KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

BERJAYA, +62 0813-9864-6177. Panduan Tentang Laporan Keuangan Hotel Untuk Bisnis Hotel.

Contoh dan Jenis Laporan Keuangan, Format Laporan Keuangan Hotel, Konsultan Manajemen Perhotelan, Konsultan Bisnis Manajemen, Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, Konsultan Hotel Surabaya.

Berbicara mengenai manajemen hotel, laporan keuangan hotel merupakan hal dasar yang tidak bisa Anda remehkan. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa laporan keuangan hotel hanyalah elemen kecil dari keseluruhan managemen hotel itu sendiri.

Kenapa Anda harus memiliki laporan keuangan hotel?

Dalam mengelola suatu bisnis, sangat penting untuk melihat seberapa menguntungkannya suatu investasi yang telah Anda buat. Khususnya dalam mengelola hotel, sangat penting untuk melihat apakah setiap uang yang Anda alokasikan benar-benar memberikan nilai tambah terhadap bisnis Anda. Melihat seberapa besar return of investment (ROI) tidak hanya tentang mendapatkan keuntungan yang besar.

Mengelola hotel memang tidak mudah. Ada banyak elemen yang harus Anda atur dalam mengelola suatu hotel. Namun demikian, Anda bisa membuatnya menjadi lebih mudah dengan membiasakan diri untuk mengumpulkan informasi dari hotel Anda melalui laporan keuangan hotel yang memadai.

Jenis – Jenis Laporan Keuangan Hotel

1.Laporan statistic

Laporan keuangan hotel pertama yang Anda butuhkan tentunya adalah laporan statistik. Dalam bisnis apapun, data statistik adalah elemen penting dalam pengumpulan data. Baik untuk hotel besar, menengah maupun hotel kecil, data statistik adalah elemen penting yang tidak dapat Anda remehkan.

Berbicara tentang laproan statistik untuk hotel, setidaknya terdapat dua jenis laporan yang harus Anda kumpulkan; statistik yang berhubungan dengan kamar dan statistik yang berhubungan dengan pendapatan.

2.Laporan booking channel

Ketika Anda ingin mencapai pendapatan optimal, penting untuk melihat sumber pendapatan Anda secara keseluruhan. Anda perlu melihat setiap saluran pendapatan yang Anda punya dan menentukan saluran mana yang memiliki performa paling baik.

Untuk mengumpulkan informasi bagi laporan ini, Anda perlu melihat setidaknya tiga elemen; booking channel, reservasi langsung dan extranet dari reservasi.

3.Laporan transaksi

Setelah mengumpulkan informasi dari laporan-laporan di atas, Anda bisa melanjutkan ke elemen selanjutnya yang tidak kalah penting; transaksi. Penting untuk melihat besaran transaksi harian yang terjadi di hotel Anda. Laporan transaksi adalah salah satu elemen terpenting dalam mengelola suatu hotel.

Laporan transaksi sendiri adalah laporan yang berisi setiap kegiatan transaksi yang terjadi pada hotel Anda setiap harinya. Dengan melihat laporan ini, Anda dapat melihat periode mana saja yang terbaik bagi bisnis Anda; begitu juga sebaliknya.

Industri yang kami layani :

Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
Start Up : Segala Jenis Industri