KONSULTAN BISNIS

Mulailah Membuat Konsep Sebelum Memulai Bisnis | Konsultan Bisnis

Paling bagus, +62 813-9864-6177, Konsep Bisnis

Konsep Bisnis Adalah, Konsep Bisnis Foodcourt, Konsep Bisnis Internasional, Konsep Bisnis Agrowisata, Konsep Bisnis Apotek, Konsep Bisnis Bukalapak, Konsep Bisnis Kanvas, Konsep Bisnis dan Tujuan Bisnis, Konsep Bisnis Era Globalisasi, Konsep Bisnis Hotel

Semakin maju teknologi pada zaman sekarang memberikan pengaruh juga terhadap pertumbuhan minat bisnis di masyarakat. Salah satu faktornya adalah kemudahaan dalam proses bisnis yang tidak perlu menggunakan modal besar, dan bisa memanfaatkan market place ataupun social media.

Selain itu ilmu-ilmu bisnis saat ini sangat mudah sekali didapatkan, cukup mencari topik yang dibutuhkan di search engine. Meski sudah banyak kemudahan dalam berbisnis, ada baiknya kamu mengetahui tentang konsep bisnis yang menguntungkan. Jangan sampai kemudahan yang ada malah membuatmu merugi.

NIAT YANG KUAT

Sebelum memulai bisnis sebaiknya kita memiliki niat yang kuat ini menjadi modal yang sangat mahal bagi seorang Entrepreneur. Niat yang kuat akan mengalahkan segalanya. Niat yang kuat akan membuat kamu terus memperjuangkan bisnis hingga sukses. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki niat yang kuat, tentu akan lebih mudah menyerah jika ada masalah yang datang.

Niat seseorang memulai bisnis sangat beragam, seperti ingin membahagiakan orang tua, memiliki waktu kerja yang bebas, dan masih banyak hal lainnya. Apapun itu pastikan kamu memiliki niat yang baik dalam memulai bisnis, jika niatmu saja sudah buruk pasti tuhan tidak akan membukakan jalannya.

MEMILIKI VISI YANG JELAS

Setelah niat yang kuat, visi yang jelas mejadi sebuah konsep dasar dalam berbisnis. Jangan sampai kamu berbisnis tanpa memiliki visi yang jelas. Visi merupakan sebuah mimpi tentang tujuan bisnis mau seperti apa nantinya.

Semakin besar visi kamu, semakin besar manfaat yang diberikan kepada orang tercinta dan orang disekitar kita. Kesalahan banyak pengusaha pemula adalah mereka hanya ikut-ikutan berjualan produk atau jasa yang sedang lagi trend atau ramai dipasaran. Tanpa memiliki visi yang jelas, setelah trend itu menurun bahkan hilang dari pasaran, bisnis pun ikut tutup. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada bisnis yang sedang kamu jalani sekarang.

Tidak ada kata terlambat, cobalah untuk menentukan visi bisnis dari sekarang. Jika sudah memiliki visi yang jelas, masalah apapun yang dihadapi nantinya pasti akan ada jalan. Kemudian saat sedang bingung dalam mengambil sebuah keputusan, tentunya kamu akan memilih yang sesuai dengan visi bisnis.

MISI YANG POWERFULL

Misi adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi bisnis. Misi juga bisa dianalogikan sebagai jalan menuju visi. Kamu harus menentukan visi yang powerfull, sebab ada banyak sekali jalan yang tersedia. Bayangkan jika tidak ada visi dalam bisnis, pasti kebingungan yang akan dihadapi nantinya dan juga menjalani bisnis tanpa arah dan tujuan.

GOAL YANG TERUKUR

Langkah selanjutnya adalah menentukan goals yang terukur. Goals yang terukur merupakan bentuk target-target yang harus dicapai dari misi yang sudah dibuat untuk merealisasikan visi bisnis kita. Buatlah goals yang sesuai dengan kemampuan kamu, jika menentukan target yang tidak realistis dengan sumber daya yang ada, hal ini akan menimbulkan rasa pesimis dan juga butuh usaha yang sangat besar untuk mencapainya.

Target-target kecil yang meningkat secara bertahap lebih baik dibandingkan membuat target besar tapi tidak bisa terealisasi.

(baca juga : perencanaan strategi bisnis)

PRODUK/JASA YANG MENJUAL

Niat berbisnis sudah, mentukan vis, misi dan golas juga sudah. Selanjutnya adalah kamu mencari produk/jasa yang menjual, pilih produk atau jasa yang menjadi solusi dari sebuah masalah ataupun sebuah kebutuhan dari banyak orang. Jangan sampai memilih produk atau jasa karena ikut-ikutan teman atau mengikuti trend yang sedang berkembang. Sebaiknya produk/jasa yang dipilih adalah sesuai dengan keahlian dan minat kita.

Setelah memilih sebuah produk, cek kembali apakah produk kita itu diminati banyak pembeli, jika tidak tentu akan menjadi PR besar buat kamu nantinya untuk mencari pembeli yang menyukai produk kamu.

TARGET PASAR YANG TEPAT SASARAN

Kamu harus menyesuaikan produk dengan target pasar yang akan dipilih. Jangan sampai memiliki pemikiran untuk memilih semua target pasar. Selain membutuhkan modal dan energy yang besar untuk memuaskan semua target pasar, produk kamu belum tentu dibutuhkan atau diminati oleh semua orang.

Lebih baik memilih satu target pasar yang kamu kuasai dan menjadi market leader di target pasar tersebut dibandingkan harus mengeluarkan biaya mahal untuk memuaskan semua orang. Pilihan ada ditangan kamu, tentukan target pasar yang tepat sasaran. Kemudian jadilah unggul di sana.

(baca juga : hal dasar tentang bisnis)

Menentukan target pasar bisa dengan klasifikasi umur, demografi, hobi, dan masih banyak lagi. Tentu pilihlah target pasar yang sudah kamu kuasai, kalau belum pilih satu dan pelajar secara matang.

BUATLAH PRODUK/JASA YANG BERMANFAAT

Tanyakan pada dirimu apakah produk yang saat ini dijual memberikan manfaat kepada pembeli atau tidak. Jika iya, kamu bisa mencari cara agar membuat pembeli menjadi seorang pelanggan setia. Pertahankan pelayanan yang prima untuk memuaskan pelanggan kita, dengan begitu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru dari rekomendasi para pelanggan kita. Karena biasanya mereka yang puas dengan pelayanan akan mempromosikan secara gratis kepada orang lain.

MANJAKAN PELANGGGAN KITA

Tugas terbesar bagi seorang pengusaha adalah mengkonversi pembeli menjadi pelanggan setia. Tentu saat kita sudah memiliki pelanggan, ada baiknya kita memanjakannya dengan memberikan diskon ataupun promo-promo menarik lainnnya.

Keuntungan kita memanjakan pelanggan adalah mendapatkan promosi secara gratis kepada orang-orang terdekat mereka. Biasanya seseorang itu lebih percaya terhadap orang terdekat dibandingkan iklan yang ditayangkan oleh sebuah brand.

BERIKAN NILAI TAMBAH

Tentu produk atau jasa yang kamu pilih tidak selalu produk yang sangat-sangat baru. Secara tidak langsung kamu sudah memiliki pesaing dengan pengusaha lain yang produknya sejenis dengan produk saat ini.

Sehingga tugas selanjutnya adalah memberikan nilai tambah yang menguntungkan jika membeli produk A di kamu dibandingkan yang lainnya. Jika sudah menemukan caranya, kedepan biasanya tidak telalu sulit untuk mencari pembeli.

CIPTAKAN KESAN KEPADA PEMBELI

Ciptakanlah kesan kepada pembeli, jangan sampai bisnis kamu sama dengan yang lain, tentu bisnis kamu akan dicap pasaran dan tentu akan tidak berkesan bagi pembeli. Mulai dari sekarang ciptakan hal yang berkesan yang itu selalu diingat oleh pembeli. Jika pada makanan mungkin sebuah cita rasa yang enak akan membuat kesan kepada para pembeli.

Segera Hubungi Kami Untuk Mewujudkan Bisnis Yang Anda Inginkan dan Ubah Bisnismu Sekarang Menjadi Lebih Maju dengan Kami! 

 

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri.





Konsultan.co



The Future Of..

Indonesia Business Growth