Pentingnya Menggunakan Jasa Konsultan Bisnis

Jasa Konsultan Bisnis

Ilustrasi : seek.com.au

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, baik yang sudah punya bekal ilmunya atau masih benar-benar newbie, tentu tidak bisa langsung meraup kesuksesan dalam hitungan bulan. Membangun bisnis memang terasa sulit di tahun-tahun pertama, karena masih dalam tahap trial and error, tahap menentukan komposisi produk yang pas, mencari supplier yang cocok, branding bisnis, dan mencari pelangaan tetap. Jika sudah begini, profit usaha dapat mengikuti seiring berjalannya bisnis Anda.

Disiplin, ulet, konsisten, kreatif merupakan salah satu dari banyak sifat yang harus dimiliki oleh pebisnis yang ingin sukses. Namun, kadang kala Anda sebagai seorang pebisnis mengalami kendala ketika bisnis sudah mulai berjalan di tengah jalan, atau justru di awal-awal berbisnis. Terkadang pemikiran dari Anda sendiri pun sudah stuck dan sulit untuk mengembangkannya. Ada saatnya Anda butuh penasehat, mentor, atau konsultan bisnis untuk mendampingi Anda mencapai target berbisnis.

Memang butuh effort lebih ya, butuh waktu dan biaya yang cukup untuk menggunakan jasa konsultan bisnis. Tapi perlu Anda ingat, peran konsultan bisnis sangat membantu Anda mencapai perkembangan usaha dan memaksimalkan profit Anda hingga berlipat-lipat. Apa saja ya kira-kira keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa konsultan bisnis? Simak uraiannya berikut ini.

 

1. Paham dan Berpengalaman dengan Kondisi Lapangan 

Secara teoritis, ilmu bisnis memang bisa dipelajari dengan kursus, ikut seminar dengan coach-coach andal, mengikuti pendidikan bisnis, dan sejenisnya. Namun, berbeda kasus jika ditangan konsultan yang sudah tahu akan kondisi lapangan, mereka akan tahu permasalahan utama yang biasa dihadapi para pebisnis dan langsung “klik” dengan solusi yang diberikan.

 

2. Mengetahui Problem Utama dari Bisnis, Merencanakan dan Menyelesaikannya

Seorang pebisnis yang menemui kesulitan ketika menjalani bisnisnya, mungkin saja dia akan menerka-nerka, apa penyebabnya? dimana titik permasalahannya? dan tentu saja bagaimana penyelesaiannya. Tidak salah jika Anda harus menerka dan menyimpulkan solusinya berdasarkan pemikiran Anda sendiri. Tapi, ada risiko yang harus Anda tanggung sendiri, jika permasalahan bisnis bisa diselesaikan tapi tidak sampai di akar-akarnya, masalah pasti timbul lagi!

Inilah perbedaan jika menyewa jasa konsultan bisnis, konsultan akan mencari masalah hingga ke akar utama problem, mencari sumber problem, dan menyelesaikannya dengan teori, ilmu dan segudang pengalaman yang sudah didapat selama bertahun-tahun.

 

3. Menanamkan Kreativitas Bagi Anda Si Pemilik Bisnis

Lagi-lagi menyoal tentang pengalaman! Karena memang pengalaman adalah guru terbaik. Karena berangkat dari pengalaman, konsultan mampu menawarkan perspektif baru kepada Anda, si pemilik bisnis untuk “thinking out of the box” dan menghasilkan ide-ide baru untuk perkembangan bisnis Anda, dan itu bisa sangat membantu. Konsultan dapat berbagi wawasan berharga yang mendorong pemikiran kreatif internal kamu.

 

4. Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Business Consultant sangat detail dalam merencanakan target dan konsisten dalam membimbing kliennya untuk mencapai target perusahaan. Konsultan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berdampak pada peningkatan profit bisnis, karena sudah direncakana matang-matang. Peningkatan profit akan berkembang seiring dengan perbaikan sistem bisnis Anda secara signifikan.

 

5. Training Secara Langsung Bersama Ahlinya

Seorang konsultan bisnis yang baik tidak hanya sekedar memberikan nasihat, ilmu, masukan, ide-ide dan sebagainya. Namun, dia juga akan memberikan arahan dan membimbing secara perlahan tapi pasti, menuntun si pemilik usaha hingga mampu mencapai target yang diinginkan. Tidak mendikte secara keseluruhan, karena keputusan tetap ada di tangan Anda, sebagai pemilik bisnis.

 

Hal-hal yang Harus Anda Pertimbangkan Ketika Memilih Jasa Konsultan Bisnis yang Berkualitas

Pertimbangan Memilih Jasa Konsultan

Ilustrasi : US News and World Report

 

Setelah Anda mengetahui manfaat dan keuntungan menggunakan jasa konsultan bisnis, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan dengan matang apakah hasil dan manfaat yang diperoleh sesuai dengan harga yang ditawarkan. Anda harus cermat dalam melakukan survei dengan tepat dan dengan sumber terpercaya. Pastikan jasa konsultan yang Anda pakai harus berpengalaman terutama dari segi lapangan, karena kondisi lapangan merupakan medan nyata yang harus Anda hadapi ketika berbisnis, alih-alih lebih utama daripada teori yang sudah Anda pelajari bertahun-tahun.

Simak uraian berikut ini tentang hal-hal yang dapat menuntun Anda untuk memilih jasa konsultan bisnis yang tepat.

 

1. Memastikan Pengalaman Jasa Konsultan dalam Menangani Bisnis Klien

Tips memilih konsultan bisnis dan usaha adalah dengan menggali pengalaman konsultan dalam melayani klien. Dalam hal ini, pebisnis atau calon pengguna jasa bisa melihat portofolio. proyek, atau klien yang pernah dilayani.

 

2. Konsultan Berpengalaman Pasti Punya Testimoni Bagus dari Kliennya

Telusuri dan nilai secara objektif, testimoni yang sudah diberikan oleh klien terhadap jasa konsultan yang akan Anda pakai jasanya. Pastikan testimoni klien meyakinkan, dan sekiranya mampu memberikan usaha Anda keuntungan dalam jangka panjang.

 

3. Pertimbangkan Harga, Konsultan Berkualitas Menawarkan Harga yang Bersaing

Konsultan bisnis yang profesional dan berpengalaman sudah pasti akan menawarkan harga yang bersaing terhadap kliennya, tidak sembarangan mematok harga. Jangan tergiur dengan harga jasa konsultan yang murah, bisa saja pelayanan tidak maksimal, asal-asalan dan belum terlalu profesional di bidangnya.

 

4. Jangan Segan untuk Komunikasi Secara Langsung dengan Calon Konsultan Anda

Jika Anda ragu untuk menyewa jasa konsultan bisnis, Anda bisa langsung menghubungi konsultan tersebut untuk sekedar menanyakan layanan apa yang bisa memberikan benefit untuk usaha Anda. Berilah penilaian ketika berbicara dengan konsultan tersebut, apakah konsultan tersebut tampak meyakinkan atau tidak. Ingat, jika konsultan yang baik adalah yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

 

Berdasarkan uraian diatas, apakah kamu masih tertarik memakai jasa konsultan bisnis? Intinya, penting untuk mencari sebanyak mungkin informasi dan pilih konsultan bisnis yang paling tepat dan profesional.

 

Baca Juga artikel kami :

https://konsultanbisnis.id/saatnya-digitalisasi-usaha-mikro-kecil-menengah-bagi-terdampak-pandemi-virus-corona/https://konsultanbisnis.id/rujak-incess-syahrini-sumenep-pembeli-membludak-omzet-naik-tajam/ ,  https://konsultanmanajemen.asia/profesi-artis-tak-menjamin-lolos-ujian-covid-19-konsultan-bisnis-manajemen/ https://konsultanbisnis.id/razia-jam-malam-surabaya-mulai-digelar-waspada-warga-

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen