, dengan memiliki besaran kuota yang berbeda-beda, mulai dari 1 Giga byte (Gb), 1,5 Gb ,  3 Gb sampai 22 Gb. Dengan modal yang tidak terlalu besar kita sudah bisa menjalankan usaha ini, ditambah lagi dengan menjalankannya di lokasi yang stategis pastilah usaha ini akan berjalan dengan lancar.

  4. Jual Masker

    Selanjutnaya dalah Jualan Masker, nah karena virus covid-19 belum benar-benar hilang maka kita harus selalu mejaga keseharan kita, salah satu caranya dengan memakai masker diluar ataupun didalam rumah, Masker disini adalah masker yang dianjurkan Oleh pemerintah yang mempunyai standart tertentu, seperti memiliki 3 lapisan, yang sekali pakai, dan lain sebagainya, nah disini ada rekomendasi masker murah yang mempunyai kualitas bagus.

    Bakoel Dandang

  5. Jual Handsenitaizer

    Permintaan produk-produk kebersihan seperti hand sanitizer atau pembersih tangan semakin banyak diburu oleh konsumen, selain juga masker di tengah bertambahnya kasus positif corona di Indonesia yang diumumkan pertama kali sejak Senin 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Kondisi yang sama juga terjadi setiap pengumuman tambahan kasus positif baru corona di Indonesia. Selain peningkatan permintaan, juga ada kenaikan harga produk-produk tersebut di toko online.

    Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh telunjuk.com, sebuah platform mesin pencari khusus untuk kegiatan belanja online. Mereka melakukan survei terhadap tiga platform e-commerce yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee pada periode 26 Februari sampai 4 Maret 2020, berdasarkan 6.001 data.

    Setelah Jokowi mengumumkan dua warga Depok terinfeksi virus corona (2/3), produk hand sanitizer mulai diburu konsumen baik dalam toko ritel offline maupun toko online e-commerce.

    Pada Senin (9/3) dalam situs resmi Kemkes.go.id, pemerintah melalui Juru Bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa per 9 Maret 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia bertambah 13 kasus dari sebelumnya, sehingga jumlah kasus menjadi 19 kasus dengan pasien termuda berusia 16 tahun dan pasien tertua berusia 59 tahun.

    “Telunjuk.com sebagai e-commerce hub di Indonesia telah menghimpun data mengenai anomali penjualan hand sanitizer di beberapa toko online di antaranya adalah Tokopedia, Shopee dan Bukalapak,” jelas perseroan dalam keterangan resminya, Kamis (12/3).

    Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa estimasi total penjualan pada tiga e-commerce tersebut mencapai puncaknya yaitu sebesar Rp 159.560.430 pada 2 Maret 2020, lalu mengalami penurunan di 3 Maret 2020.

    Namun semenjak pengumuman adanya tambahan kasus positif corona di Indonesia, pada Selasa (10/3) jumlah kasus positif menjadi 27 orang telah menimbulkan efek kenaikan estimasi total penjualan menjadi Rp 30.657.900 pada Rabu (11/3)

    Selain itu harga di produk-produk hand sanitizer juga mengalami kenaikan dengan rata-rata menjadi Rp 46.404/botol di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak sejak tanggal 2 Maret 2020 dan kembali lagi meroket harganya dengan puncak kenaikan pada Rabu (11/3) yaitu menjadi Rp 60.570.

    Telunjuk.com juga telah mencatat produk-produk hand sanitizer yang paling laris di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

    Dari data yang diperoleh, muncul beberapa merek yang cukup sulit ditemui di toko ritel offline diantaranya adalah Aseptic Gel OneMed 500ml, Softa-Man Braun Hand Sanitizer 500ml dan Brata Med Hand Sanitizer 500ml.

  6. Jual Sembako Online

    Pandemi covid-19 membuat warga tidak bisa keluar rumah untuk berbelanjapun kini dibatasi, nah melihat kondisi ini ternyata membuka peluang bisnis baru yakni penjualan sembako online warga memanfaatkan sosial media untuk memasarkan jualan mereka/ penjualan sembako online pun ternyata sangat membatu warga yang tidak bisa keluar rumah karena takut terpapar virus korona.

    Sejak 3 minggu belakangan ini rumah keluarga nurwira hadikusuma di kecamatan panakukkang  kota makassar di padati sembako puluhan rak telur puluhan dos minyak goreng gula pasir dan beras memenuhi ruang keluargnya sembako ini adalah usaha baru yang di geluti sang istri lisa satriani ekaputri.

    Mantan karyawan bank ini mulai berjualan sembako sejak pandemi korona masuk ke kota makassar tak bisa bekerja ia bersama suaminya  akhirnya membuka usaha sendiri dengan berjualan sembako secara online lisa memanfaatkan sosial media facebook instagram dan what’s up untuk menjajakan sembako jualannya.

    1 paket sembako berisi 1 kilogram beras telur ayam 1 kilogram gula pasir dan 2 liter minyak goreng di jual dengan harga mulai 75  ribu rupiah saja, untuk memudahkan pelanggan lisa bahkan tidak menambahkan biaya ongkos kirim agar pembeli betah berbelanja.

    Peluang usaha online ini di sambut baik warga kota makassar yang kini harus berdiam di rumah karena pandemi korona. puluhan pembeli mulai tertarik banyak ibu rumah tangga yang memilih berbelanja online karena takut berbelanja ke pasar apalagi sejak pemerintah kota makassar memberlakukan larangan berkumpul dan sosialisasi bahaya potensi penyebaran virus korona di tempat ramai seperti pasar.

    Tantangan lain adalah naiknya harga sembako di pusat grosir lisa sempat kesulitan kembali berjualan dengan harga yang sama karena harga beras dan gula pasir yang naik sejak pandemi korona semakin menyebar.

    Usaha berjualan sembako online menjadi upaya lisa dan keluarganya untuk bisa mendapatkan uang tambahan/ setelah pemerintah kota memberlakukan larangan untuk berkumpul seperti tempat usaha di pasar.

     

  7. Investasi Emas

    Emas adalah pilihan yang paling tepat dalam berinvestasi saat ini terutama di masa pandemi seperti ini. Apalagi emas merupakan instrumen dan produk jangka panjang untuk pembiayaan secara permanen dalam bentuk aset.

    Aset inilah terbagi menjadi 12 macam yaitu, emas perhiasan, emas batangan, koin emas, sertifikat emas, saham perusahaan pertambangan emas, kontrak emas berjangka, DS/MLM emas, reksadana emas, ETF emas, dinas emas, emas kuno, dan emas lokal.

    Jika kita melihat jenis investasi emas yang sering dipakai adalah emas perhiasan dan emas batangan. Emas perhiasanya bisa berupa cincin, gelang, dan anting. Sementara emas batangan diukur dari per gram dari 0,5 gram sampai yang terbesar 1000 gram.

    Di masa pandemi, fluktuasi emas memang tidak menentu apalagi ditengah situasi dan kondisi ekonomi yang kurang baik di beberapa negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Oleh karena itu, perkembangan emas bisa jadi salah satu instrumen finansial yang mumpuni meskipun perlu dimulai dari yang termurah atau 0,5 gram bilamana mau membeli emas batangan atau dari emas perhiasan yang berhiaskan 12 karat.

    Tentu, kita harus menyiapkan uang yang cukup. Harga emas yang cenderung naik turun saat ini harus kita siasati dengan menabung uang di angka Rp450.000 hingga Rp550.000 untuk emas batangan sementara emas perhiasan diangka Rp360.000 – Rp 400.000. Tetapi ingat, harga emas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Namun, persiapkanlah uang dikisaran yang sudah penulis sebutkan.

    Investasi emas memang digunakan ketika adanya krisis tiba. Berdasarkan informasi Bisnis.com. Harga  emas pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama  7 tahun terakhir. Para investor memburu emas karena merupakan safe haven atau tabungan jangka panjang yang aman. Dipengaruhi oleh stimulus ekonomi besar-besaran yang dimana akan membuat harga emas semakin meninggi, namun berbeda dengan suku bunga yang cenderung naik turun.

  8. Jasa Pembuatan Video dan Media Pembelajaran

    Pada pertengahan maret Indonesia dilanda pandemic virus Covid-19. Pandemic ini juga berimbas pada pembelajaran di sekolah. Pendidikan yang harusnya memasukki masa kenaikan kelas dan kelulusan harus terganggu dan terhambat. Persiapan yang belum matang membuat guru dan para pendidik sesegera mungkin menentukan solusi terbaik untuk meneruskan pembelajaran secara online atau daring. Hampir semua siswa mengalami hal yang tidak jauh berbeda. Siswa harus belajar dari rumah dengan bimbingan guru serta orang tua. Guru tentunya harus memikirkan hal apa saja yang dapat membantu siswa belajar di rumah dengan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah tertera di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Media pembelajaran merupakan alat penyampai pesan dalam pembelajaran. Pesan yang dimaksud adalah materi pembelajaran. Media dapat berupa narasumber, media cetak/elektronik, lingkungan, peristiwa, barang, dan jasa. Pada masa Covid ini yang paling sering digunakan adalah media elektronik. Karena dianggap mudah dan murah. Oleh karena itu, pembuatan video pembelajaran bagi siswa dirasa dapat membantu guru serta siswa dalam pembelajaran di masa pandemic Covid-19 ini. Video juga dilengkapi power point guna menunjang kelengkapan materi yang disampaikan. Produk video pembelajaran ini memiliki kelebihan antara lain, mudah pembuatan maupun distribusinya, tidak memerlukan biaya yang besar, tempat juga dapat dilakukan dimana saja, praktis, dan efektif untuk menunjang pembelajaran siswa.