KONSULTAN TOKO BANGUNAN

Handal, +62 822-3332-2799, Ternyata Hal Ini Mempengaruhi Bisnis Toko Bangunan Anda

Memilih Lokasi Usaha, Memilih Lokasi dan Merencanakan Fasilitas Usaha, Memilih Lokasi Bisnis, Pertimbangan Memilih Lokasi Bisnis, Tips Memilih Lokasi Bisnis Kuliner, Cara Memilih Lokasi Gudang, Konsultan Surabaya, Konsultan Bali, Konsultan Jakarta, Konsultan Semarang.

 

Pengaruh Lokasi Terhadap Usaha –  Perusahaan merupakan tempat untuk melakukan suatu proses penciptaan barang atau jasa yang kemudian akan didistribusikan kepada para konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Perusahaan didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, kini tidak sedikit perusahaan yang mulai bermunculan disekitar masyarakat.

Perusahaan memiliki tata letak dan kedudukannya masing-masing. Kedudukan perusahaan merupakan tempat kantor pusat dari perusahaan tersebut. sedangkan tata letak perusahaan ialah tempat dimana perusahaan tersebut melakukan aktivitas operasi perusahaan atau tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik untuk menciptakan suatu barang yang nantinya akan dijual oleh perusahaan tersebut.

Letak dari perusahaan dibagi menjadi 4 (empat), yaitu:

Letak perusahaan yang terikat dengan alam

Yaitu perusahaan tersebut berhubungan dengan alam karena membutuhkan ketersediaan dan kemudahan bahan baku untuk proses produksinya. Perusahaan ini sangat bergantung pada kondisi alam tempat perusahaan tersebut didirikan. Contohnya, Perusahaan perkebunan, perusahaan pertambangan, dan sebagainya.

Letak perusahaan yang terikat dengan sejarah

Yaitu perusahaan yamg didirikan karena adanya hal yang berhubungan dengan sejarah di daerah lokasi perusahaan tersebut sehingga mengandung makna sejarah yang berarti dari barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Contoh: Perusahaan batik di Jogja.

Letak perusahaan yang ditentukan oleh pemerintah

Yaitu perusahaan yang letaknya ditentukan oleh pemerintah karena demi keamanan masyarakat luas. Hal ini berkaitan dengan keamananan masyarakat, kesehatan masyarakat, dan lain-lain. Contoh: Perusahaan bahan-bahan kimia, Perusahaan senjata, Perusahaan obat, dan lain-lain. Apabila perusahaan seperti itu didirikan ditempat yang salah bisa mengancam keamanan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan tersebut.

Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

Letak perusahaan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi kegiatan produksi perusahaan tersebut. Seperti ketersediaan bahan mentah, ketersediaan air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, dan sebagainya.

Jadi, dalam penentuan tata letak perusahaan, faktor-faktor lingkungan dari perusahaan tersebut juga membantu menentukan dimana akan didirikannya perusahaan tersebut. Seperti faktor konsumen, tenaga kerja, bahan baku, dan sebagainya.

Penentuan lokasi usaha merupakan hal yang penting dalam mendirikan suatu usaha. Karena semakin strategis lokasi dari usaha tersebut maka semakin memberikan dampak yang baik untuk perusahaan seperti menambah pendapatan perusahaan, menambah konsumen perusahaan, dan sebagainya.

Sebagai contoh, lokasi yang dekat dengan tempat yang menyediakan bahan baku dapat meminimalkan biaya transportasi perusahaan dan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Dan sebaliknya, jika lokasi perusahaan jauh dari tempat bahan baku, maka akan semakin besar biaya transportasi bahan baku yang harus dikeluarkan.

Untuk itu, penentuan lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Karena semakin strategi lokasi uusaha, semakin besar pendapatan yang diperoleh perusahaan. Dan begitupun sebaliknya, semakin tidak strategisnya lokasi perusahaan, maka akan memberikan dampak yang negative untuk perusahaan seperti menambahnya pengeluaran-pengeluaran perusahaan.

Dampak Dari Kesalahan Dalam Menentukan Lokasi Usaha

Apabila perusahaan tepat dalam menentukan lokasinya, tentu hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi perusahaan itu sendiri seperti meningkatnya pendapatan perusahaan, dan sebagainya. Namun, jika perusahaan salah dalam menentukan lokasinya, hal tersebut justru akan memberikan dampak yang negatif seperti rendahnya daya jual perusahaan, menurunnya pendapatan perusahaan, bahkan yang lebih parah perusahaan tersebut bisa mengalami kegagalan dalam bisnisnya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya analisis dan perhatian perusahaan terhadap faktor-faktor yang ada disekitar lingkungan lokasi tersebut.

Rendahnya daya jual dikarenakan kurangnya konsumen yang ada disekitar lokasi tersebut, atau juga bisa disebabkan kurangnya kemampuan masyarakat disekitar lokasi untuk mengkonsumsi produk perusahaan. Rendahnya daya jual ini pun dapat mengakibatkan penurunan dalam pendapatan karena jumlah barang yang diproduksi lebih besar dari jumlah barang yang dijual, bahkan jika terus dibiarkan, aktivitas produksi perusahaan bisa dihentikan karena kurangnya modal yang dimiliki perusahaan. Hal ini pun dapat mengakibatkan perusahaan mengalami kegagalan sehingga perusahaan dengan kata lain akan ditutup.

 

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Konsultan.co

The Future Of..

Indonesia Business Growth

& Integrated Business Strategy