Top News! Ini Dia Strategi Penetapan Harga untuk Usaha Kuliner

Mau Tau Rahasia Strateginya? Simak Yuk Penjelasannya!

Nah, kamu tau kan kalau menetapkan harga pada bisnis kuliner itu bukanlah suatu hal yang mudah. Sebab harus ada cara lain agar dalam bisnis kamu tidak mengalami suatu kerugian. Memberikan patokan harga sangatlah kamu butuhkan dalam menjalankan bisnis.

Ada beberapa strategi yang sering digunakan yaitu penetapan harga berdasarkan biaya-biaya yang kamu keluarkan untuk setiap satuan produk, dengan keuntungan yang kamu inginkan. Pendekatan tersebut ada 2 macam loh! Yaitu dengan cara menentukan harga jual berdasarkan biaya, selanjutnya dengan cara pendekatan harga sesuai kebutuhan. Simak penjelasannya sebagai berikut! Awas, jangan sampai ketinggalan!

Macam-Macam Strategi Penetapan Harga Untuk Usaha Kuliner, Apa saja Sih!

1. Penetapan Harga Berdasarkan Biaya

a. Biaya plus

Biaya plus yaitu dengan cara menghitung jumlah biaya produksi yang kemudian bisa kamu tambahkan dengan nilai keuntungan sesuai keinginan. Rumus dari metode untuk menentukan harga jual yaitu dengan biaya produksi + laba.

Contohnya apabila kamu memiliki usaha nasi kuning. Dalam proses produksi nasi kuning yang berjumlah 20 bungkus kamu mengeluarkan uang untuk membeli bahan baku sekitar Rp 50 Ribu. Biaya operasional untuk mengahasilkan 10 bugkus nasi kuning (biaya gaji karyawan, listrik dll) sebesar 100 rb, jadi total biaya yaitu Rp 150 ribu. Apabila kamu menginginkan 40% maka harga jual bisnis kuliner nasi kuning kamu adalah:

= Rp. 150.000 + (40% x Rp 150.000)

= Rp. 210.000,- (Harga jual 20 Nasi kuning)

Sehingga harga jual per bungkus nasi kuning yaitu 210.000/20 = Rp. 10.500

b. Mark Up

Harga mark up yaitu dalam usaha yang kamu jalankan apabila kamu membeli barang dari supplier kemudian dapat kamu jual kembali dengan menambahkan harga mark up. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa keuntungan bisa kamu dapatkan dari mark up tersebut. Tetapi mark up juga dapat kamu gunakan untuk menutup biaya eksploitasi (Operasional). Rumus yang dapat kamu gunakan untuk menentukan harga jual dalam metode ini yaitu menggunakan harga beli + mark up.

Contohnya kamu berjualan kue pastel membeli dari supplier seharga Rp 2 Ribu, dengan mark up Rp 500, maka harga jual kue tersebut yaitu Rp 2.500.

c. Break Even

Harga break even yaitu untuk menentukan harga jual yang berdasarkan pada permintaan pasar dengan masih memperhitungkan biaya. Bisnis kamu dapat dikatakan break even apabila penerimaan sama dengan biaya yang telah kamu keluarkan. Penjualan yang selanjutnya yaitu keuntungan, jadi apabila penjualan yang kamu peroleh dari bisnis kamu yang berada pada bawah titik break even maka bisnis kamu dapat merugi. Titik break even dapat terlampui ketika bisnis kamu dalam keadaan untung.

2. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan Atau Keinginan

Strategi yang kedua yaitu berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Strategi tersebut memungkinkan adanya perbedaan harga meskipun produknya sama. Akibat beberapa faktor tertentu seperti letak geografis, waktu, dan sebagainya. Ada 2 macam kategori dalam strategi ini, yakni:

  • Price Sensitivity Meter (PSM) yakni strategi penetapan harga yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan terhadap kebutuhan/permintaan konsumen. Metode ini berdasarkan persepsi konsumen terhadap nilai/value produk yang kamu terima, apakah sebanding atau tidak.
  • Diskriminasi Harga yakni kebijakan untuk menentukan harga jual yang berbeda-beda untuk satu jenis produk yang sama dalam satu segmen pasar. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi diskriminasi harga misalnya wilayah, konsumen, waktu, kualitas, dan bentuk produk.

 

Buka peluang bisnismu bersama tim konsultan kami. Disini kamu bisa berkreasi dan menumpahkan seluruh ide bisnis yang akan kami bantu untuk merealisasikannya! Konsultasi Gratis Disini!

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

konsultanmanajemen.asia
konsultanbisnis.id

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)