Tren Media Sosial yang Harus Diperhatikan di Tahun 2022

Tren media Sosial 2022 – Tahun 2021 adalah tahun dimana media sosial mendominasi segala macam aktivitas sehari-hari, mulai dari bersosialisasi hingga berjualan bahkan merubah wajah marketing dalam digital marketing.

Pandemi COVID-19 juga ikut andil dalam memengaruhi perilaku pengguna media sosial dan memicu berbagai tren baru. Contohnya, tren work from home berdampak pada koneksi digital yang lebih luas.

Platform besar seperti Facebook, Instagram, dan Twitter pun ikut berubah berdasarkan tren yang ada.

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan dari segi social media marketing untuk menghadapi 2022 mendatang? Simak selengkapnya berikut ini.

 

e-commerce

1. Fokus Pada E-Commerce

Raksasa besar e-commerce semakin merajai di kalangan pecinta belanja di Indonesia.

Sehubungan dengan dampak yang ditetapkan oleh pemerintah akibat dari kebijakan PPKM berlevel, membuat masyarakat lebih merasa “safe” belanja lewat

Dan karena hal itulah, nilai transaksi di e-commerce saat ini menjadi semakin meningkat. Para konsumen yang berbelanja ini juga mengatakan bahwa, kemungkinan besar mereka akan terus membeli produk secara online meskipun pandemi sudah berakhir.

Hal ini bukan tidak mungkin disebabkan karena beragam bonus dan kelebihan yang ditawarkan ketika Anda berbelanja lewat online! Mulai dari gratis ongkir, cashback, voucher minimal pembelian, hingga pay later. Lebih menarik, kan?

Baca Juga : Strategi Pemasaran Dengan Sosial Media

2. Bagikan Cuplikan Cerita Lewat Story dan Short Video

tren media sosial

Dengan munculnya Facebook Stories dan Instagram Reels, dan Video Tiktok memberikan dampak besar pada seluruh pengguna instagram.

Algoritma instagram mulai membaca perubahan tren foto menuju ke tren video singkat.

Meski tren ini sudah berjalan sekitar 2 tahun terakhir, tapi cara ini masih terbukti ampun untuk mengenalkan sebuah usaha atau bisnis.

Berdasarkan grafik yang ada pada Exploding Topics, peningkatan dalam pembuatan short video pada media sosial masih terus berjalan dan ini diprediksi terus meningkat hingga tahun 2022. Sudah rutin bikin short video di media sosial kamu?

  • Peningkatan Fokus pada Micro-Influencers

Micro-Influencers

Meskipun bukan tren baru, influencer diperkirakan akan tetap menjadi taktik pemasaran yang penting pada tahun 2022.

Namun, banyak merek menyadari bahwa ada kekuatan di balik sejumlah kecil mega-influencer dan selebriti, khususnya.

Model terkenal untuk menyampaikan pesan, menyadari bahwa sebagian besar konsumen menanggapi seseorang yang mereka kenal.

Dengan demikian, merek terus beralih ke microinfluencer (10.000-100.000 pengikut) yang menyalip rekan mereka yang “lebih populer” dengan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan pengikut yang lebih setia. , dan mana yang lebih praktis.

Baca Juga : 7 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Sering Terjadi. Wajib Dihindari!

  • Perubahan dalam Algoritma

Pembaruan dan perubahan algoritma telah menjadi bagian alami dari media sosial dan mesin pencari.

Platform selalu mencari cara yang paling efisien dan tercepat untuk mendapatkan apa yang dicari konsumen, baik mereka tahu mereka sedang mencarinya atau tidak.

Setiap platform media sosial memberi bobot lebih pada faktor yang berbeda. untuk menentukan konten apa yang ditampilkan.

Misalnya, algoritme Facebook memprioritaskan kiriman dari keluarga, teman, dan lokal daripada konten perusahaan.

Twitter memprioritaskan berita terkini, dan Instagram memprioritaskan keterlibatan dan popularitas.

Algoritma pintar TikTok menggunakan algoritma tiga faktor untuk menentukan konten apa yang muncul. di halaman pelanggan Untuk Anda: interaksi pengguna, informasi video, dan pengaturan perangkat dan akun.

Menyadari tren ini dan lanskap kompetitif akan membantu merek membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens target mereka dan mendapatkan kepercayaan diri mereka untuk tumbuh dan berkembang di tahun mendatang.

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengikuti berbagai tren ini, Anda dapat menggunakan jasa social media agency Indonesia seperti KONSULTAN.CO

Kami adalah salah satu social media agency Indonesia yang memiliki tim ahli dalam menjalankan social media marketing. 

Selain itu, sebagai social media agency Indonesia, kami dapat mengakomodasi segala kebutuhan social media management Anda tanpa Anda perlu ke berbagai tempat untuk melakukan hal lain.

Tunggu apa lagi, segera hubungi KONSULTAN.CO sekarang!

Baca Juga : Tren Media Sosial yang Harus Diperhatikan di Tahun 2022

KONSULTASIKAN BISNIS ANDA

REKO PRABOWO