KONSULTAN MANAJEMEN

Utama, +62 822-2333-2799, Menyusun Strategi Pemasaran.

Menyusun Strategi Pemasaran, Tips Strategi Pemasaran , Cara Mengatur Strategi Pemasaran, Cara Mengatur Strategi Pemasaran , Strategi Jitu Pemasaran.

 

TIPS MENYUSUN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT – Dalam menjalankan sebuah bisnis kita pastinya membutuhkan cashflow untuk meningkatkan bisni kita, Nah disini kita akan membahas strategi jitu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kita jual. Dengan adanya strategi pemasaran ini, maka akan membuat Anda yakin bahwa bisnis yang Anda kembangkan akan menjadi bisnis yang besar dan bisa menguntungkan bagi orang lain.

Strategi pemasaran sendiri merupakan sesuatu kegiatan dimana semua sistem yang berhubungan tentang bisnis, ekonomi menjadi satu. Mulai dari merencanakan, kemudian menentukan harga jual, mempromosikan sampai bagaimana cara mendistribusikan barang atau jasa yang sekiranya dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Komponen Penting dari Strategi Pemasaran

Menerapkan Strategi pemasaran diawali dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan. Pemasar harus melakukan analisis SWOT, di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]), kelemahan (weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats [T]) perusahaan secara keseluruhan.

Dalam menerapkan strategi pemasaran yang benar, sebaiknya diawali dengan mulai menganalisa secara menyeluruh dari perusahaan atau usaha yang sedang anda jalankan. Anda sebagai pelaku bisnis harus melakukan analisa dengan cara menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dari perusahaan atau usaha anda sendiri.

  1. Kekuatan (Strengths) terdiri atas kemampuan internal, sumber daya, serta faktor situasional positif yang bisa mendorong perusahaan melayani para customer serta memperoleh apa yang dibutuhkannya.
  2. Kelemahan (Weaknesses) terdiri atas keterbatasan internal kemudian, faktor situasional negatif yang bisa membuat batasan antara performa dengan perusahaan,
  3. Peluang (Opportunities) yaitu faktor atau tren yang membuat untung terhadap lingkungan eksternal yang bisa digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan,
  4. Ancaman (Threats) yakni suatu faktor pada lingkungan eksternal yang merugikan serta menghadirkan tantangan dalam meningkatkan performa perusahaan.

Hal yang Menyebabkan Perubahan Strategi Pemasaran
Pada strategi pemasaran, terdapat bebarapa faktor utama yang bisa menimbulkan terjadinya perubahan antara lain,

Siklus produk, Dalam menyusun strategi pemasaran wajib disesuaikan menggunakan tahap-tahap daur hidup, yakni tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan serta tahap kemunduran
Tingkat persaingan perusahaan di pasar, Strategi pemasaran wajib disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, dan apakah dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari ceruk pasar ;
Keadaan ekonomi, dalam menyusun strategi pemasaran pun wajib disesuaikan terhadpa situasi ekonomi, sebagai pelaku bisnis anda harus selalu bergerak ke depan serta mengembangkan strategi jangka panjang untuk memenuhi kondisi yang tengah berubah terhadap industri mereka serta memastikan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang.

Cara Menjalankan Strategi Pemasaran, berikut adalah langkah-langkah menjalankan strategi pemasaran menurut konsultan.co

Segmentasi Pasar

merupakan suatu tindakan dimana kegiatan jual beli terbagi atas beberapa kelompok, antara lain, pembeli dengan kebutuhannya, karakteristik atau perilaku berbeda yang bisa jadi membutuhkan produk pemasaran secara terpisah.

Penetapan Target Pasar,

yaitu suatu kegiatan mengevaluasi daya tarik secara tersendiri segmen pasar selanjutnya memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terbagi atas merancang strategi guna membangun jalinan yang baik dengan customer yang sesuai, atau suatu perusahaan besar yang bisa jadi memutuskan guna menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika hal ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen

Diferensiasi dan Posisi Pasar,

setiap perusahaan wajib menentukan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya agar setiap segmen sasaran serta posisi apa yang hendak ditempatinya pada segmen tersebut, posisi produk yaitu tempat yang ditempati merupakan produk relatif pada pesaingnya dalam pikiran konsumen, pelaku bisnis hendak melebarkan posisi pasar unik terhadap produk mereka. Apabila suatu produk diklaim memiliki kesamaan yang persis dengan produk lainnya di pasar, konsumen mungkin tidak akan mau membelinya.

Sangatlah penting memahami target audiens Anda secara keseluruhan. Juga sangat penting untuk melacak semua kampanye pemasaran Anda untuk efektivitas.

Anda harus dapat mengoptimalkan semua iklan dengan kinerja maksimal di lokasi terbaik. Bersikaplah realistis terhadap strategi pemasaran Anda dengan mempertimbangkan tujuan bisnis, dan sumber daya Anda.