Raup Untung, Bisnis Skin Care dan Kosmetik Naik Daun

konsultan.co

Raup Untung, Bisnis Skin Care dan Kosmetik Naik Daun

Dalam 2 tahun terakhir, makin banyak beautypreneur yang mengembangkan brand kosmetik dan skincare lokal. Hal ini tidak lepas dari besarnya peluang bisnis dalam bidang tersebut. Apalagi kesadaran wanita Indonesia untuk tampil cantik dengan kulit yang sehat makin tinggi. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2018, perkembangan industri kosmetik nasional mengalami pertumbuhan 20% atau empat kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional pada 2017. Salah satu tren skincare dan kosmetik yang saat ini tengah berkembang adalah back to nature atau yang memiliki berbagai kandungan alami karena dinilai lebih aman dan mengandung berbagai antioksidan.

maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis skin care berpeluang besar untuk dikembangkan diindonesia, nah berikut merupakan tips untuk memulai bisnis skin care atau prodak kecantikan lainnya.

1. Cari Tempat Usaha yang Strategis

Jika ingin berdagang secara offline, pastikan toko kosmetik yang dibangun terletak di lokasi yang strategis. Yang terpenting adalah areanya berdekatan dengan ruang publik yang ramai didatangi kaum hawa seperti di mall, butik, salon kecantikan dan lain-lain.

Lokasi ini sangat penting bagi bisnis kosmetik. Karena peluang produk laris sangat besar dibandingkan menjualnya di lokasi sepi pengunjung. Apalagi di tempat yang sebagian besar tamunya adalah pria. Seperti wahana fitness, rental game console, warnet dan lain-lain.

2. Target Pasar

Cara bisnis kosmetik yang kedua adalah tentukan target pasar. Kalau perlu, catat siapa saja konsumen yang akan menjadi sasaran produk.

Ini sangat penting, karena tidak hanya terkait dengan ketepatan produk dengan pelanggan tetapi juga mempermudah untuk memesan produk tertentu kepada perusahaan sesuai dengan usia, jenis kulit dan merek kosmetik favorit dari pelanggan yang menjadi sasaran.

Contohnya, Anda juga bekerja sama dengan salon kecantikan untuk menempelkan poster, membagikan flyer, atau meminta pemilik salon untuk merekomendasikan produk Anda dengan sistem bagi hasil.

3. Konsep Usaha

Untuk membangun bisnis, konsep usahanya harus jelas. Begitu juga dengan menjual kosmetik. Penting bagi Anda untuk membangun usaha dengan fundamental yang jujur dan berorientasi pada pelanggan.

Anda harus menentukan bagaimana bentuk bisnis yang akan dijalankan. Apakah dalam bentuk agen, waralaba, membangun perusahaan inti atau sekadar membuka stand kosmetik di pameran-pameran.

4. Pastikan Kualitas Kosmetik Terbaik

Kosmetik adalah produk yang langsung bersentuhan dengan kulit. Apalagi make up. Sehingga efek samping kesehatan terkadang muncul. Ini yang ditakutkan perempuan ketika membeli sebuah kosmetik.

Maka dari itu, untuk yang ingin berbisnis kosmetik, pastikan produk yang dipajang memiliki kualitas tinggi dan baik. Tidak hanya itu, bahannya juga harus aman dan tidak merusak kulit. Anda bisa membaca efek samping menggunakan kosmetik murah dan ilegal melalui link ini.

5. Usaha Kosmetik Online Di Rumah

Cara berbisnis kosmetik yang bagus di jaman ini adalah berjualan secara online. Kelebihannya adalah tidak perlu mengeluarkan modal untuk membangun toko. Namun, pelanggan yang disasar jauh lebih besar.

Caranya adalah tinggal memasarkan produk yang ada di rumah melalui media sosial. Jika ada yang memesan, pedagang tinggal mengirimkan barang tersebut ke alamat yang bersangkutan.

6. Pemasaran yang Efektif

Tips berbisnis kosmetik yang tidak boleh dilupakan adalah lakukan promosi maksimal. Pedagang tidak boleh malas upload produk di You Tube, Facebook, Market Place, blog dan sebagainya. Karena dengan aktivitas ini, produk yang dijual akan dikenal banyak orang.

Anda bisa juga menggunakan jasa endosement melalui instagram, untuk tips dan triknya Anda bisa membacanya melalui link ini.

7. Persiapkan Modal Usaha

Tertarik membangun bisnis kosmetik? persiapkan modal usaha saat ini juga. Baik modal untuk memesan produk ke perusahaan atau pedagang besar, maupun modal membangun lapak beserta perabotnya.

Modal operasional adalah modal pendukung yang harus juga diperhatikan. Seperti biaya untuk gaji karyawan, biaya listrik dan sewa toko jika berjualan secara offline.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pembukuan dalam bisnis kosmetik yang akan Anda bangun, Anda bisa menggunakan software akuntansi. Gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau untuk bisnis yang baru Anda rintis, karena bisnis yang baru dibangun biasanya memiliki modal operasional yang ketat.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi terbaik pembukuan bisnis rintisan. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang menetapkan 1 harga untuk semua fitur, tanpa perbedaan harga, tanpa batasan penggunaan fitur. Hanya 200 ribu perbulan Anda bisa menikmati pembukuan mudah yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu entitas bisnis dan memangangkan Top Brand Award sejak tahun 201 6 sampai dengan 2019 untuk kategori software akuntansi terbaik pilihan konsumen Indonesia.