KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

Terbaik,+62 813 – 9864 – 6177,Sukses Bisnis Retail, Kunci Sukses Bisnis Retail, Cara Sukses Bisnis Retail, Tips Sukses Bisnis Retail, Kiat Sukses Bisnis Retail

Image result for sam walton and walmart

Membicarakan tentang bisnis ritel, tentunya kita tidak bisa lupa dengan kesuksesan Sam Walton yang berhasil mengantarkan Wal-Mart sebagai salah satu perusahaan publik terbesar ketiga di dunia menurut Fortune 500 Global pada tahun 2012 silam. Memiliki sedikitnya 8.500 toko yang tersebar di 15 negara, pada tahun 1992 yang lalu (tepatnya saat ditinggalkan wafat oleh Sam Walton) bisnis ritel tersebut memiliki kekayaan hampir mendekati $ 25 miliar USD. Bisa anda bayangkan bukan seberapa besar keuntungan yang didapatkan Wal-Mart?

Didirikan Sam Walton pada tahun 1962, bisnis ritel tersebut telah beroprasi dibeberapa Negara besar. Seperti misalnya di Argentina, Brazil, dan Britania Raya dengan mengusung nama ASDA, di Negara Jepang menggunakan nama Seiyu, di Kanada dan Meksiko beroprasi dengan nama Walmex, serta ribuan took lainnya juga tersebar di berbagai belahan dunia dengan mengusung nama yang berbeda beda. Kabarnya pada tahun 1990-an Wal-Mart sempat beroprasi di Indonesia, namun kemudian ditutup karena tidak sesuai dengan kondisi pasar dinegara kita.

Terlepas dalam lika liku perjalanan bisnisnya,ternyata kita bisa mengambil banyak pelajaran penting dari kesuksesan Sam Walton dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya. Penasaran dengan rahasia sukses Sam Walton dalam membangun bisnis ritel ?

Berikut kami informasikan lima tips bisnis yang dijalanankan Sam Walton ketika mengembangkan kerajaan bisnisnya.

Pertama , selalu memegang komitmen dalam berbisnis. Sebelum terjun kedunia usaha, pastikan anda mencintai pekerjaan yang anda lakukan, agar kedepannya anda bisa memegang komitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang anda kerjakan.

Kedua, jadikan karyawan anda menjadi mitra bisnis. Bagi Sam Walton tidak ada istilah atasan dan bawahan, baginya rekan kerja perlu diperlakukan sebagai mitra bisnis. Bila perlu hadiahkan saham sebagai bekal pensiun para karyawan agar mereka semakin termotivasi dalam bekerja dan merasa memiliki perusahaan tersebut.

Ketiga,  selalu berusaha memuaskan para konsumennya. Meskipun perusahannya menjadi salah satu perusahaan ritel terbesar didunia, namun Sam Walton tidak pernah mengecewakan konsumennya. Ia selalu melengkapi tokonya dengan barang barang yang relatif murah,memberikan diskon yan cukup besar, memilih lokasi yang mudah dijangkau, dan buka pada hari libur.

Keempat, harus bisa mengendalikan biaya pengeluaran. Siapa sangka perusahaan ritel sebesar Wal-Mart masih berusaha mengendalikan  biaya pengeluaran untuk bisa mengungguli kompetitornya. Strategi bisnis inilah yang perlu dicontoh para pelaku UKM di Indonesia, agar perencanaan bisnisnya sesuai dengan anggaran yang mereka miliki.