KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

TERNAMA, +62 0813-9864-6177. Penyebab Menurunnya Omset Penjualan.

Penyebab Turunnya Omset Penjualan, Konsultan Bisnis Restoran, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Bisnis di Jakarta, Jasa Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Manajemen Restoran.

Penyebab Menurunnya Omset Penjualan – Dalam bisnis restoran naik dan turun omset adalah hal yang bisa sering terjadi, jika omset naik tentu merupakan kabar baik, tetapi bila omset turun tentu menjadi kabar buruk yang harus segera di lakukan langkah penyelamatan cepat dan tepat agar omset kembali normal bahkan lebih besar lagi.

Ada 3 faktor penyebab besar kecilnya penjualan, yaitu :

A. Faktor Internal : Faktor yang dikendalikan oleh pihak perusahaan.

  • Kualitas produk (makanan & minuman) turun

Turunnya kualitas rasa akan mengakibatkan kekewaan ini akan diceritakan pada teman – temannya. Hal ini merupakan kepercayaan konsumen terhadap produksi makanan & minuman, sehingga hal ini dapat menyebabkan turunnya omzet penjualan.

  • Rasa yang diberikan tidak sesuai selera pelanggan

Kelancaran suatu perusahaan dalam bidang jasa dan perdagangan, dengan kata lain suatu perusahaan bergerak dalam bidang jasa dan perdagangan pada umumnya akan segera kesulitan serta mengalami kesulitan bilaman rasa yang diberikan berbeda dari sebelumnya atau kurang baik.

  • Sering kosongnya persediaan makanan & minuman

Suatu perusahaan yang sering terjadi keterlambatan dalam peengirimannya, maka akan menyebabkan banyak langganan yang berpindah ke restoran dan makanan lain, sehingga berakibat omset penjualan menjadi turun.

  • Penetapan harga jual yang tinggi

Apabila penetapan harga jual makanan & minuman tidak diikuti oleh perubahan – perubahan yang lain, pada saat kestabilan pemasaran belum mantap sekali, maka hal ini menyebabkan omset penjualan menurun.

B. Faktor Eksternal : Faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan.

  • Perubahan selera konsumen

Selera konsumen sewaktu – waktu dapat berubah dan ini tidak hanya terbatas pada makanan & minuman mode. Untuk makanan & minuman yang bukan mode seringkali terjadi pula perubahan selera konsumen.

  • Munculnya saingan baru

Dengan munculnya saingan baru maka berarti konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dalam kualitas, rasa, harga dan sebagainya.