PPKM Level 3 Batal? Apa Cuma Ganti Nama?

PPKM Level 3 Batal

             (Sumber: Tribunnews) PPKM Level 3 Batal?

(PPKM Level 3 batal) Ada rumor dan berita yang menyatakan jelas bahwa adanya kebijakan PPKM level 3 yang diusulkan pada masa Natal dan Tahun Baru yang akan dicanangkan pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 akan batal. Sebenarnya kebijakan ini tidak menyatakan batal secara gamblang, namun penetapannya berubah secara lebih spesifik dan disesuaikan dengan kondisi dan asesmen masing-masing wilayah.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Jenderal Tito Karnavian yang dikutip dari sumber Kompas.com (07/12/2021), Beliau menegaskan bahwa penerapan PPKM Level 3 batal karena tidak bisa dilakukan di semua wilayah karena kalau menggunakan istilah Level 3 nanti (berlaku) di semua wilayah, sehingga judul yang tepat nanti akan diganti dengan pembatasan kegiatan masyarakat di masa Nataru, 24 Desember – 2 Januari.

PPKM Level 3 Batal Karena Tidak Bisa Di Generalisir Di Seluruh Wilayah Indonesia

Terdapat alasan yang mendasar terkait perubahan nama “PPKM Level 3” yaitu disebabkan karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir relatif landai dan angka penularannya pun terbilang rendah. Terlihat dari tahun lalu yang menembus angka hingga puluhan ribu sekarang penurunannya pun sangat melandai di angka ratusan hingga ribuan saja. Sehingga PPKM pun tidak bisa digeneralisir di seluruh wilayah karena status pasien yang positif di setiap kota berbeda.

Menurut survei pun, herd immunity atau kekebalan kelompok sudah secara murni terbentuk karena gencarnya diadakan vaksinasi rutin. Berdasarkan faktor-faktor di atas, penerapan PPKM Level 3 se-Indonesia dinilai terlalu ketat, padahal ada sejumlah daerah yang menunjukkan perbaikan dari mulai vaksinasi yang terus dan rutin dilakukan, menurunnya jumlaj kasusu positif dan mulai terbentuk herd immunity. Jadinya, PPKM secara nasional tidak serta merta bisa dilakukan secara ketat dan menyeluruh.

Masih Ada Aturan dan Pengetatan Secara Khusus, Agar Tidak Lalai

Meskipun begitu, pemerintah lantas tidak membiarkan tanpa aturan dan pembatasan. Pembatasan akan tetap dilakukan untuk menerapkan social distancing dan kedisiplinan dalam aktivitas bermasyarakat. Peraturan yang ditegaskan masih berhubungan dengan penggunaan aplikasi peduli lindungi, tes swab dan antigen, vaksinasi lengkap, syarat untuk perjalanan dalam negeri ataupun luar negeri.

Pembatasan aktivitas berskala besar atau perayaan Nataru juga diterapkan di fasilitas publik seperti hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata, dan tempat keramaian umum lainnya. Selain itu, jam operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan tempat wisata diizinkan dengan kapasitas maksimal 75 persen dan pengunjung yang diperbolehkan untuk orang dengan kategori hijau di aplikasi PeduliLindungi.

Adakah Peluang Buat Pebisnis Untuk Jualan Saat Masa-masa Nataru?

Dengan adanya kebijakan pembatalan PPKM Level 3 pada dasarnya dapat membawa angin segar bagi pengusaha. Disini pemerintah masih memberikan 75% kapasitas pengunjung yang diperbolehkan untuk memasuki kawasan pusat perbelanjaan atau mall. Para penjual masih bisa membuka stand nya saat masa-masa Nataru, memaksimalkan penjualan lewat pelayanan yang memuaskan, menu dan promo baru, serta memanfaatkan aplikasi pesan antar yang marak sudah di aplikasikan oleh beberapa stand makanan dan minuman.

Pembatalan ini membawa angin segar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan prediksi sekitar 3,7-4,5 persen memiliki peluang lebih besar untuk bisa tercapai. Seluruh pihak memang harus integrasi dan kerjasama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang sudah ditargetkan bersama.

Keleluasaan yang diberikan pemerintah untuk sektor ekonomi tidak seharusnya dimanfaatkan tanpa menjalani protokol yang sudah ditetapkan pemerintah. Salah-salah jika diselenggarakan tanpa protokol kesehatan yang ketat, malah akan membuat bom lonjakan Covid-19 di Tahun 2022. Pelaku usaha diharapkan dapat tetap beroperasi dengan menjalankan prokes secara ketat di tempat usaha masing-masing.

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

konsultanmanajemen.asia

konsultanbisnis.id

konsultan.co

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)