Untung Berlipat Bisnis Toko Obat Pada Masa COVID-19

 Bisnis Toko Obat Pada Masa COVID-19

Untung Berlipat Bisnis Toko Obat Pada Masa COVID-19

Toko obat atau Apotek menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, sakit merupakan hal yang umum terjadi, bahkan orang sehat pun membutuhkan suplemen dan vitamin, apalagi pada masa sekarang yang sedang darurat COVID-19.

Prospek Bisnis Apotek

Dalam pembahasan terkait dengan prospek dari bisnis ini sendiri. Bila melihat trendnya maka semua tentu sepakat bahwa trend bisnis ini selalu positif setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan setiap masyarakat pasti membutuhkan obat, hal itu selalu terjadi setiap harinya. Selama masih ada masyarakat, maka pasti alat kesehatan akan selalu dibutuhkan. Disitulah fungsi apotek.

Apotek juga menjadi tempat yang tidak hanya menyediakan obat, tapi juga peralatan kesehatan lain seperti vitamin, masker, ataupun sekedar krim untuk berbagai masalah kulit. Karenanya apotek selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Belum lagi jika apotek tersebut juga menyediakan jasa penyewaan seperti penyewaan kursi roda, ataupun tes kesehatan. Pasti trendnya akan selalu positif.

5 Tips Memulai Usaha Apotik

1. Cari Lokasi Yang Strategis

Pertama adalah dengan menentukan lokasi dimana bisnis ini akan dibangun. Karena apabila tempatnya mumpuni, maka bisnis pun akan semakin mudah untuk dijalankan. Penting untuk melihat apakah lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis dan cocok untuk menjalankan bisnis ini. Ada baiknya untuk membuat bisnis ini di lokasi yang berada dekat dengan pemukiman agar ramai dengan penduduk. setelah itu pastikan kalau tempat tersebut jauh dari tempat usaha yang sama untuk meminimalisir kompetitor usaha yang sama.

2. Urus Perizinan

Ini yang sering dilupakan oleh seorang pebisnis yakni sebuah izin untuk membuktikan legalitas bisnisnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena berkaitan juga dengan membangun kepercayaan konsumen. Proses perizinan juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Asalkan menyiapkan semua dokumennya, maka bisa dipastikan proses akan lancar. Dengan begitu pelanggan akan lebih percaya.

Lagipula untuk membangun bisnis apotek, Anda diharuskan menjadi seorang apoteker dan menempuh pendidikan untuk mendapatkan sertifikasinya. Jadi pastikan Anda tidak melewatkan untuk mendapatkan perizinan dan legalisasi apotek Anda.

3. Lengkapi Sarana dan Pra Sarana yang dibutuhkan

jangan lupa untuk melengkapi sarana dan pra sarana yang dibutuhkan dalam sebuah usaha, sarana dan prasarana yang mempuni mempermudah apoteker juga pelanggan yang akan berbelanja pada apotek tersebut, maka berikanlah pelayanan yang optimal kepada setiap pelanggan yang berkunjung. Pelayanan ini juga bisa dilakukan dalam hal konseling dengan memanfaatkan metode offline maupun online. Buat juga ruang tunggu yang nyaman meskipun tempat apotek yang digunakan tidak terlalu besar.

4. Jalin Kerjasama Dengan Asuransi Kesehatan

Kerjasama dengan lembaga asuransi kesehatan memberikan kesempatan apotek dikenal dengan luas oleh masyarakat utamanya masyarakat bawah. Selain itu metode ini juga bisa digunakan sebagai metode membangun kepercayaan masyarakat bahwa apotek ini melayani orang yang menggunakan Askes maupun BPJS.

5. Pilih Agen, Distributor, Supplier Obat Terpercaya Dengan Harga Bersaing

Supaya bisa menjual obat dengan harga murah, tentu diperlukan sebuah pemasok dengan harga yang murah. Dengan cara ini, maka nantinya obat bisa dijual dengan harga murah. Selain itu akan lebih baik jika agen ataupun pemasok tersebut berlokasi tidak jauh dari lokasi usaha. Sehingga pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan dalam hal operasional maupun ongkos. Tentu akan sangat menguntungkan.

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen