BRAND STRATEGY SENJATA RAHASIA MARKETING

SENJATA RAHASIA MARKETING

SENJATA RAHASIA MARKETING

MARKETING, 081398646177, BRAND STRATEGY, BRAND STRATEGY ADALAH

Seorang ahli marketing/pemasaran memberi ungkapan bahwa “Marketing Tanpa Merek seperti halnya memancing tanpa kail”. Pesan ini memberikan arti yang cukup mendasar bagi kalangan bisnis. Berikut kami akan mengulas tentang salah satu senjata perusahaan untuk meningkatkan nilai jual yaitu Brand Strategy. Harapan selanjutnya adalah mendongkrak minat masyarakat tehadap produk tersebut.

Dimana, dengan melakukan pemasaran ini bisa menambah pembeli akan merek yang mereka jual. Sehingga ketika pemasaran itu selesai, ada banyak pelanggan baru yang datang untuk membeli produk.

James Heaton yang tdiak lain adalah ahli pemasaran seperti yang dilansir oleh business2community.com mengatakan strategi Marketing yang Anda lakukan adalah metode yang mendorong pesan Anda diterima di kalangan pelanggan. Sedangkan merek Anda seperti kail yang dibuat untuk menarik perhatian pelanggan.

Sementara itu, James menjelaskan bahwa iklan dalam marketing yang Anda lakukan adalah untuk mengkonversi calon pembeli menjadi pembeli. Dengan iklan tersebut, Anda bisa mempertahankan bagaimana merek Anda bisa mempertahankan bisnis.

Brand strategy adalah hal yang intangible atau tidak berwujud namun akan sangat berharga bagi bisnis kita. Mengapa? Karena brand strategy-lah yang akan menjadi “jiwa” dalam bisnis kita. Seluruh stakeholder yang terlibat dalam sebuah bisnis harus mampu memahami dan menghayati brand strategy mereka.

Oleh karena itu sebuah brand strategy harus mudah dimengerti, namun mengedepankan keunikan yang membuat perusahaan dapat stand out di antara kompetitor lain.

Branding strategy ini pula yang akan membuat merek serta produk yang Anda jual kokoh, membangun hubungan yang penting antara brand Anda dan juga dengan pelanggan Anda. Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga harus bisa mempertahankan pelanggan Anda dari waktu ke waktu.

Idealnya, merek yang solid harus di utamakan daripada pemasaran. Akan tetapi, jika sudah Anda lakukan, bukan berarti Anda terlambat menjalankan Branding strategy dalam pemasaran. Anda bisa melakukan metode ini dimasa yang akan datang untuk meningkatkan merek Anda. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan Branding Strategi sebagai senjata rahasia dalam pemasaran Anda dimasa yang akan datang.

 

MARKETING, 081398646177, BRAND STRATEGY, BRAND STRATEGY ADALAH

Branding adalah tentang pengalaman, dimana ketika Anda memasarkan merek, berikan kesan bahwa merek Anda sudah berpengalaman. Hasil riset menyatakan bahwa, pelanggan sebenarnya tidak terdorong dari slogan yang Anda buat. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengedepankan slogan merek Anda agar di ingat oleh pelanggan.

Menurut neuroscientist Douglas Van Praet,motivasi pelanggan terhadap sebuah merek sebenarnya didorong oleh hala-hal yang jauh lebih mendalam daripada sebuah slogan. Hal yang paling utama adalah ide-ide yang bisa diterima oleh pelanggan dan juga bisa menciptakan kesan.

Sementara iklan yang Anda lakukan adalah untuk membuat kenangan/ingatan tentang merek Anda hingga menciptakan definisi yang mungkin jauh lebih baik sehingga memberikan pengalaman yang baik untuk brand, produk maupun iklan Anda.

Contoh kecilnya adalah, bagaimana Anda mengingat sebuah tempat yang bisa mengingatkan Anda terhadap apa yang dibutuhkan. Misal, ketika Anda pernah melakukan order di Wowrack, dan karena suatu kejadian Anda pindah, kemudian Anda kembali lagi untuk kerja sama dengan Wowrack, dengan demikian, Wowrack sama dengan berhasil melakukan Brand Strategi.

Karena bukan produk saja yang Anda ingat, tapi brand perusahaanlah yang Anda ingat. Bukan karena motto dan lain sebagainya.

Ahli marketing lainnya yaitu Steve Manning percaya bahwa merek dapat menjadi pembeda antara komoditas dengan pengalaman. Masyarakat membeli sebuah produk bukan tanpa pertimbangan, mereka cenderung membeli produk dari beberapa faktor seperti harga ataupun kenyamanan seperti yang ditawarkan ketika memasarkan.

Namun, merek dapat mengubah perusahaan lebih berpengalaman sehingga produk yang dijual menjadi alat untuk dijadikan style dalam mencapai salah satu gaya hidup. Contoh kecilnya adalah gadget, tak peduli seberapa mahal produk yang Anda jual, ketika merek sudah kuat, maka mereka akan berlomba untuk mendapatkan produk tersebut.

 

MARKETING, 081398646177, BRAND STRATEGY, BRAND STRATEGY ADALAH

Setiap Brand Strategy yang sudah disebutkan tadi, harus pula mencakup brand positioning. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1. Pembeli persona dan Target Pasar
2. Produk atau Jasa
3. Faktor pembeda
4. Memiliki nilai unik

Dalam banyak kasus, setidaknya pembeli butuh 3 – 4 kali pembelian untuk bisa percaya pada sebuah perusahaan dan juga produknya. Hal ini terjadi karena, pembeli cenderung memiliki sikap membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lain. Untuk itu, faktor pembeda menjadi penting untuk menonjolkan kelebihan apa yang Anda miliki dan tidak dimiliki oleh produk/merek lain.

Perbedaan antara marketing dengan branding bisa dilihat bagaimana reaksi dari pelanggan Anda ketika baru pertama kali melakukan pembelian. Branding Strategy yang efektif bukan hanya mempengaruhi tingkat pemasaran akan tetapi Anda akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan. Dengan peningkatan nilai penjualan dari Branding Strategy ini, maka bisnis Anda akan berkembang dengan baik.

 

Brand Strategy

Brand StrategyMelalui brand strategy seluruh unsur-unsur yang memiliki kaitan dengan brand (seperti: aktivitas B2B, aktivitas B2C, produk dan service yang ditawarkan) akan dipikirkan sedemikian rupa hingga menjadi satu kesatuan yang terkoneksi satu sama lain dan mendorong konsumen untuk merasakan ikatan emosional dengan brand.

Baca juga Pentingnya Branding dalam Marketing

Brand strategy yang baik akan menjadi roadmap untuk strategi pemasaran, mendorong koordinasi tim, meningkatkan sense of belonging internal perusahaan, meningkatkan kesetiaan konsumen, mengidentifikasi faktor pendukung yang dapat membantu brand untuk berkembang, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Brand strategy juga akan mengilhami seluruh asset brand yang dapat “dirasakan” oleh konsumen, seperti desain produk, packaging, interior toko, dan lain sebagainya.

“The best brand strategy is developed as a creative partnership between the client, the strategist, and the designer.”- Connie Birdsall, Creative Director – Lippincott. 

Apabila artikel ini memberi manfaat dan informasi penting untuk Anda silakan bagikan di social media atau ke klien dan partner kerja Anda agar bisnis mereka dapat segera dijalankan dengan Brand strategy.

Baca Juga Artikel Kami :

https://konsultanmanajemen.asia/kiat-sukses-mendapatkan-kerja-perusahaan-idaman/

https://konsultanmanajemen.asia/dampak-psbb-surabaya-ekonomi-goyah-konsultan-bisnis/

https://konsultanbisnis.id/bikin-ngeri-membludaknya-penumpang-bandara-soetta/

https://konsultanbisnis.id/kabar-gembira-untuk-para-pebisnis-indonesia-penerbangan-komersial-telah-dibuka/

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

Contact Person :

REKO PRABOWO : 081398646177