KONSULTAN MANAJEMEN

Handal, +62 822-2333-2799, Pengertian Operation Management

Operation Management Adalah, Operation Management Journal, Operation Management Definition, Operation Management System, Operation Management And Wuality, Operation Management And Strategy, The Operation Management Function, Operation Management Concepts, Operation Management Description, Operation Management Function.

 

Pengertian Operation Management – Jika anda tertarik untuk mulai berbisnis dengan membuka perusahaan maupun organisasi yang bersifat benefit, maka hal pertama hal yang harus anda lakukan adalah mempelajari tentang operation management atau manajemen operasional. Manajemen operasional merupakan suatu bidang multi disiplin yang berfokus pada pengelohaan semua aspek operasi organisasi. Menurut Departemen Amerika Serikat, manajemen operasi adalah bidang yang bersangkutan dengan mengelola dan mengarahkan fungsi fisik dan atau teknis dari perusahaan atau organisasi, terutama yang berkaitan dengan pengembangan produk, produksi, dan manufaktur. program manajemen operasi biasanya mencakup instruksi dalam prinsip-prinsip manajemen umum, manufaktur dan produksi sistem, manajemen pabrik, peralatan manajemen pemeliharaan, pengendalian produksi, hubungan kerja industrial dan pengawasan perdagangan terampil, kebijakan manufaktur strategis, analisis sistem, analisis produktivitas dan pengendalian biaya, dan bahan perencanaan.

Untuk lebih singkatnya aspek yang paling mendasar yang harus kita tahu yaitu aspek tentang produksi, pemasaran maupun pendanaan. Semua aspek ini merupakan suatu hal yang paling fundamental dalam kelangsungan suatu perusahaan maupun organisasi untuk bisa survive di dunia bisnis. Dengan mempelajari aspek produksi kita dapat mengetahui bahan apa saja yang dapat di beli dengan harga yang lebih murah dan bagaimana cara untuk meminimalisir dana produksi sehingga tidak memberatkan harga jual. Setelah itu untuk aspek pemasaran hal ini juga sangat penting dikarenakan bagaimana cara kita bisa tahu apa yang sedang menjadi trending pada masyarakat luas dan apa yang menjadi minat masyarakat yang akan dijadikan sasaran dari produk tersebut. Setelah itu untuk yang terakhir yaitu tentang pendanaaan atau pencarian investor. Dalam hal ini kita harus pandai dalam mempresentasikan kelebihan dari project kita sehingga para investor mudah untuk didapatkan. Setelah itu Untuk lebih singkatnya aspek yang paling mendasar yang harus kita tahu yaitu aspek tentang produksi, pemasaran maupun pendanaan. Semua aspek ini merupakan suatu hal yang paling fundamental dalam kelangsungan suatu perusahaan maupun organisasi untuk bisa survive di dunia bisnis. Dengan mempelajari aspek produksi kita dapat mengetahui bahan apa saja yang dapat di beli dengan harga yang lebih murah dan bagaimana cara untuk meminimalisir dana produksi sehingga tidak memberatkan harga jual. Setelah itu untuk aspek pemasaran hal ini juga sangat penting dikarenakan bagaimana cara kita bisa tahu apa yang sedang menjadi trending pada masyarakat luas dan apa yang menjadi minat masyarakat yang akan dijadikan sasaran dari produk tersebut. Setelah itu untuk yang terakhir yaitu tentang pendanaaan atau pencarian investor. Dalam hal ini kita harus pandai dalam mempresentasikan kelebihan dari project kita sehingga para investor mudah untuk didapatkan.Untuk sebagian besar, orang yang berperan dalam Operation Management dikenal dengan sebutan Manajer Operasional. Dalam bisnis berorientasi layanan, orang yang bertanggung jawab untuk peran manajer operasi sering disebut dengan nama lain, salah satu yang membahas layanan yang ditawarkan. Contohnya termasuk manajer proyek, konsultan, pengacara, akuntan, manajer kantor, manajer datacenter, dll.

Sejarah

Sejarah produksi dan sistemoperasi dimulai sekitar 5000 SM ketika imam Sumeria mengembangkan sistem kuno pencatatan persediaan, pinjaman, pajak, dan transaksi bisnis. Aplikasi sejarah utama berikutnya dari sistem operasi terjadi di 4000 SM.ini merupakan waktu disaat orang Mesir mulai menggunakan perencanaan, organisasi, dan kontrol dalam proyek-proyek besar seperti pembangunan piramida.1100 SM, dimulai di cina dan sekitar 370 SM, Xenophon menggambarkan keuntungan dari membagi berbagai operasi yang diperlukan untuk produksi sepatu antara individu-individu yang berbeda di Yunani kuno.

Tujuan

Tujuan utama dari operation management yaitu menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien sehingga dapat memaksimalakan laba yang kita dapat dan meminimalisir pengeluaran.

Kunci masalah utama dalam suatu manajemen organisasi. Dalam belajar manajemen organisasi kita harus tau kunci utama apa yang harus kita kuasai dalam manajemen operasi, yaitu :

Designing System

Maksud dari designing system di sini yaitu merancang sistem dengan mulai mengembangkan produk. Sedangkan untuk pengebangan produk itu sendiri kita harus tau apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar dan juga tren saat ini. Setelah mengetahui produk apa yang ingin kita buat lalu kita membuat rincian tentang produk tersebut dimulai dari dana, kebutuhan sdm maupun sda dan bagaimana cara controlling terhadapat suatu sistem sehingga produk dapat selesai tepat waktu. Jika produk telah selesai maka hal terakhir yang kita butuhkan yaitu Desain Produk yang digunakan untuk menjadi cara menarik minat pelanggan.

Implementasi

Implementasi merupakan suatu hal yang kita terapkan atau lakukan ketika kita sudah mentukan desain produk. Namun dalam penerapannya implementasi masih susah untuk dilakukan dikarenakan banyaknmya terjadi penyimpangan dalam suatu perusahaan dan organisasi. Sehingga apabila kita ingin membuat suatu operation management yang sukses kita harus membuat suatu aturan yang membuat implementasi berjalan dengan lancar.Dan yang terpenting dari implementasi ini yaitu sikap fleksibel dalam menghadapi suatu masalah.

Planning and Forecasting

Untuk membuat suatu sistem produksi yang efisien dibutuhkan banyak rencana.
Rencana yang kita bicarakan disini yaitu rencana jangka pendek maupun rencana jangka panjang. Masing – masing rencana memiliki fungsi masing masing dalam menghadapi suatu masalah yang akan datang. Untuk kompleksitas rencana,rencana jangka panjang lebih unggul dikarenakan melibatkan para tenaga kerja, mengembangkan program pelatihan, bekerja sama dengan pemasok untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan sistem pengiriman, dan menentukan jumlah bahan untuk memesan secara agregat. Sedangkan untuk rencana jangka pendek berfungsi dalam perencanaan produksi untuk pesanan pekerjaan tertentu (yang akan melakukan pekerjaan, peralatan apa yang akan digunakan, yang bahan akan dikonsumsi, ketika pekerjaan akan dimulai dan berakhir, dan transportasi yang akan digunakan untuk mengirim produk.

Managing The System

Managing The System merupakan suatu proses yang melibatkan banyak orang dalam proses partisipasi guna meningkatkan kinerja organisasi. Manajemen partisipatif dan kerja sama tim merupakan bagian penting dari operasi yang sukses, seperti kepemimpinan, pelatihan, dan budaya. Selain itu, manajemen material dan kualitas adalah dua bidang utama manajemen concern.Material termasuk keputusan mengenai pengadaan, kontrol, penanganan, penyimpanan, dan distribusi bahan. manajemen material menjadi lebih penting karena, dalam banyak organisasi, biaya bahan baku yang dibeli terdiri lebih dari 50 persen dari total biaya produksi. Pertanyaan tentang jumlah dan waktu pesanan bahan perlu ditangani di sini juga ketika perusahaan mempertimbangkan kualitas berbagai pemasok.