Start Up BIsnis

 

START UP BISNIS, 081398646177, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS, CINERE, CINERE MALL, JAKARTA

Dengan meningkatnya usaha Pemerintah dalam menghadapi wabah virus Covid-19, diiringi dengan dampak yang sangat heboh pada perekonomian. . Saatnya beralih ke Start Up Bisnis, mulailah dengan memilih Konsultan Bisnis anda.

Berikut ini adalah salah satu contoh bisnis properti yang sangat lesu. PT Megapolitan Developments Tbk catatkan rugi bersih sepanjang 2019. Hal tersebut disebabkan belum pulihnya pasar properti Indonesia.
Sekretaris Perusahaan Megapolitan Developments Ouw Desiyanti menjelaskan, kinerja yang kurang gemilang di tahun lalu disebabkan oleh berbagai sentimen baik internal maupun eksternal yang membuat pasar properti tak kunjung pulih.

“Dari nasional ada Pemilu 2019 dan dari internasional ada perang dagang antara Amerika Serikat dengan China,” kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (31/3).
Alhasil, pendapatan perusahaan dengan kode emiten EMDE ini turun 27,43% menjadi Rp 165,18 miliar. Padahal, pada periode yang sama tahun 2018, Megapolitan Developments mencatatkan pendapatan Rp 227,64 miliar.

Baca Juga: Megapolitan Developments (EMDE) Mengerek Porsi Pendapatan Berulang

Adapun pendapatan sewa masih menjadi tulang punggung perusahaan di sepanjang tahun 2019 lalu dengan kontribusi Rp 89,18 miliar atau setara 54% dari total pendapatan. Disusul penjualan ruko dan kios sebesar Rp 13,46 miliar.

Tahun lalu, EMDE juga mencatatkan penjualan tanah kepada PT Citra Marga Nusantara Propertindo sebesar Rp 46,81 miliar atau setara 28% dari total pendapatan perusahaan.
Sayangnya, pendapatan dari penjualan rumah dan apartemen masing-masing anjlok seiring anjloknya perekonomian bagian dunia terdampak Virus Covid-19. Berdasarkan laporan keuangan EMDE, pe penjualan rumah perusahaan hanya Rp 7,64 miliar, atau turun 71,52%. Sementara penjualan apartemen tercatat ambles 90,94% menjadi Rp 8,06 miliar.

“Kami memperlambat rencana pemasaran apartemen di tahun lalu sehingga penjualan di bidang apartemen turun jauh dibandingkan 2018,” jelasnya.
Meskipun begitu, pihaknya masih optimis lantaran pembangunan infrastruktur di area Cinere melalui rampungnya secara parsial Tol Antasari-Depok disebutnya dapat meningkatkan minat. Walaupun, realisasinya belum tercermin dalam laporan keuangan tahun 2019.

START UP BISNIS, 081398646177, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS, CINERE, CINERE MALL, JAKARTA

Wajar saja, hal tersebut lantaran di area tersebut pihaknya memiliki Cinere Mall dan Cinere Bellevue Mall yang merupakan beberapa aset yang menjadi tulang punggung dari pendapatan berulang EMDE.
Dengan penurunan pendapatan tersebut, sepanjang 2019 perusahaan mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 34,38 miliar. Padahal tahun sebelumnya EMDE masih mengantongi laba bersih Rp 15,94 miliar.

Desiyanti menyebut seiring dengan lesunya pasar properti dalam negeri, di sisi biaya tetap EMDE menyumbang kenaikan 9% seiring dengan inflasi. “Akan tetapi, biaya-biaya variabel seperti biaya penjualan turut mengalami penurunan yang sebanding sehingga membuat kami mencatatkan kerugian,” paparnya.

Selain itu, perusahaan juga meningkatkan penyisihan piutang ragu-ragu sebesar 45% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, tahun lalu ada pendapatan lain-lain dari penggantian asuransi kebakaran dengan kontribusi 25% dari pendapatan yang mana pada tahun ini tidak ada.

Mengulas dari contoh menurunnya bisnis properti, saatnya kita Smart untuk memilih bisnis dalam kondisi seperti ini, Start Up Bisnis pilihannya. Dengan pilihan itu sangat lebih baik menggandeng tenaga Konsultan Bisnis terbaik.
Sebagai contoh adalah munculnya berbagai Start Up Bisnis yang diprakarsai oleh generasi Millenial Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, sebelumnya memang generasi millenial di Indonesia hanya tau menyoal menghamburkan uang saja demi memenuhi tren gaya hidup yang semakin tinggi, seperti sering belanja barang yang diinginkan walau tidak digunakan, belanja barang mahal, hangout bareng teman dan sebagainya.

Namun, bagi sebagian generasi millenial sudah mulai mengurangi bahkan meninggalkan kegiatan tersebut dan beralih ke kegiatan yang positif untuk masa depan. Mereka sadar atas apa yang dilakukan sebelumnya hanya membuat hidupnya buruk, bahkan bisa dibilang sulit mencapai sukses.

Bisa dilihat, kian kemari banyak startup bermunculan di Indonesia. Nah, itulah yang sekarang ini dilakukan para generasi millenial, yaitu berlomba-lomba mencapai kesuksesan dengan merintis perusahaan di berbagai bidang yang dikuasainya, seperti fintech, media dan sebagainya.

START UP BISNIS, 081398646177, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS, CINERE, CINERE MALL, JAKARTA

Banyaknya pesaing, tentulah bukan menjadi hal yang mudah dihadapi bagi setiap startup. Hal ini terlihat sangat jelas, melakukan berbagai macam strategi serta tips jitu agar startup terus berjalan dan semakin berkembang.

Berkat kerja sama yang kuat antara CEO dengan timnya, tak sedikit startup milik millenial Indonesia ini terbilang semakin sukses, bahkan hampir semua startup di Indonesia dilirik investor dari luar negeri. Anda yang baru saja mulai merintis perusahaan tentu ingin juga sukses seperti mereka, kan? Yuk, pelajari tips-tips dari mereka agar startup bisa terus maju dan berkembang.

Start Up Bisnis

Start Up Bisnis

Tak perlu ragu akan berbagai tantangan di depan mata, kami akan membantu anda dalam pengembangan Start Up Bisnis anda. Kami Konsultan Bisnis tidak akan membuat janji yang terlalu muluk- muluk, yang kami berikan bukti bahwa anda tidak menyesal bekerjasama dengan kami.

MANFAAT KONSULTAN BISNIS

Ada 3 manfaat utama yang bisa diberikan oleh seseorang businnes consultant. Jika anda bisa mendapatkan ketiganya, maka bisa dibilang anda memanfaatkan jasa konsultasi bisnis tersebut dengan maksimal.

1. Mendeteksi Masalah

Tugas utama seseorang businnes consultant adalah mendeteksi masalah yang ada dalam sebuah perusahaan. Baik masalah yang sedang kamu alami ataupun masalah yang akan muncul kapan pun.
Seseorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, memahami detil seluk beluk setiap operasi pada bidang bisnis yang anda alami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang busines consultant akan dengan gampang menedeteksi.

2. Membantu perencanaan bisnis

Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti untuk menigkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi dipasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.

3. Nertwork yang besar

Manfaat yang ketiga ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahaljika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

APA SAJA BONUS LEBIH DARI KONSULTAN BISNIS UNTUK PERUSAHAAN ?

Dari apa akan kami lakukan sebagai proses menuju autopilot tersebut kiranya akan menjadikan perusahaan menjadi manajemen yang autopilot. Transformasi yang akan dilakukan ini amat sulit apabila tidak disertai dengan pelatihan-pelatihan kepada karyawan yang berkompeten di bidangnya.

Mulai pelatihan pembangunan karakter pekerja, service excellence, komunikasi, penjualan, team work, managerial skill, dan lainnya dimana pelatihan- pelatihan tersebut dapat mengasah keahlian para pekerja untuk menjadi professional.

Dengan adanya tenaga tenaga handal maka kami sebagai konsultan bisnis akan dapat mewujudkan keinginan dari Pebisnis untuk menuju manajemen Start Up Bisnis tanpa ada keraguan.

Pembaruan dari system Start Up Bisnis ini tidak lepas dari pembaruan skill, knowledge dan attitude dari para karyawan yang ada di perusahaan. Oleh karena hal tersebut dapat mengubah pola kerja dalam organisasi sangat tidak mudah perlu asahan-asahan yang sangat berarti.

Organisasi yang berubah tentunya organisasi yang harus dibentuk dengan tahap demi tahap tidak bisa langsung jadi alias instant. Oleh karena itu agar transformasi berjalan mulus maka diperlukan banyak sentuhan manajerial dan pelatihan khusus. Tidak hanya di sisi teknologi tetapi juga karakter dari manusia-manusia yang bekerja.

Melihat kesuksesan orang lain, tentunya kita juga ingin sukses dong? Bagi Anda yang sudah memiliki keputusan ingin merintis sebuah perusahaan dari bawah, tak hanya ide bisnis yang kuat tapi pelajari juga tips-tips cerdas dari startup lain yang sudah sukses. Kami akan membantu anda dengan ide, penyelesaian masalah dan eksekusinya.

Jangan ragu melangkah dan memulai berikut tips cerdas untuk anda dalam memulai Start Up Bisnis anda :

1. Jadilah Founder yang Cerdas

Menjamurnya startup dibidang apapun tentu memiliki pesaing yang bisa dibilang tidak boleh dianggap remeh, sebab satu sama lain bersaing ketat meningkatkan kualitas masing-masing startup. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi founder sebagai pemimpin memajukan bisnis yang dijalani.

Dengan begitu, menjadi founder yang cerdas sangat diperlukan. Artinya, sebagai pemimpin perusahaan haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap karyawannya, mampu menganalisa setiap bidang yang ada di dalamnya, paham soal manajemen, memiliki kemauan belajar yang kuat dan sebagainya. Kecerdasan yang dimiliki founder akan sangat berdampak positif terhadap kemajuan dan perkembangan startupnya.

2. Rekrut Orang Jenius

Merintis perusahaan baru memang tidak mudah dan butuh waktu menyoal tumbuh kembangnya perusahaan. Namun, janganlah khawatir, kesuksesan bisa digapai dengan mudah asalkan memiliki tim yang kuat antara founder dan karyawannya.

Demi tercapainya harapan tersebut, sebagai founder tentu harus pandai merekrut orang yang akan bergabung di perusahaan, misalnya saja memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dalam hal menciptakan ide yang sangat bagus untuk menggaet target pasar, orang yang ahli pemograman, marketing dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Sebab Bisnis Startup Bisa Gagal

3. Visi dan Misi sebagai Landasan Utama

Tanpa adanya landasan yang kuat, startup yang dijalankan pastinya akan berantakan. Agar hal tersebut bisa dihindarkan, maka buatlah rencana yang matang dengan menyusun dan menentukan visi dan misi yang kuat.

Pikirkan dengan matang menyoal apa yang Anda harapkan terhadap bisnis atau perusahaan bisa dijadikan sebagai tujuan atau visi yang harus dicapai. Sementara cara atau strategi atau tahapan mencapai tujuan merupakan misi yang harus disusun dengan tepat. Hal ini menjadikan startup bisa berjalan sesuai dengan harapan.

4. Bangun Sosial Media yang Kuat

Di zaman sekarang ini, media memiliki kekuatan yang tinggi menarik terget perushaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Bagaimana tidak, hampir semua orang aktif menggunakan sosial media setiap harinya, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Maka bila sebuah startup memiliki branding yang kuat di sosial media yang digunakan, dapat dipastikan masyrakat yang menjadi sasaran target akan terus berdatangan.

5. Berani Berinovasi

Salah cara yang ampuh bersaing ketat ditengah maraknya startup adalah adanya inovasi yang dilakukan pada perusahaan. Janganlah takut gagal, justru dengan berani berinovasi akan menunjukan kualitas perusahaan kepada masyarakat luas sehingga bisa menarik taget pasar. Hal tersebut sangat memberikan untung yang lumayan besar di masa mendatang.

Start Up Bisnis

Start Up Bisnis

Tetap Semangat Capai Startup yang Sukses

Mencapai kesuksesan memang tidak bisa diwujudkan dengan cara yang instan, karena harus ada proses yang harus dilalui untuk menggapainya dan hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. Percaya dirilah kalau Start Up Bisnis yang Anda miliki saat ini akan mencapai sukses di hari yang akan datang. Jangan pernah mudah berpuas diri pada setiap pencapaian, teruslah belajar agar startup semakin maju.

Tetap semangat!

Tahukah anda apa itu Start Up Bisnis? Mungkin hanya sebagian kecil saja orang tahu dengan jenis bisnis strartup ini. Kata startup sendiri adalah serapan dari bahasa inggris yang menunjukan sebuah bisnis yang baru dirintis.

START UP BISNIS, 081398646177, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS, CINERE, CINERE MALL, JAKARTA

Menurut sumber informasi dari Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.
Dari definisi diatas dapat kita simpul bahwa bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang.

Namun, Start Up Bisnis ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak. Dan banyak pula berkembang perusahaan Start Up Bisnis baru di Indonesia.

Dari berbagai sumber kami mendapat beberapa karakteristik perusahaan startup.

Silahkan baca beberapa karakteristik berikut ini:

1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
4. Masih dalam tahap berkembang
5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
7. Biasanya beroperasi melalui website

Kebanyakan beberapa karakteristik bisnis startup ini dan pelakunya lebih condong bergerak dibidang teknologi, website dan hal yang berbaur internet. Dan kebanyakan berasal dari kalangan anak muda yang saat ini berpikiran jauh lebih maju daripada pebisnis lama.

Berbekal teknologi dan alat komunikasi yang memadai, membuat semua bisa jadi pebisnis Start Up.

Bagaimana Perkembangan Bisnis Startup Di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri perkembangannya cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia.
Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup. Tak menutup kemungkinan anda salah satu dari kebangkitan dan kemajuan Start Up bisnis masa depan.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.
Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit.

Baca Juga Artikel kami :
https://konsultanbisnis.id/pembelajaran-dolce-gabbana-konsultan-bisnis-manajemen/,
https://konsultanbisnis.id/pilihan-cerdas-tingkatkan-atau-hancurkan-bisnismu/

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

Contact Person :

REKO PRABOWO : 081398646177