Pengembangan UMKM yang Efektif dengan Konsultan Bisnis

pengembangan-umkm-yang-efektif-dengan-konsultan-bisnis – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia. Apalagi di masa pandemi Covid19 yang melanda Indonesia saat ini, UMKM dinilai mampu bertahan.

Tentunya untuk berkembang, UMKM harus mulai dengan mempertimbangkan pentingnya menyewa konsultan bisnis. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2020, diklaim ada sekitar 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, meski 30% di antaranya terdampak wabah corona, sisanya 5070% mampu berinovasi. bertahan hidup.

Untuk terus berkembang dan berinovasi, UMKM jelas membutuhkan bantuan tenaga profesional, seperti konsultan bisnis, agar dapat mengembangkan ide, mengembangkan usahanya dan mengontrol pendapatannya dengan tepat.

Bukan tidak mungkin melalui upaya tersebut, UMKM dapat maju melalui kelas dan menjadi unit usaha yang besar. Misalnya, peluang bisnis kopi di Indonesia cukup menjanjikan. , tetapi karena ada banyak penulis, Anda benar-benar membutuhkan strategi bisnis yang tepat.

Konsultan bisnis yang bias hanya dapat membantu memberikan wawasan tentang hal-hal penting yang perlu dilakukan, mulai dari mengumpulkan modal, mengelola modal, manufaktur, mengelola keuangan, meningkatkan penjualan, menyelesaikan tantangan bisnis global, dll.

Konsultan Bisnis

8 Cara Mengembangkan UMKM dengan Jasa Konsultan Bisnis

Mendapatkan Informasi dari Ahlinya

Hal pertama yang membuat konsultan bisnis sangat penting untuk pengembangan UMKM adalah mendapatkan informasi dari para ahli. UMKM cenderung menjalankan usaha tanpa menerapkan strategi bisnis.

Apapun yang mereka lakukan terkadang berdasarkan insting dan keberuntungan. itu akan berkembang dan bahkan tampil di tempat. Anda pasti tidak ingin hal itu terjadi dalam jangka panjang, bukan?

Namun, dengan menggunakan jasa konsultan bisnis, Anda dapat merencanakan visi dan misi bisnis UMKM dan dapat menerapkan strategi untuk membangun bisnis autopilot.

Hemat Biaya dan Waktu

Mengapa menggunakan jasa pihak ketiga dalam konsultasi bisnis, bukankah itu biaya tambahan? Apakah itu berarti tidak akan merugikan bisnis? Tentu saja tidak! Gunakan segera jasa konsultan bisnis untuk mengembangkan perusahaan Anda secara tepat sasaran.

Baca Juga : Saatnya Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bagi Terdampak Pandemi Virus Corona

Efektif Bagi Beban Kerja

Contoh komunikasi yang terjalin antara konsultan dan pengusaha UMKM adalah perencanaan pembagian beban usaha.

Contoh: Perusahaan Anda tiba-tiba kebanjiran order di akhir tahun. Tentu saja, Anda tidak dapat melakukannya sendiri, jadi cobalah. Pengisian ulang staf Anda dilakukan tanpa biaya, jadi Anda mungkin kalah, bukan menang.

Cara Mengelola Keuangan

Kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis UMKM adalah kontrol keuangan yang lemah.

Mereka bahkan biasanya mencampuradukkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi. Akibatnya, omzet dan profit tak bisa diperhitungkan dengan benar dan tepat. Di sinilah letak pentingnya memiliki ilmu mengelola keuangan.

Menggunakan cara berkomunikasi yang baik, konsultan akan berdiskusi dengan pemilik usaha mengenai perhitungan laba-rugi termasuk hutang-piutang usaha.

Dengan cara ini, bisnis UMKM akan bisa mendapatkan pengelolaan finansial yang lebih stabil dan disiplin.

Memperkuat Sistem Usaha

Bisnis yang terpercaya tentu harus punya sistem usaha yang kuat dan stabil. Menerapkan Strategi Meminimalkan dan Mencegah Terjadinya Fraud di Perusahaan sangat bagus dilakukan demi terbentuknya sistem yang kuat ini.

Seperti yang diketahui, banyak UMKM mempekerjakan karyawan secara serabutan, sehingga diperlukan pengaturan kalau memang ingin berkembang.

Meskipun masih berupa bisnis skala kecil, jika dikelola dan dikembangkan dengan efektif maka UMKM akan mampu bersaing di pasar yang luas dan makin berkembang pesat.

Tentunya agar cara-cara yang sudah dibahas dapat dimanfaatkan secara maksimal, memang dibutuhkan kehadiran konsultan bisnis yang benar-benar berpengalaman.

Karena bagaimanapun, setiap pelaku UMKM ingin memiliki bisnis yang terus berkembang dan makin sukses.

Jika semua itu bisa terjadi lebih cepat lewat bantuan ahli bisnis, kenapa tidak? Kalau Anda butuh lebih banyak pengetahuan, bagaimana caranya mengembangkan bisnis dan personal, Anda bisa mengikuti kursus online di internet.

Baca Juga : Wajib Coba! Ini 5 Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id
  3. konsultanco

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

KONSULTASIKAN SEKARANG

REKO PRABOWO