Pentingnya Memilih Supplier yang Tepat

 

Memilih Supplier Bisnis

Stok Barang di Supplier (Ilustrasi: Fulfillman.com)

 

Bagi Anda pelaku bisnis, Anda pasti menyadari banyak hal kompleks yang harus dilakukan untuk menjaga roda bisnis Anda terus berputar. Salah satunya adalah sistem pengadaan yang baik. Peranan pengadaan barang dapat melancarkan perjalanan bisnis Anda. Peran penting supplier dalam bisnis, pastinya sebagai pemasok bahan atau barang, sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Pebisnis yang sudah memiliki bekal ilmu dan berpengalaman selama bertahun-tahun memang sudah punya supplier atau pemasok langganan, sehingga tidak perlu ribet survei lagi. Tapi, bagaimana dengan pebisnis yang baru terjun ke lapangan untuk memulai bisnis? Ya sah-sah saja bagi Anda memproduksi barang dagangan Anda sendiri. Namun, berbeda kasus jika Anda memilih untuk menjual produk dalam skala besar tanpa perlu produksi sendiri. Tentunya, Anda butuh agen pemasok yang lengkap, murah, dan berkualitas kan? Anda tidak perlu khawatir, di artikel ini kita akan membahas pentingnya supplier yang bagus untuk mendukung bisnis Anda dan tips untuk memilihnya.

 

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Supplier

 

“Supplier adalah perusahaan yang memasok produk untuk produk yang akan Anda jual. Ada supplier tipe lain yaitu perusahaan atau toko yang memasok bahan baku produksi untuk pabrik Anda untuk kemudian diolah menjadi barang jadi dengan nilai jual yang lebih tinggi”

Tahukah Anda? Supplier merupakan salah satu rantai yang berperan dalam menjaga stabilitas atau kelangsungan hidup bagi sebagian besar perusahaan. Saya kasih contoh supplier yang memasok bahan baku dari pabrik Anda. Misalkan Anda pemilik pabrik Dimsum atau Frozen Food, Supplier Anda pasti bermacam-macam, mulai dari supplier ayam, supplier tepung, supplier minyak, dan lain sebagainya. Anda harus pandai dalam mengelola beberapa supplier, agar tidak menimbulkan konflik antara Anda dengan supplier. Satu lagi, pilih suppier yang “trusted” atau terpercaya supaya tidak menimbulkan konflik dan bisa menjalin kerjasama dengan para supplier.

 

Mengapa Harus Pakai Supplier?

 

Supplier Bisnis

Diskusi Supplier dengan Pebisnis (Ilustrasi: detaline.eu)

 

Sederhananya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari manusia yang lainnya, berbagi kerjasama dan keuntungan. Sama seperti produsen dan pelaku bisnis. Semua memiliki peran yang sama, tapi fokus mereka berbeda. Produsen melakukan fungsinya untuk memproduksi barang atau produk yang kemudian akan dijual ke pelaku bisnis, istilahnya mereka sebagai pemasok ya. Beda lagi kalau pelaku bisnis, mereka menjalankan tugasnya untuk memasarkan produk yang diperoleh dari produsen tadi. Produk tersebut kemudian dilabeli oleh si pelaku bisnis untuk melakukan branding, strategi marketing, meningkatkan traffic pembeli. Sampai disini, Anda pasti sudah paham bukan?

Tidak semua pebisnis bisa melakukan semuanya sendiri. Bayangkan jika pebisnis itu merancang semuanya dari awal sampai akhir, jatuh bangun sendiri, pasti sulit! Misalnya project membuat produk dimsum, Anda harus belajar ilmu memasak, pemilihan bahan sendiri. pengadaan bahan baku, mempelajari proses produksi, membuat SOP. Coba bayangkan jika ini terus Anda lakukan dengan dana yang minim dan waktu yang terbatas? Ini kurang ekfektif dan efisien.

Perkembangan yang bagus jika memang perusahaan Anda bisa produksi sendiri, distribusi sendiri, jual sendiri, tapi memang butuh waktu dan dana yang tidak sedikit. Sebagai pemain baru, tidak ada salahnya bekerja sama dengan supplier yang tepat, saling berbagi keuntungan dan tentu saja bisa kerja cepat. Tentunya, supplier yang baik dapat membantu bisnis Anda berkembang, pasti menguntungkan Anda. Karena, produk yang ditawarkan akan berkualitas dan konsumen pun loyal terhadap produk Anda. Tapi, kalau supplier Anda tidak berkualitas, tentunya konsumen tidak yakin dengan bisnis Anda. Ada tips buat Anda untuk menentukan supplier yang tepat, agar Anda memperoleh penjualan yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

Tips Memilih Supplier yang Berkualitas

 

1. Jangan Tergiur dengan Supplier Harga Murah

Kualitas supplier harus dijadikan patokan utama dalam memilih supplier bisnis. Apabila kualitas produk buruk, maka sudah dipastikan produk yang akan Anda hasilkan atau jual kembali pun demikian. Sebaiknya, jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah dalam menentukan pemasok bisnis Anda.

Kualitas supplier menjadi taruhannya! Kenapa begitu? Karena sekali Anda memberikan kualitas yang baik untuk pelanggan Anda , maka mereka akan merasa puas. Pelanggan yang puas akan kembali melakukan pembelian kedua bahkan bisa melakukan marketing secara “mouth to mouth” atau mulut ke mulut. Kalau sudah begini, Anda bisa kebanjiran orderan.

2. Memperhatikan Konsistensi Supply Barang dari Supplier

Konsistensi supplier dalam memenuhi order sangat berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang di dalam bisnis yang Anda geluti. Pastikan Anda memilih supplier yang memiliki konsistensi kemampuan dalam memberikan supply pada bisnis Anda. Apabila di tengah jalan supplier bisnis tersebut tidak mampu mengirimkan bahan baku yang Anda butuhkan, tentu saja kredibilitas bisnis Anda turut dipertaruhkan.

Anda juga perlu memperhitungkan dengan cermat hal-hal yang sekiranya dapat mempengaruhi konsistensi supplier bisnis dalam memenuhi order, seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki, hingga jumlah tenaga kerja yang mereka miliki.

3. Menilai Track Record Supplier

Anda harus lebih cermat dalam mencari sumber-sumber informasi terkait supplier bisnis dari forum jual beli, komunitas, marketplace, dan lain sebagainya. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kredibilitas supplier tersebut yaitu dengan melihat track record para pembeli yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

4. Perhitungkan Kemampuan Supplier

Banyak supplier yang melabeli diri mereka memiliki kinerja yang bagus, hal ini belum bisa menjadi patokan ya! Pasalnya, beberapa supplier mengaku sanggup menyelesaikan order yang dipesankan, namun pada akhirnya mereka tidak sanggup menyelesaikannya dengan tuntas. Dengan demikian, pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan.

5. Minta Produk Sampel

Kalau Anda masih ragu, Anda diperbolehkan untuk meminta produk sampel ke calon supplier Anda. Hal ini dapat meyakinkan Anda untuk membuat keputusan lebih lanjut. Apabila produk sampel yang diberikan berkualitas baik, Anda boleh memesannya Jangan ragu untuk kembali mengecek kualitas produk pada pesanan berikutnya.

6. Pilih Supplier dengan Layanan Cepat Tanggap

Anda ingin tahu caranya? Coba mulai order dengan jumlah kecil. Kemudian, lihat sebaik apa layanan yang diberikan, secepat apa respon mereka saat dihubungi pelanggan, dan bagaimana cara mereka menangani keluhan pelanggan. Sebaiknya Anda mengutamakan supplier dengan layanan cepat tanggap,sehingga apabila dibutuhkan sewaktu-waktu mereka dapat diandalkan.

 

Nah, itu tadi sedikit ilmu mengenai supplier dan bagaimana cara memilih supplier yang tepat. Pastikan untuk selalu mengecek ketersediaan barang, agar Anda bisa cepat memenuhi stok barang di gudang Anda.

 

Segera hubungi kami jika Anda membutuhkan bantuan untuk konsultasi mengenai permasalahan umum dan manajemen operasional bisnis Anda. Manfaat apa yang Anda dapat setelah bergabung dengan tim konsultan kami? Profit bisnis Anda akan naik 2 kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan. Tunggu apa lagi? Segera hubungi Konsultan.co. Konsultan.co, BUSINESS GROWTH EXPERT!

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen