Ada Tips Nggak Sih Memulai Usaha Bagi Pemula?

tips memulai bisnis

(Tips Memulai Usaha) Masih berbicara tentang tren berbisnis saat pandemi atau tahun ini, sebenarnya tren berbisnis tidak pernah ada habisnya. Entah itu dari tahun sebelumnya atau pun dari tahun sekarang, para pebisnis pemula tidak pernah kehabisan ide untuk selalu memulai bisnis dengan produk dan strategi baru. Agar tidak merasa kesulitan atau pun stuck ditengah jalan, tentunya tips memulai usaha bagi pemula sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan bisnis dari segi apapun.

Memang pada dasarnya, memulai bisnis tidak semudah itu menjalankan bisnis, cenderung tidak mudah dan selalu penuh tantangan. Nah, bagi Anda seorang pebisnis pemula, Anda wajib menyimak 5 tips memulai usaha di bawah ini.

#Tips Memulai Usaha: Bulatkan Tekad dan Niat Berbisnis Bagi Pemula

tips memulai usaha

Banyak kan diantara kalian yang mencoba berbisnis tapi hanya berdasarkan asas “coba-coba” saja?. Jika kalian masih mempertahankan dan mengikuti asas ini maka sudah terlihat bahwa pencapaian hasil akhirnya tidak akan maksimal dan dapat dipastikan Anda akan lebih mudah menyerah di tengah jalan.

Berbeda dengan yang dari awal sudah membulatkan niatnya untuk berbisnis dengan kuat, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tidak mudah menyerah. Dari sinilah dapat diambil kesimpulan bahwa niat bisa menentukan kesuksesan dalam besbisnis.

#Tips Memulai Usaha: Cerdik Melihat Peluang Bisnis yang Ada

tips memulai usaha

Mulailah dengan mencari peluang bisnis yang ada di sekitar Anda. Tidak menutup kemungkinan banyak bisnis yang ada di sekitar Anda yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya. Baiknya jika Anda melihat peluang bisnis harus didasarkan pada tren pasar, tren kebutuhan konsumen, tren barang yang sedang ramai. Jika sudah menentukan, Anda bisa mengambil titik tengah untuk dijadikan sebuah bisnis yang berprospek

Perlu ditinjau kembali bagia Anda seorang pebisnis pemula untuk membuat perencanaan terkait peluang bisnis yang bisa sekiranya Anda jangkau dan bisa menjangkau calon konsumen Anda.

#Tips Memulai Usaha: Maksimalkan Promo Online dan Offline

Tidak bisa dipungkiri, era digital memaksa semua kalangan terutama dari kalangan pebisnis harus putar otak untuk promosikan bisnis mereka. Peluang promosi bisnis bisa dilakukan dan dimaksimalkan lewat social media terutama dengan fitur story atau status. Rasanya promosi lewat online dikatakan terlihat lebih maksimal karena tidak mengenal jarak dan waktu. Promosi Anda bisa masuk 1 x 24 jam lewat gadget target customer Anda.

Keterbatasan pandemi saat ini membuat promosi lewat offline menjadi terbatas karena interaksi sosial berskala besar pun juga dibatasi. Namun, sepertinya peluang ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah, karena dengan promosi online bisa menjadi alternatif terbaik loh.

Manfaatkan social media dan e-commerce andalan masyarakat Indonesia seperti instagram, twitter, whatsapp bisnis, tokopedia, shopee dan masih banyak lagi. Kuncinya satu, harus tau ilmu marketing yaa.

#Tips Memulai Usaha: Bangun Tim Yang Solid Pastinya

Tim solid dan kuat juga menjadi salah satu faktor penting, apalagi ini adalah bisnis yang baru dirintis. Kalau bisa dalam pemilihan anggota tim, cobalah pilih tim yang memiliki mental baja dan tahan banting. Karena namanya merintis pasti akan banyak cobaan dan halangan yang harus dilalui.

Atau ada pilihan lain jika Anda ingin kolaborasi dengan salah satu rekan yang jenis bisnisnya hampir sama seperti jenis bisns Anda. Ini adalah salah satu tips cara memulai bisnis untuk pemula untuk meningkatkan kesempatan sukses berbisnis.

#Tips Memulai Usaha: Customer is a King! Dengarkan Mereka

Masih percaya dan mengikuti slogan “Customer is a King”? Percaya nggak sih kalau customer yang puas akan membuat mereka ketagihan dan terus ketagihan dengan produk Anda.Tips cara memulai bisnis untuk pemula yang ini penting sekali, karena dengan menerima kritik artinya Anda bisa memperbaiki kualitas bisnis Anda. Lalu seorang pebisnis yang sukses, dia akan menganggap kritik dan saran adalah guru yang bisa membimbing menuju jalan kesuksesan.

Jika menerima kritik dan saran artinya bisnis Anda masih memiliki banyak kekurangan, jangan merasa Anda seakan-akan diserang oleh para konsumen.Justru Anda harus berterima kasih kepada konsumen yang sudah memberikan kritik dan saran, karena itu menjadi bentuk kepedulian konsumen terhadap bisnis Anda agar lebih baik.

Belum ada ide yang bagus untuk bisnis kamu? Kamu bisa mencobanya untuk saat ini dengan sharing dan konsultasi dengan tim kami. Keluhkan semua masalah bisnis kamu untuk mendapatkan hasil terbaik dari tim konsultan kami. Banyak peluang bisnis yang bisa dicoba, tergantung pilihan dan hobi Anda dalam menjalankan bisnis.

Tunggu apa lagi? Yuk, coba konsultasi gratis sekarang dan mudahkan bisnismu bersama Konsultan.co!

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

konsultanmanajemen.asia
konsultanbisnis.id

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081-398-646-177)