Pilih Laman

Mau Omset Meroket? Perhatikan Strategi Manajemen Operasional Bisnis Anda

Manajemen Operasional Bisnis

Ilustrasi : blog.edx.org

 

Anda pasti menyadari bahwa fungsi manajemen operasional merupakan kunci dari bisnis Anda untuk bisa menaikkan omset bisnis. SIstem ini memegang peranan sebagai “guarantor”  atau penggaransi roda berjalannya usaha. Sistem yang bekerja pada perusahaan dari seluruh divisi bertugas untuk bisa memberikan support kepada operasional dalam mencapai target kerjanya.

 

Apakah Anda Sudah Familiar dengan Manajemen Operasional dalam Bisnis?

Pada dasarnya, manajemen operasional itu sudah akrab dengan kegiatan bisnis Anda sehari-hari, bahkan menentukan hasil output dari produk Anda. Ibaratnya seperti pengambilan keputusan sebelum Anda menentukan sumber daya yang akan dipakai, waktu yang tepat, jumlah produk yang tepat dan sesuai mutu, dan alokasi biaya yang efisien dan efektif.

Sistem manajemen operasional yang baik ditopang dengan 6 pondasi utama yang saling berhubungan erat dan saling support satu sama lainnya. Adapun enam pondasi utama itu adalah 6 divisi perusahaan yang wajib ada ketika Anda menerapkan sistem manajemen operasional.

 

Divisi Finance

Divisi Finance atau istilah umumnya adalah Akunting biasa memegang peranan penting dalam menunjang atau memberikan support operasional dari dalam perusahaan seperti laporan keuangan, laporan kerugian, dan laporan keuangan lainnya.

Divisi Merchandise

Pemilihan supplier yang tepat dapat mendukung produk yang dijual memiliki kualitas yang baik di mata konsumen. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran staff divisi merchandise. Selain survei supplier, divisi ini juga mengemban tugas seperti menata display, mengirim barang, mengatur stock barang di gudang, mengatur sistem order, dan sejenisnya.

Divisi Human

Istilah umumnya dari divisi human ini yaitu HRD (Human Resource Department). Anda mungkin sudah paham kan akan fungsi dari Divisi HRD? Ya betul, divisi ini memegang peranan untuk mengatur sumber daya manusia di perusahaan seperti penggajian, peningkatan produktivitas dan skill karyawan, training. Semua hal itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai target utama perusahaan.

Divisi Asset

Memegang peranan kaitan nya dengan maintenance atau perawatan alat-alat dan mesin. Penjabaran tugasnya yaitu memastikan status kepemilikan suatu aset, menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang dimiliki, melindungi nilai aset agar lebih awet, memastikan suatu aset dapat menghasilkan keuntungan yang maksimum, menggunakan dan memanfaatkan aset secara optimal.

Divisi Marketing

Marketing erat kaitannya dengan pemasaran produk perusahaan. Divisi ini melakukan promosi baik offline atau online. Promosi offline bisa dilakukan dengan sistem canvassing penyebaran pamflet, brosur, flyer ke calon konsumen. Pemasaran secara online pada saat ini dinilai lebh efektif, membuat promosi melalui website dan media sosial dengan akun-akun official instagram, facebook, twitter bahkan youtube. Pemasaran di sosial media dinilai lebih bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Divisi Customer

Yang terkait langsung dengan divisi ini biasanya adalah customer service dan kasir, atau check out aplikasi nya di dalam berbagai industri tentunya berbeda-beda. Namun demikian, apabila kita memahami fungsi nya dengan baik, maka secara konseptual semua nya sama.

 

Langkah Penting Manajemen Operasional untuk Meningkatkan Omset Bisnis Anda. Apa Saja Itu?

 

Pada intinya, ruang lingkup manajemen operasional dapat mendukung bisnis Anda untuk mencapai target kerja perusahaan yang berimbas pada omset yang meningkat. Mengapa omset bisa meningkat dalam waktu singkat hanya dengan melakukan manajemen operasional yang tepat? Ya, karena manajemen operasional mencakup hal-hal dasar dalam strategi berbisnis. Omset Anda akan berlipat dengan melakukan tips manajemen operasional seperti:

  1. Merencanakan kualitas dan kuantitas bahan baku dalam proses berjalannya fungsi aktivitas bisnis
  2. Menentukan dan mengatur  tata letak layout produk, jasa, layanan, titik mesin, penempatan lokasi orang / karyawan, lokasi aset dan lainnya
  3. Menentukan dan mengatur lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien agar menghemat waktu dan mobilisasi
  4. Melakukan pemeliharaan peralatan untuk menjamin keandalan dan ontinuitas operasional
  5. Menciptakan strategi produkdan jasa yang berkualitas dan unik agar dapat bersaing dengan kompetitor
  6. Menentukan jadwal kerja yang efisien dengan melakukan evaluasi biaya tenaga kerja

 

Sudah saatnya Anda membenahi manajemen operasional bisnis Anda. Tak perlu menunggu waktu dan kesiapan yang matang, perlahan belajar dan menikmati prosesnya justru akan memberikan impact yang signifikan terhadap perkembangan bisnis Anda. Raih kesuksesan berbisnis dengan omset berlipat bersama tim kami, Konsultan.co yang bisa memberikan Anda jaminan peningkatan profit berlipat hanya dalam waktu 6 bulan. Bersiap-siaplah.

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen