Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Sering sekali kita mendengar curhatan teman yang bercerita tentang perusahaan mereka bekerja. Ada yang bercerita dengan penuh kebanggaan dan ada yang bercerita tentang kekecawaan. Kebanggaan akan tempat bekerja biasanya didasari dengan perlakuan perusahaan terhadap karyawannya. Kemajuan perusahaan pun terletak pada Manajemen Sumber Daya Manusia.

Tidak jarang saya mendengar beberapa karyawan yang bekerja disebuah perusahaan mengajukan resign karena faktor ketidak nyamanan dengan perusahaan. Pada dasarnya kekecewaan karyawaan terhadap perusahaan didasari karena perusahaannya memperlakukan karyawan hanya sebagai pion atau sapi perah tanpa memperhatikan kepentingan karyawan.

Karyawan seringkali kecewa dengan keputusan manajemen perusahaan menyangkut kebijakan sumber daya manusianya. Keputusan yang diambil tidak berdasarkan melihat karyawan sebagai manusia. Keputusan yang hanya terlihat menguntungkan perusahaan saja tanpa memikirkan akibat yang timbul diantara karyawannya.

Karyawan/ Sumber Daya Manusia adalah ASET Layaknya aset, tanpa faktor karyawan, sehebat apapun perusahaan, tidak bisa berjalan dengan baik. Kita lihat ketika ada mogok bekerja oleh asosiasi pekerjan mengakibatkan bukan lagi kehilangan pendapatan perusahaan tapi juga kerugian besar.

Memperlakukan karyawan hanya sebagai sumber daya bukanlah kebijakan yang baik. Sumber daya yang hanya diambil keuntungan tanpa melihat faktor di dalamnya.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Ketika sebuah perusahaan memperhatikan atau memperlakukan karyawan sebagai aset yang benar-benar harus dijaga maka akan sangat mempengaruhi kemajuan dan semangat kinerja karyawannya.
Ketika karyawan bekerja dengan tulus, semangat tinggi dan ada rasa memiliki terhadap perusahaan maka akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap perusahaan.

Banyak pekerjaan-pekerjaan kecil yang dilakukan karyawan kecil. Yang kesemuanya kadang-kadang tak terlihat, sebab tersembunyi di balik sebuah kerja besar. Tapi, mereka yang bekerja di bagian keci tadi adalah penentu keberhasilan sebuah kerja besar, walaupun mungkin tak banyak yang menghargainya.

Ketika moratorium CPNS didengungkan banyak calon PNS menjadi gelisah dan berkemungkinan tidak dapat kerja. Alasan moratorium yang diwacanakan karena membengkaknya jumlah PNS sehingga menjadi tidak efisien.
Yang menjadi pertanyaan bukan jumlah karyawan yang besar, tetapi bagaimana karyawan yang sudah ada dikelola dengan baik dan dihargai sehingga timbul semangat kerja yang akan berdampak pada naiknya produktivitas karyawan.

Bagi perusahaan ataupun universitas besar, karyawan adalah aset berharga yang harus dipelihara. Bacalah kisah sukes Starbuck dari warung kopi kecil, namun mampu mencapai puncak dengan lebih dari 12.000 kedai di seluruh dunia.
Dari secangkir kopi seharga Rp5.000 diubah menjadi Rp 50.000 dan diminati semua kalangan tua, muda di seluruh dunia.
Ketika membuka kedai kopi di Portland, Oregon, USA, pemilik kedai kopi Starbuck sama sekali tidak bermimpi bakal punya lebih dari 12.000 kedai kopi di seluruh dunia.

Namun, dengan prinsip keterbukaan dan karyawan adalah aset yang paling berharga, Starbuck mengubah hal biasa menjadi luar biasa.

Memimpin kedai kopi pada prinsipnya sama saja dengan memimpin karyawan perusahan besar atau pun karyawan universitas. Karyawan adalah manusia yang juga butuh dihargai sekecil apa pun kerja yang mereka lakukan. Jadi, prinsip semuanya penting, tidak hanya top manager dan middle manager, tidak hanya rektor, dekan dan dosen.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Karyawan kecil seperti cleaning servis, satpam atau pun pegawai rendahan lainnya menjadi bagian penting dari kerja besar. Tanpa bantuan mereka, toh tidak ada yang bisa dikerjakan.

Lihat Toyota, perusahaan raksasa automobile yang begitu menghargai karyawannya dengan memberikan reward dan pujian bagi karyawan yang bersungguh-sungguh. Toyota melakukan pendekatan yang sangat manusiawi dan menempatkan karyawannya pada bagian penting dari suatu sistem, tidak hanya sekadar pekerja. Sumber Daya Manusia sangatlah patut dihargai.

Bagian yang juga penting dari manajemen adalah terbuka terhadap kritik. Kritik adalah motivasi bukan hambatan, kritik adalah masukan berharga yang tidak perlu dibayar. Jadi, terima kritik apa adanya, renungkan dan perbaiki untuk kesuksesan berikutnya. Manajemen terpenting adalah komponen Manajemen Sumber Daya Manusia.

Banyak perguruan tinggi besar di Jepang yang memperlakukan karyawannya secara terhormat, karyawan yang punya kemampuan kurang, akan dilatih agar terampil. Karyawan yang merasa dihargai biasanya akan termotivasi untuk bekerja dengan baik.
Seperti Picaso melukis di atas kanvas, lukisannya terasa halus dan menawan. Jangankan karyawan, pemenang nobel Fisika tahun 2002 dari Jepang Prof Masatoshi Koshiba, ternyata punya nilai fisika dan IPA yang jeblok atau merah ketika bersekolah di SMA.
Secara kebetulan, ia pernah mendengar gurunya mengatakan bahwa ia tidak mungkin belajar fisika, karena nilainya dalam mata pelajaran sains selalu rendah.

Hal ini yang menantang dan mendorong Koshiba untuk belajar fisika secara mendalam, selain ketertarikannya terhadap ilmu Fisika setelah ia membaca riwayat hidup para fisikawan dunia, seperti Albert Einstein. Ketika pertama kali ia mendaftar di Tokyo University, ia ditolak. Mungkin karena nilainya yang pas-pasan. Setelah mencoba mendaftar untuk kedua kalinya, ia diterima.

Selama kuliah, ia juga masih memperoleh nilai yang kurang memuaskan. Dengan penuh ketekunan dan kerja keras dan dorongan dari para sahabatnya, Koshiba berhasil menyelesaikan kuliah di Tokyo University pada tahun 1953 dan siapa bisa menyangka orang yang tadinya mempunyai nilai merah dalam mata pelajaran Fisika, 49 tahun kemudian meraih hadiah nobel Fisika, mata pelajaran di mana nilai nilainya waktu sekolah selalu jeblok.

Universitas besar di Jepang juga demikian, punya perencanaan yang matang tidak hanya untuk pengembangan universitas dari sisi staf pengajar, tetapi juga pengembangan karyawan pendukung. Belajar tidak hanya untuk membuat seseorang menjadi brilian, tapi belajar adalah untuk membuat seseorang menjadi lebih bijak dan manusiawi.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

 

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggerak organisasi tidak hanya perusahaan, tetapi juga lembaga pemerintah termsuk perguruan tinggi. Dengan adanya SDM yang mampu menggerakkan perusahaan dengan baik, maka suatu perusahaan akan mampu berkembang dan melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien.

SDM yang berkualitas tidaklah cukup untuk menjalankan kerja dalam jangka panjang. Diperlukan loyalitas pegawai terhadap bagian atau tempat di mana dia bekerja. Dengan membangun hubungan emosional antara lembaga dan pegawainya, maka seorang pegawai akan berusaha semaksimal mungkin memberikan kontribusi terbaik lembaga yang menaunginya.

Tanpa adanya hubungan emosional antara lembaga dan pegawai, maka pegawai hanya menjalankan kewajibannya tanpa memberikan seluruh kemampuannya untuk lembaga. Bila kewajibannya telah dilakukan, maka dia hanya akan berjalan di tempat tanpa memberikan inovasi, kreativitas, dan ide cemerlang yang sebenarnya bisa dilakukan bila pegawai memiliki ikatan emosional yang membuat dia ingin ikut membangun dan mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.

Karena itu, membaur bersama karyawan, merupakan gaya managemen lembaga atau institusi yang ingin berhasil. Jargon ”SDM adalah aset terbesar perusahaan ataupun lembaga”, seharusnya tidak hanya sekadar lip service atau jargon semata tanpa ada aksi apa apa. Semoga pimpinan kita ke depan adalah orang-orang yang selalu memperhatikan bawahannya.
Sumber daya manusia merupakan komponen vital bagi sebuah institusi, karena sumber daya manusia menjadi pelaksana utama aktivitas manajerial dan operasional di institusi. Elemen lain di institusi, seperti uang, mesin, dan modal lainnya, tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya campur tangan yang namanya manusia.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Oleh karena itu pemeliharaan sumber daya manusia di institusi menjadi faktor penting, agar aktivitas dapat berjalan secara efisien dan efektif, dan mampu mencapai tujuannya. Keterkaitan atau hubungan antara pegawai dan manajemen ini mampu menghasilkan suatu output, yaitu kualitas kerja pegawai yang baik dan tentunya akan menjadikan institusi lebih maju dan bekembang dengan baik.

Pengembangan sumber daya manusia adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh institusi, agar pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan mereka sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan. Mengembangkan pengetahuan para sumber daya manusia berarti meningkatkan kemampuan mereka untuk lebih mengenal dan memahami.

Seluk-beluk pelaksanaan pekerjaan agar lebih mendalam, Perkembangan institusi dari waktu ke waktu, Sasaran yang akan dicapai institusi sesuai Visi dan Misi-nya, Perlunya kerja sama dalam melaksanakan pekerjaan, Informasi yang disampaikan institusi, Kesulitan-kesulitan yang dihadapi institusi, Hubungan institusi dengan lingkungannya.

Kebijaksanaan dan peraturan yang berlaku dalam institusi, Sistem dan prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan tugas institusi, Perilaku pegawai yang mendukung dan dituntut oleh institusi.
Kita sering mendengar pimpinan sebuah institusi berkata bahwa “sumber daya manusia merupakan aset institusi yang paling berharga” mungkin dapat ditafsirkan bahwa sebuah institusi memiliki berbagai aset seperti tanah, gedung, kendaraan atau mesin produksi, peralatan kantor, dan lain-lain namun semua aset tersebut tidak akan berarti apa-apa dan tidak akan menghasilkan apa-apa bila tidak digerakkan oleh yang namanya manusia.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Agar institusi dapat memproduksi sesuatu yang dapat dijual, maka institusi membutuhkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing.
Bagaimana mengatur manajemen SDM dengan baik? Maka kami ahlinya. Kami Konsultan Bisnis terbaik yang bisa anda pilih sebagi pendamping untuk membangun Manajemen SDM di perusahaan anda.

Kami akan sampaikan beberapa tugas dan tanggung jawab yang akan kami berikan untuk anda :

TANGGUNG JAWAB SEORANG KONSULTAN BISNIS

1. Atur dan laksanakan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien (perekrutan, penggajian, kampanye promosi, dll) sesuai dengan persyaratan klien.
2. Bertemu dengan klien yang ditugaskan ketika dibutuhkan dan melakukan penilaian awal dari situasi yang bermasalah.
3. Kumpulkan informasi tentang bisnis klien melalui berbagai metode (membayangi, wawancara, survei, membaca laporan, dll)
4. Menganalisis dan menafsirkan data untuk menggali kelemahan dan masalah, dan memahami penyebabnya.
5. Merumuskan rekomendasi dan solusi dengan memperhatikan keinginan, kemampuan, dan keterbatasan klien membentuk laporan singkat.
6. Presentasikan temuan dan saran kepada klien dengan justifikasi yang cukup dan saran praktis.
7. Kembangkan rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau radikal.
8. Membantu klien dalam mengimplementasikan rencana tersebut dan selesaikan perbedaan sesekali.
9. Memberikan panduan untuk masalah dan masalah yang terjadi.

Tugas Konsultan Bisnis :

1. Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan
Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya, namun mereka juga harus mempelajari bisnis tersebut secara meyeluruh dan meneliti secara detail data yang ada dari klien tersebut. Yang bertujuan agar tidak terjadinya miss diantara klien dan konsultan bisnis.
2. Mengidentifikasi masalah yang ada
Selain memberikan konsultasi, seorang business konsultan juga harus mampu untuk mengidentifikasi masalah yang ada dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Baik dalam perusahaan yang sudah berkembang, maupun bisnis yang baru saja dirintis
3. Memberikan solusi atas masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya
Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus mampu menganalisi dan memberikan solusinya. Seorang konsultan bisnis yang baik adalah mereka yang mapu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi dengan tepat sasaran.
4. Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada
5. Aktif menjalin Komunikasi yang baik pada semua kliennya

Seorang konsultan bisnis harus bisa berkomunikasi secara aktif. Yang bertuuang agar mampu memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan bisnisnya

Semua hal diatas kami aplikasikan sebagai bentuk bukti bahwa kami tidak memberikan hasil kerja muluk- muluk di depan.
Anda menginginkan kemajuan SDM dalam perusahaan anda, maka kami akan lakukan semua perbaikan menyeluruh yang berhubungan dengan SDM.

Semua aset tersebut kecuali sumber daya manusia bisa dibeli dengan mudah oleh institusi yang memiliki modal cukup untuk membelinya. Namun tidak demikian halnya dengan sumber daya manusia, tidaklah mudah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dan mumpuni sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh institusi. Karena itulah sumber daya manusia merupakan aset yang paling berharga.

Beberapa faktor mendasar yang mempengaruhi produktifitas pegawai antara lain adalah sikap (attitude), pengetahuan dan keterampilan (knowledge and skill) dan terakhir adalah paket remunerasi. Dimana sikap atau attitude seseorang terbentuk melalui proses yang cukup panjang, beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut antara lain adalah pendidikan termasuk lingkungan tempat dia berada, pengalaman dll.

Karena itu lebih disarankan untuk merekrut pegawai yang telah memiliki sikap yang diharapkan sesuai kriteria institusi dari pada berusaha membentuknya. Kalau perlu gunakan jasa psikolog dalam proses seleksi untuk mendapatkan pegawai yang memiliki attitude baik dan sesuai yang diinginkan institusi.

Pengetahuan dan keterampilan umum seperti sales, customer service, accounting, keuangan, pajak, administrasi bisa dipelajari diluar institusi, maksudnya bisa diharapkan dari pegawai yang direkrut telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Bila ternyata level pengetahuan dan keterampilan belum memadai, institusi bisa memberikan inhouse training, atau mengirim pegawai tersebut untuk mengikuti training di luar institusi.

SDM, 081398646177, Karyawan, Manjemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Jika seorang pemimpin institusi mengatakan bahwa pegawai adalah aset yang paling penting dan berharga maka dia sudah menempatkan sumber daya manusia institusi di dalam budaya organisasi yang kuat. Dimana tidak lagi memperlakukan pegawai seperti biaya, atau menjadikan sumber daya manusia sebagai pusat biaya, melainkan sebagai pusat penghasil nilai tambah, karena manusia korporasi sudah dianggap sebagai aset produktif yang penting di dalam sebuah institusi.

Sumber daya manusia yang telah terlatih dan menunjukan produktivitas yang tinggi perlu diberikan paket remunerasi yang sepadan, biasanya lebih tinggi dari harga rata-rata di pasaran kerja untuk posisi yang sama. Hal ini perlu dilakukan agar pegawai tersebut tidak mudah tergoda oleh tawaran atau iming-iming dari institusi lain.

Institusi yang sadar akan aset potensial ini tentunya akan memberikan penghargaan yang baik kepada setiap pegawai atau sumber daya manusia yang dimilikinya, baik dalam bentuk remunerasi ataupun kenyamanan dalam bekerja.
Sumber daya manusia tentunya akan merasa nyaman dan berusaha bekerja dengan sebaik mungkin apabila institusi memberikan kesempatan penghidupan dengan taraf hidup yang layak serta penghargaan atas karya-karya mereka dan dedikasi mereka terhadap institusi.

Namun didalam prakteknya banyak institusi kurang sadar atas pentingnya aset sumber daya manusia, padahal tanpa pegawai aset-aset lainnya tidak mungkin dapat bergerak dengan sendirinya, apa jadinya jika seluruh pegawai suatu institusi tidak mau bekerja? Institusi tersebut akan mengalami penurunan baik produktifitas maupun kemapanan dan kemajuannya.

Sumber daya manusia institusi merupakan aset bukan slogan atau kata-kata orasi saja, tetapi kemampuan untuk membangun budaya organisasi yang kuatlah yang diperlukan. Hanya institusi yang mampu membumikan visi, misi dan nilai-nilai kerja menjadi perilaku kerja yang akan menghasilkan manusia-manusia aset.

SDM, +62822-3332-2799, Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Aset, Konsultan, Konsultan Bisnis

Semua ini memerlukan praktik bisnis yang etis dengan tata kelola yang konsisten dan profesional, termasuk kekuatan narasi institusi untuk mendeskripsikan atau menjelaskan semangat perjuangannya dan juga kemampuan untuk mengemas cerita perjuangan institusi dari titik awal hingga menjadi seperti sekarang.

Baca juga artikel kami :

https://konsultanmanajemen.asia/konsultan-bisnis-rahasia-sukses-para-pengusaha/

https://konsultanmanajemen.asia/konsultan-bisnis-dan-managemen/

https://konsultanmanajemen.asia/bekasi-semakin-menarik-dijadikan-lokasi-bisnis-konsultan-bisnis/ ,

https://konsultanmanajemen.asia/profesi-artis-tak-menjamin-lolos-ujian-covid-19-konsultan-bisnis-manajemen/ ,

https://konsultanmanajemen.asia/ahlinya-perbaikan-bisnis-anda-yang-semrawut/ ,

https://konsultanbisnis.id/konsultan-bisnis-jakarta-solusi-kebangkitan-usaha-anda/

https://konsultanbisnis.id/virus-corona-goyang-perekonomian-dunia/

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

Contact Person :
REKO PRABOWO : 081398646177