Segmentasi Pasar Mendukung Jalannya Bisnis Anda

Segmentasi Pasar

Menentukan Target Customer dengan Segmentasi Pasar (Ilustrasi : Companybug.com)

 

Apa Istilah Segmentasi Pasar Dalam Dunia Bisnis?

 

Segmentasi pasar sangat membantu Anda untuk menentukan target customer Anda dan sering Anda jumpai dalam iklan-iklan di media sosial. Bagaimana cara kerjanya? Kami akan memberikan contoh kepada Anda bagaimana implementasi segmentasi pasar.

Anda pasti sudah familiar dengan brand kecantikan “L’oreal Paris”?. Nah, segmentasi pasar dari brand ini menyasar wanita urban atau perkotaan kelas menengah ke atas. Jelas menengah ke atas, karena memang harga rata-rata produknya di atas Rp 100.000,00. Brand ini mengklasifikasi customernya secara detail dan terarah sehingga mereka mampu menjawab kebutuhan customer. Brand L’oreal Paris membuat iklannya seolah-olah terlihat mewah, elegan, cocok untuk target pasarnya. Apakah Anda sudah cukup memahaminya?

 

“Segmentasi Pasar merupakan pembagian kelompok customer yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda pada jenis tertentu. Hasil akhirnya, target customer yang sudah terfilter menjadi satuan pasar yang homogen, sehingga Anda bisa menentukan strategi marketing yang sesuai”

 

Pada intinya, segmentasi pasar ini memudahkan pebisnis untuk mengenal target konsumennya siapa dan kebutuhannya apa. Si pebisnis ini dapat fokus untuk membuat strategi pemasaran dan menetukan tool apa yang cocok untuk menjangkau customer mereka.

 

Manfaat Menerapkan Segmentasi Pasar 

 

Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa tujuan dilakukannya Market Segmentation:

1. Memudahkan dan Mengelompokkan Pasar atau Customer

Seiring berkembangnya waktu dan jaman, minat dan selera konsumen juga akan ikut berkembang. Selaras! Dengan mengelompokkan konsumen yang bersifat homogen, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen. Sehingga, cara marketingnya pun berbeda-beda.

2. Membuat Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Kalau sudah begini, marketing yang Anda lakukan jadi lebih potensial dalam menjangkau customer Anda. Dana yang Anda gelontorkan untuk pemasaran pun tebilang tidak sia-sia karena sudah tau “SIapa” yang akan Anda tarik menjadi pelanggan. Pemasaran yang potensial tentunya merambah online dan offline ya, termasuk dalam menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.

3. Memberikan Layanan Terbaik Sesuai Kebutuhan Customer

Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Dengan melakukan market segmentation, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.

4. Mengenal Kompetitor dengan Sangat Baik

Kompetitor yang dimaksud disini adalah yang memiliki produk dan target pasar yang sama. Anda bisa bisa melakukan trik “ATM” (Amati, Tiru, dan Modifikasi) terhadap kompetitor Anda.

5. Memudahkan dalam Evaluasi Kinerja Pemasaran

Ketika Anda sudah mencoba satu percobaan untuk memasarkan produk Anda, tapi sekiranya masih belum melihat impact yang bagus, coba lagi! Evaluasi kinerja Anda, set program dan strategi baru untuk menembus target pasar Anda.

 

Jenis Segmentasi Pasar Yang Wajib Anda Tahu

 

Dilansir dari artikel guruakuntasi.co.id, jenis segmentasi pasar juga membantu bisnis memperoleh customer pasti sesuai target. Berikut adalah jenis segmentasi pasar.

Segmentasi Geografis atau Lokasi

Segmentasi ini didasarkan pada pembagian wilayah beberapa bagian geografis seperti negara, wilayah, kota dan desa. Pemilihan area geografis yang potensial, dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Segmentasi Demografi

Segmentasi pasar pada bagian ini memaksa Anda harus membagi kelompok-kelompok berdasarkan distribusi usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.

Segmentasi Psikografi

Pengelompokan pasar yang didasarkan pada ciri-ciri kepribadian, yang meliputi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.

Segmentasi berdasarkan Manfaat

Bentuk segmentasi yang mengklasifikasikan pembeli berdasarkan perbedaan manfaat yang mereka cari dari suatu produk adalah bentuk segmentasi yang kuat. Hal ini didasarkan pada sesuatu yang dapat memberikan manfaat bagi customer Anda. Apakah manfaat itu bisa memberikan kualitas yang baik, manfaat secara sosial, memberikan emosi positif atau negatif.

 

Strategi Menentukan Target Pasar yang Tepat Sasaran

 

Setelah Anda memahami ilmunya secara garis besar, Anda dapat memulai untuk “take action” menyusun strategi dan melakukannya saat ini juga. Coba simak cara implemetasi segmetasi pasar yang tepat sasaran.

 

1. Riset untuk Menentukan Target Pasar

Menentukan target inilah yang merupakan komponen penting dalam segmentasi pasar. Anda dapat melakukan survei pasar yang didasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, gaya hidup, dan kebutuhan. Caranya, bisa mencontek dari kompetitor Anda, catat dan buat daftarnya.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan target pasar yang diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan customer. Ada 3 hal dasar yaitu:

a. New Consumer, menentukan segmentasi berdasarkan bisnis baru sehingga Anda perlu mencari konsumen baru.

b. Focused Consumer, Hal ini biasanya dilakukan untuk mencari konsumen yang sudah Anda namun untuk menunjang bisnis yang berkelanjutan.

c. Supported Consumer, Konsumen ini terkait dengan kebutuhan supporting product Anda.

2. Mengetahui Kebutuhan dan Masalah Customer

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu semua kebutuhan calon konsumen, lalu sesuaikan dengan produk yang Anda jual. Untuk bisa mendapatkan informasinya, Anda bisa bertanya langsung kepada calon konsumen atau melakukan serangkaian tes produk.

Jika Anda telah mengetahui masalah konsumen, Anda dapat melakukan klasifikasi keinginan, kebutuhan dan juga masalah konsumen. Hal ini berguna untuk acuan dalam membuat road map strategi bisnis dan juga evaluasi produk.

3. Memahami Perilaku Customer

Selanjutnya Anda dapat mengamati dan menganalisis perilaku konsumen. Coba Anda perhatikan bagaimana konsumen menggunakan produk, keadaan sebelum dan sesudah menggunakan produk, dan juga pola tren yang berkaitan dengan produk tersebut.

4. Analisis Data

Data yang sudah Anda kumpulkan, kemudian diolah untuk menghasilkan data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Dengan membuat data seperti ini, Anda dapat mengetahui peluang produk yang bisa terjual terhadap customer Anda.

5. Menentukan Strategi Pemasaran Produk 

Sesuaikan jenis pemasaran yang sekiranya tepat dengan target yang sudah Anda tentukan. Supaya Anda bisa menentukan tool yang tepat sasaran. Contoh, kalau target pasar Anda ibu-ibu menengah ke atas, Anda pasti sudah tau tool apa yang harus digunakan? Yap! pemasaran melalui media sosial facebook dan grup whatsapp cukup tepat.

6. Evaluasi Respon Pasar Anda

Jika strategi pasar sudah berjalan dan menghasilkan penjualan, Anda perlu tahu respon dari konsumen terutama mengenai kekurangan dari produk. Catat semua masukan yang diberikan konsumen kepada Anda dan segera perbaiki.

 

Itulah sedikit tips untuk Anda bagaimana cara memaksimalkan target segmentasi pasar, agar bisnis Anda bisa berjalan lancar. Tidak hanya segmentasi pasar saja yang harus diperhatikan, manajemen operasional internal bisnis juga harus diperbaiki juga ya.

Segera hubungi kami jika Anda membutuhkan bantuan untuk konsultasi mengenai permasalahan umum dan manajemen operasional bisnis Anda. Manfaat apa yang Anda dapat setelah bergabung dengan tim konsultan kami? Profit bisnis Anda akan naik 2 kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan. Tunggu apa lagi? Segera hubungi Konsultan.co. Konsultan.co, BUSINESS GROWTH EXPERT!

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen