Series Yang Lagi Viral di Netflix, SQUID GAME!

Sudah lihat Squid Game yang rilis 17 September 2021? Yang sedang viral di tiktok, instagram, dan youtube, bahkan berhasil menarik seluruh perhatian warga di dunia.

Secara sadar atau nggak sadar sebenarnya banyak pelajaran atau moral value yang bisa kita ambil dari serial Squid Game ini. Mulai dari jalan ceritanya, latar belakang pesertanya yang mengikuti permainan mematikan ini, karakter dari masing-masing peserta, dan plot twistnya yang bikin kaget!

Terutama pesan moral soal keuangan. Serial ini akan menunjukkan secara gamblang betapa pentingnya mengatur keuangan atau financial plan dalam kehidupan pribadi Anda. Ketika berbicara soal financial plan pribadi yang berantakan, maka pada tahap berikutnya pasti akan timbul permasalahan yang dapat mempengaruhi finansial bisnis Anda.

SQUID GAME

SQUID GAME

.

 

“Squid Game mengajarkan kita untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan, jauh terlibat dari utang piutang, hingga tolak ukur kebahagiaan tidak bisa diukur dengan banyaknya nominal harta”

 

1. Bijak Mengelola Dana

Ingat dimana ada scene yang memperlihatkan Gi-Hoon kecanduan main judi? Sudah mampu mendapatkan uang dengan nominal yang cukup, eh malah menyalahgunakannya dengan bermain judi. Disini kita bisa mengambil makna bahwa Gi-Hoon terlalu cepat memenuhi nafsu atau keinginannya untuk mendapatkan uang dengan cepat. Padahal pada akhirnya dia pun juga kalah.

Disini pentingnya bagaimana bijak dalam mengelola keuangan dengan memilih instrumen investasi yang tepat daripada harus memilih jalan pintas dengan berjudi. Dengan bijaknya Anda mengelola keuangan bisnis Anda, Anda tidak akan terjebak dalam kenikmatan sesaat saja. Bahkan keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih banyak jika Anda lebih pintar dan cerdas untuk mempertimbangkan sesuatu.

 

2. Jangan Sampai Utang Bisa Membunuh Anda

Para peserta Squid Game mengikuti permainan mematikan ini pastinya bukan karena tanpa alasan. Yap betul! karena terlilit hutang yang bejibun hingga tak sanggup membayar.

Kejadian ini pasti sering kita temui, tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita. kita bisa buktikan dengan menjamurnya pinjaman online baik yang berijin OJK ataupun tidak berijin. Siap-siap, jika sekali berhutang apalagi dengan nominal yang cukup banyak, maka lama-kelamaan akan menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan Anda ingin berhutang lagi dan lagi.

Hindari berhutang ketika Anda memulai bisnis. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda jangan sesekali berhutang dengan rentenir atau pinjaman berbunga. Namun, jika Anda sudah ada rencana rapi untuk membuat berhutang modal, Anda boleh mempertimbangkannya lagi.

 

3. Asuransi Sangat Diperlukan, Buat Jaga-jaga!

Masih ingat adegan ibu Gi-Hoon yang sedang sakit diabetes akut? Ketika Ibu Gi-Hoon dirawat di rumah sakit, dia mendesak untuk pulang karena gak punya cukup uang untuk membayar tagihan rumah sakit. Padahal pada dasarnya, Gi Hoon tahu kalau asuransi dapat mengcover biaya pengobatan di rumah sakit namun Gi-Hoon tidak memiliki kemampuan penuh untuk membayar premi secara teratur.

Dari studi kasus itu kita bisa belajar bahwa asuransi memiliki peranan yang sangat penting. Karena dengan asuransi akan sangat membantu kita mengcover biaya tak terduga contohnya biaya pengobatan rumah sakit, biaya perbaikan kendaraan, dan lain sebagainya.

 

4. Uang Bukan Segalanya, Tapi Segalanya Butuh Uang!

Seperti yang kita ketahui latar belakang adanya Squid Game ini karena ada salah satu peserta yang menjadi dalang dari permainan yang sangat mematikan ini. Kami tidak akan memberikan bocoran terkait pemain yang memerankan karakter ini. Kita sebut saja karakter “X” yang menggambarkan bahwa kekayaan yang dia miliki tidak lantas mampu menyumbang kebahagiaan sebesar nominal kekayaannya. Justru malah membuatnya semakin menderita. Hal ini memperlihatkan bahwa dengan karakter “X” yang membuat ide permainan ini dengan mengorbankan keselamatan orang banyak.

Bagaimana? apakah hal ini sangat relate dengan kehidupan Anda sehari-hari? Bahwa sebenarnya dengan banyaknya nominal uang untuk kehidupan Anda tidak akan bisa membayar kebahagiaan. Oleh karena itu, bijak dalam mengelola keuangan sangat penting, mulai dari dana kebutuhan pribadi, dana darurat, investasi, tabungan, hingga dana untuk putar balik modal usaha Anda.

 

Itulah keempat hal yang bisa Anda pelajari ketika menonton dan mengambil intisari alur cerita dari film Squid Game ini. Dibalik genre filmnya yang menegangkan dan penuh dengan perang strategi, ternyata banyak pesan bijak bagaimana mengelola keuangan bisnis dengan baik.

 

Lebih lanjut mengenai pengelolaan keuangan agar tidak salah langkah dengan berhutang, ada tips dan trik khususnya. Anda bisa daftarkan bisnis Anda dengan program konsultasi keuangan dari tim kami Saya Mau Konsultasi Keaungan Bisnis Saya, Gratis! 

 

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

konsultanmanajemen.asia

konsultanbisnis.id

konsultan.co

 

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)