KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

TERPECAYA, +62 813-9864-6177, TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETING

Email Marketing adalah, Email Marketing Indonesia, Fungsi Email Marketing, Contoh Email Marketing Adalah, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis

Tahapan membangun email marketing

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email. Sebuah pesan komersil yang dikirim kepada pelanggan sehingga mereka akan tahu ada sesuatu yang baru dari produk atau jasa yang Anda berikan.

Berikut langkah-langkah membuat email marketing efektif:

1.Pilih Platform yang Tepat

Sebelum memulai mengirimkan email marketing, Anda perlu menentukan platform email marketing yang paling tepat. Anda tidak bisa mengirimkan email marketing hanya dengan menggunakan bantuan Gmail atau Yahoo karena jumlah email yang Anda kirimkan sangat banyak.

2.Grow Your Mailing List

Hal ini merupakan tantangan Anda sebagai pemilik bisnis untuk meyakinkan calon konsumen agar bersedia memberikan alamat email mereka. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh alamat email konsumen adalah sebagai berikut :

a.Berikan Tawaran Eksklusif dan Diskon Khusus

Anda dapat memberikan tawaran eksklusif seperti trial 30 hari atau diskon khusus member. Dengan memberikan insentif yang sepadan dengan informasi berharga yang mereka berikan, yaitu alamat email.

b.Adakan Undian atau Kontes

Anda juga bisa mendapatkan email calon konsumen dengan mengadakan undian atau kontes. Tentu undian atau kontes yang diadakan harus berhubungan dengan bisnis yang dijalankan agar Anda mendapatkan email dari calon-calon konsumen potensial.

c.Berikan Konten Gratis

Cara lain yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan konten gratis. Anda dapat memberikan konten gratis seperti video tutorial, template, ataupun e-book.

3.Segmentasi Konsumen

Dari sekian banyak alamat email yang diperoleh, terdapat berbagai jenis konsumen. Segmentasi konsumen dapat dibuat berdasarkan beberapa aspek seperti tipe konsumen, minat, lokasi, atau engagement.

a.Tipe Konsumen

Terdapat empat tipe konsumen, yaitu konsumen potensial, konsumen baru, konsumen loyal, dan konsumen tidak aktif.

b.Minat Konsumen

Semakin banyak konsumen, semakin beragam juga minat yang mereka miliki. Apalagi jika Anda mengelola bisnis online dengan pilihan produk bermacam-macam. Anda perlu memahami minat konsumen agar dapat membuat email marketing yang lebih personal.

c.Lokasi

Segmentasi berdasarkan lokasi biasanya dilakukan oleh bisnis online yang juga memiliki toko fisik yang tersebar di berbagai lokasi. Promo dan penawaran khusus di lokasi A mungkin berbeda dengan promo di toko B.

d.Engagement

Ketika Anda mengirimkan email marketing, terdapat dua kemungkinan, yaitu konsumen membacanya atau tidak. Segmentasi berdasarkan engagement ini berfungsi untuk menjangkau konsumen yang tidak membuka email yang Anda kirimkan.

4.Buat Konten Menarik

Diperlukan konten yang bagus dan efektif untuk dapat merubah penerima email marketing menjadi konsumen. Tentu konten email harus disesuaikan dengan segmentasi konsumen yang sudah dibuat sebelumnya.

Secara umum, terdapat beberapa komponen konten email marketing yang harus ada, apapun tipe konsumen yang dijangkau. Komponen-komponen tersebut adalah:

a.Format

Anda harus memastikan format email yang Anda kirimkan nyaman untuk dilihat di perangkat desktop maupun mobile, mengingat banyaknya konsumen yang membuka email melalui ponsel seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

b.Subject Email

Subject email adalah komponen yang pertama dibaca oleh konsumen sehingga Anda perlu membuatnya semenarik mungkin, tetapi tetap sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.

c.Badan Email

Anda juga harus membuat konten email yang singkat dan jelas agar konsumen paham apa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan gambar agar lebih menarik. Jangan membuat email yang bertele-tele agar email tidak hanya dibuka, tetapi dibaca juga.

d.Call to Action

Call to Action di konten email penting agar konsumen tahu apa yang harus dilakukan setelah memahami penawaran yang diberikan. Supaya konsumen tidak terlalu banyak men-scroll email, ada baiknya meletakkan CTA di bagian awal email.

5.Memelihara Komunikasi dengan Konsumen

Melalui email marketing, Anda dapat membangun komunikasi yang lebih personal dengan konsumen. Banyak ide konten email marketing yang dapat diterapkan agar konsumen tidak bosan dengan konten yang selalu sama.

6.Evaluasi Email Marketing

Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen, Anda juga perlu memeriksa dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan email yang dikirimkan. Hal ini diperlukan sebagai dasar untuk pengiriman email marketing selanjutnya agar semakin efektif.

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri