Pilih Laman

Pada masa pandemi seperti sekarang memulai bisnis sembako adalah sebuah peluang untuk meraup keuntungan. Pasalnya bisnis sembako merupakan salah satu bisnis yang bertahan saat ini karena adanya pandemi atau tidak, semua orang tetap membutuhkan sembako untuk makan dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

 

Saat ini toko sembako menjadi alternatif masyarakat agar dapat berbelanja kebutuhan pokok dengan jarak yang lebih terjangkau. Tidak sedikit toko sembako yang menawarkan jasa layanan antar dengan demikian masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut tanpa harus keluar dari rumah. Selain itu faktor yang dapat menarik minat pelanggan dari toko sembako yaitu harganya yang lebih murah daripada minimarket atau supermarket.

Bisnis sembako merupakan pilihan usaha bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tetapi tidak meninggalkan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga yang mengurus keluarganya. Kebanyakan bisnis ini berlokasi pada permukiman mereka atau lokasi tidak jauh dari rumah mereka.

Keuntungan menjalankan bisnis sembako tidak terlalu banyak atau tipis dalam penjualan setiap produknya. Apabila anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar anda juga harus menjual berbagai produk-produk mulai dari sembako hingga perlengkapan toilet dan lain sebagainya. Anda juga dapat menjual air mineral galon, LPG hingga menyediakan layanan pengisian pulsa token dan lainnya. Dengan demikian omzet anda akan bertambah.

Namun, sebelum memulai bisnis sembako ini anda harus menyusun perencanaan yang matang untuk bisnis tersebut agar dapat berjalan dan dapat meraup keuntungan yang anda inginkan. Lalu, perencanaan seperti apa yang wajib anda susun ? Yuk simak artikel berikut.

1. Mencari Supplier Termurah dan Terpercaya

 

 

 

Mencari suplier yang memiliki produk dengan harga murah serta terpercaya merupakan sebuah keharusan. Sebab, apabila anda mempunyai suplier dengan harga termurah dan terpercaya maka memberikan dampak yang berkaitan dengan keuntungan yang anda peroleh juga dapat meningkat. Misalnya, pada saat ini di pasaran harga beras merk lele 9.500/kg mereka mendapat harga 9.000 dari suppliernya. Keuntungan yang mereka dapat yaitu 500/kg sedangkan supplier anda memberi anda harga beras merk lele 8.500/kg. Kemudian anda menjual 9.200/kg  maka keuntungan yang anda peroleh 700/kg. Kesimpulan dari contoh tersebut yaitu anda memiliki keuntungan lebih 200/kg dari harga pada pasaran saat ini. Serta anda mendapatkan harga lebih murah 500 rupiah/kg dari supplier anda.

2. Modal dan Sasaran yang Tepat

Memperhitungkan modal agar sesuai dengan perencanaan anda merupakan sebuah keharusan. Modal yang anda miliki harus anda minimalisir sebisa mungkin sehingga dapat mempunyai persediaan barang yang bermacam-macam dan cukup untuk biaya yang anda butuhkan lainnya. Contohnya, anda dapat memulai membuka usaha tersebut dengan memanfaatkan teras rumah anda sehingga anda tidak perlu menyewa lokasi untuk bisnis yang akan anda jalani. Dari segi Karyawan juga tidak perlu menyewa terlalu banyak karena anda juga dapat handle sendiri. Apabila anda melakukan dua hal tersebut maka anda dapat menghemat pengeluaran tersebut. Sehingga dapat anda gunakan untuk membeli pasokan sembako yang akan anda jual nantinya.

3. Menentukan Jenis Barang Hingga Merk 

 

 

 

Dalam menjalankan bisnis sembako anda wajib menentukan jenis barang serta merek yang akan anda jual. produk yang akan anda jual tentunya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat. Melakukan riset merupakan hal pertama yang dapat anda lakukan dengan cara menganalisis merek yang masyarakat sukai. Hal tersebut akan memberi dampak terhadap hasil penjualan serta dapat meminimalisir barang dengan merek tertentu yang tidak laku karena tidak ada minat pelanggan untuk membeli merek tersebut. Setelah itu anda dapat mencari variasi merek dan ukuran dari masing-masing barang yang telah anda lakukan sebelumya.

4. Melakukan Pembukuan 

Dalam berbisnis sebuah pembukuan tidak boleh anda abaikan. Sebab, pembukuan merupakan hal yang sangat penting sebagai acuan anda untuk mengetahui aliran kas masuk dan kas keluar anda. Tidak sedikit bisnis kecil yang gulung tikar karna tidak menyadari betapa pentingnya melakukan pembukuan dalam suatu kegiatan bisnis. Pembukuan yang rapi dan tepat dapat membantu bisnis toko sembako anda menjadi lebih berkembang. Apabila anda tidak paham tentang pembukuan anda dapat sewa jasa konsultan untuk membantu mengatasi masalah laporan keuangan bisnis anda.

5. Promosi 

 

 

 

Strategi pemasaran dalam bisnis sangat anda butuhkan agar orang dapat dengan cepat mengenal bisnis atau produk yang anda jual. Promosi dapat anda lakukan mulai dari kalangan terdekat anda seperti kerabat dan tetangga lainnya dengan melakukan syukuran dan lain sebagainya. Media sosial juga dapat menjadi alat promosi bisnis anda apabila anda memposting produk dari bisnis tersebut. Pada umumnya, bisnis sembako merupakan bisnis yang tidak terlalu susah dalam mencari pelanggan asalkan tempat dari bisnis sembako tersebut sangat strategis dan masyarakat mudah untuk temukan. Selain melakukan promosi anda dapat menggunakan strategi dalam berjualan dengan cara anda tidak perlu mematok harga tinggi untuk produk anda jual. Namun, alangkah lebih baik jika anda mengambil keuntungan sedikit tetapi anda mendapatkan pelanggan tetap dan rutin berbelanja kepada toko anda.

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk membuka bisnis sembako ? Apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis sembako anda ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk memulai bisnis sembako anda agar omsetnya meningkat serta membantu anda untuk melakukan pembukuan loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177