Skip to content

Training Staff Konsultan | Jasa Konsultasi

Mengenal Konsultan Bisnis Proses yang Benar

Staff konsultan adalah sebuah pekerjaan yang melayani jasa konsultasi pada bidang keahlian tertentu seperti pajak, hukum, IT, bisnis dan lain sebagainya. Bisa dikatakan Staff Konsultan di berbagai bidang pekerjaan.

Selain sebagai pemberi petunjuk seorang staff konsultan juga dapat dikatakan sebagai penolong dan penasihat dalam bidang tertentu. Namun pada kenyataannya kegunaan dari konsultan itu sendiri dapat dibedakan menjadi berbagai jenis, sesuai dengan bidang yang diambil.

Konsultan Pemasaran
Kegunaan dari staff konsultan sebagaimana mestinya adalah mencakup bidang yang digeluti. Contohnya adalah ketika seseorang memutuskan untuk memiliki profesi sebagai konsultan pemasaran maka ia harus memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran.

Salah satunya adalah kemampuan dalam memberikan motivasi maupun cara yang unggul dalam menarik minat dari para pelanggan. Menjelaskan kelebihan-kelebihan yang akan didapatkan pelanggan untuk membeli produk yang dijualnya. Sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya.

Staff konsultan pemasaran sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena banyaknya orang yang akan menjadi pelanggan karena kepiawaian sang konsultan dalam menjelaskan produknya. Sehingga tepat sasaran dan mengena di hati orang-orang yang mendengarkan penjelasannya.

Salah satu hal yang harus dikuasai oleh staff pemasaran adalah teknik pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Sehingga produk tersebut akan meluncur ke pasaran dengan sambutan yang baik, langsung diterima oleh masyarakat sehingga imbasnya tentu keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Karena jasa dari staff konsultan pemasaran biasanya cukup besar, maka gajinya tentu juga sebanding dengan apa yang dihasilkan terhadap perusahaan. Namun tentu saja sesuai juga dengan jam terbang dan kinerjanya dalam pekerjaan.

Kemampuan staff pemasaran ini bisa didapatkan dari gelar sarjananya, pengalaman kerja dan klien yang sudah berhasil didapatkan. Saat hendak melamar kerja untuk profesi ini, maka sebaiknya merapikan portfolio sebaik mungkin.

Juga tidak ada salahnya kalau menambah potensi dengan mengambil sertifikat khusus dari Asosiasi Pemasaran. Tujuannya agar semakin meyakinkan saat sudah menjalani profesi sebagai staff konsultan marketing nantinya.

Beberapa tugas dari konsultan marketing adalah sebagai berikut:

  • Memberikan saran dan strategi terbaik untuk menjangkau audiens sebuah brand yang menjadi klien.
  • Memberikan sebuah evaluasi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
  • Memberi rekomendasi yang tepat mengenai perbaikan dan rencana pemasaran
  • Memberikan pelatihan yang intensif dan efektif untuk pemasar-pemasar internal perusahaan.

Itulah beberapa tugas yang biasa dikerjakan oleh seorang staff konsultan marketing. Sebagai gambaran saja ketika anda ingin menjadi seorang konsultan marketing.

Konsultan Proyek
Bukan hanya pemasaran saja yang memerlukan seorang konsultan, banya pekerjaan lain yang juga memerlukannya. Contoh bidang pekerjaan yang juga memerlukan seorang konsultan adalah sebuah proyek. Agar pelaksanaannya menjadi lancar maka alangkah baiknya untuk menggunakan jasa seorang konsultan.

Staff konsultan proyek biasanya merupakan badan atau perorangan yang memiliki tugas sebagai pengawas pelaksana sebuah proyek yang sedang berlangsung. Sehingga proyek tersebut dapat berjalan dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.

Pekerjaan konsultan proyek ini sangat penting dalam keberhasilan sebuah proyek, karena dapat memberikan arahan dan nasihat yang baik demi suksesnya proses pengerjaan tersebut, sehingga sangat dibutuhkan untuk terlibat dalam sebuah proyek.

Sehingga pemilik proyek sendirilah yang akan mencari staff konsultan proyek sebagai tenaga bantuan yang dapat memastikan bahwa proyek konstruksi yang sedang dikerjakannya dapat selesai dengan memuaskan. Bukan hanya dari sisi kualitas saja, namun juga sesuai standard yang sudah ditentukan.

Biasanya seorang konsultan proyek juga mempunyai keahlian yang mumpuni dalam bidang arsitek, elektrical, teknik sipil dan lain sebagainya. Keahlian yang memiliki kaitan dengan jasa konstruksi sehingga arahan yang dimilikinya memiliki dasar yang jelas dan akurat.

Sebelum pekerjaan dimulai biasanya kedua belah pihak akan membuat perjanjian hitam diatas putih. Biasanya surat kontrak tersebut berisi tugas dan tanggung jawab yang jelas antara pemilik proyek dengan staff konsultan. Sehingga kelak tidak akan ada kesalahpahaman dalam pekerjaan yang berlangsung.

Tugas dari seorang konsultan proyek tidak hanya memberikan saran dan masukan saja untuk sebuah proyek tersebut. Namun juga membuat laporan akhir yang berisi mengenai semua evaluasi yang telah dilakukan selama proyek konstruksi tersebut dikerjakan.

Laporan ini sangat besar manfaatnya, selain bisa dijadikan portfolio bagi staff konsultan yang digunakan untuk meyakinkan klien kelak. Juga menjadi bukti bagi pemilik proyek ketika ingin mengoreksi proyek selanjutnya yang akan dikerjakan.

Konsultan Bisnis
Profesi menjadi seorang staff konsultan bisnis juga cukup menarik, dapat dijadikan pilihan profesi yang menyenangkan ketika memiliki banyak pengetahuan mengenai dunia bisnis. Karena menjadi seorang konsultan bisnis tugas utamanya adalah menganalisis model bisnis klien.

Menganalisa bagian bisnis klien mana yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar hasilnya maksimal. Dengan tujuan yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien. Beberapa tujuan dari menggunakan staff konsultan bisnis adalah:

  • Untuk dapat lebih meningkatkan sales dan revenue
  • Agar dapat lebih memaksimalkan performa pegawai
  • Agar dapat lebih meningkatkan efisiensi perusahaan
  • Agar dapat melakukan atau menyiapkan audit

Demikianlah tujuan yang diharapkan perusahaan tercapai setelah menggunakan jasa seorang staff konsultan bisnis. Sehingga perusahaan dapat berkembang dan menjadi lebih besar dengan keuntungan yang terus bertambah setiap tahunnya.

BACA JUGA : Konsultan Manajemen Bisnis Ritel | Konsultan Retail

Konsultan Keuangan
Kemudian ada jasa konsultan yang paling banyak dicari karena hampir semua bidang kerja dan usaha menggunakan jasanya. Yaitu jasa konsultasi keuangan, yang lebih banyak digunakan oleh perorangan. Yang mungkin merasa binung dengan cara mengatur keuangannya sendiri.

Biasanya dengan rujukan dari seorang staff konsultan keuangan, seseorang bisa mengatur keuangan yang dimilikinya dengan baik. Mengembangkan dengan berbagai investasi yang aman setelah diperhitungkan oleh seorang konsultan.

Sementara itu tugas dari konsultan keuangan adalah Mampu menilai keadaan keuangan klien saat ini dengan akurat. Selain itu, seorang konsultan keuangan harus mampu membuat rencana strategis untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan klien dengan tepat.

Demikianlah beberapa jenis bidang pekerjaan konsultan yang dapat dipilih sesuai dengan passion yang dimiliki. Namun masih banyak lagi jenis pekerjaan konsultan yang tersedia sesuai dengan perkembangan industri dan pekerjaan yang ada. Untuk jasa konsultasi perihal bisnis autopilot dan staffing, Anda bisa langsung hubungi kami di KonsultanBisnis.id