Skip to content

Mengenal Konsultan Bisnis Proses yang Benar

Mengenal Konsultan Bisnis Proses yang Benar

Konsultan bisnis proses adalah langkah-langkah dan kriteria yang harus dimiliki oleh seorang konsultan bisnis. Agar bisnis yang dijalani tidak merugikan diri sendiri di masa depan, pebisnis pemula tentu membutuhkan masukan dari ahli atau konsultan bisnis. Itulah salah satu alasan munculnya profesi konsultan bisnis sebagai perwujudan perhitungan matang dari berbisnis. Tidak cuma pemula, perusahaan besar pun biasanya memiliki konsultan bisnis atau konsultan usaha yang membantu mereka menjalankan bisnisnya agar terus berkembang.

Peran Konsultan Bisnis

Ketika mempekerjakan konsultan untuk bisnis yang sedang dibangun, kita harus lebih dahulu paham mengenai peran dan tugasnya. Secara umum, ada tiga peran konsultan bisnis yang harus dijalankan. Mendeteksi masalah yang sedang dan akan terjadi adalah hal mutlak yang harus dikuasai oleh seorang konsultan bisnis. Mereka harus peka terhadap masalah yang terjadi di suatu bisnis. Bahkan, mereka harus bisa mendeteksi masalah yang akan terjadi.

Memberi solusi atas masalah yang teridentifikasi dan mampu menawarkan solusi terhadapnya. Seorang konsultan bisnis juga harus bisa membantu dan menguasai perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis ini dilakukan untuk membuat bisnis optimal dan berkembang dengan lebih baik lagi. Kegiatan ini termasuk menganalisis kompetitor, efisiensi proses bisnis, hingga menyusun strategi-strategi lain yang diperlukan.

Menambah relasi untuk eksekusi rencana bisnis adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan. Salah satu syarat menjadi konsultan bisnis adalah bahwa dia pernah berkecimpung di dunia bisnis yang mana tentu memiliki relasi bisnis. Dan tentu saja, seorang konsultan harus peka dan jeli dalam menangkap sebuah peluang untuk kliennya. Mereka dituntut memiliki kepekaan yang baik untuk bisa mengendus sumber cuan. Mereka juga harus kreatif, mampu menggali inovasi dari ide-ide bisnis yang sudah ada.

BACA JUGA : Keuntungan Bisnis Autopilot yang Dianggap Remeh

Manfaat Konsultan Bisnis

Konsultan punya banyak manfaat bagi bisnis yang sedang dibangun atau dijalankan.
Konsultan bisnis membantu membuat bisnis berjalan lebih optimal. Persaingan ketat di dunia bisnis membuat kita harus terus berkembang dan mengoptimalkan bisnis. Kalau tidak, tentu saja kita bisa kalah dari kompetitor-kompetitor kita. Konsultan akan membantu agar bisnis bisa lebih optimal dari segala aspek. Mereka akan menganalisis bisnis lalu memberi masukan yang terbaik.

Manfaat lainnya menggunakan jasa konsultan bisnis adalah mendapatkan ide alternatif. Mereka pasti sudah terbiasa melakukan bisnis tersebut sehingga tahu celah mana yang bisa dimanfaatkan potensinya. Sebagai pengusaha, anda tidak sendirian jika mendapatkan masalah dalam bisnis. Seorang konsultan bisnis punya pengalaman segudang, sehingga mereka lebih ahli dalam menyelesaikan masalah.

Meluruskan langkah ketika bisnis ternyata melenceng dari jalurnya. Kita berusaha mengembangkan bisnis, namun ternyata hal itu tak sesuai dari jalur yang sejak awal direncanakan. Konsultan ini bermanfaat untuk membuat kita selalu ingat jalur untuk mencapai tujuan akhir yang sudah direncanakan sejak awal.

Konsultan bisnis yang andal mampu menyiapkan perencanaan usaha yang baik. Semuanya dihitung, target untung dan potensi ruginya. Menghindari kerugian finansial yang lebih besar dengan merancang rencana bisnis yang lebih matang. Perhitungan rinci dilakukan, termasuk dengan beragam potensi kesalahan yang bisa saja terjadi dan bagaimana langkah antisipasinya.

Tips Memilih Konsultan Bisnis

Begitu sentralnya peran dan banyaknya manfaat menggunakan jasa seorang konsultan bisnis, maka sebagai pengusaha, anda harus jeli dan tepat memilih konsultan yang sesuai. Jangan sampai manfaat yang kita inginkan justru malah merugikan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk memilih konsultan bisnis yang andal.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek portofolio untuk mengetahui kemampuannya dalam menangani bisnis kita. Pilih yang pernah terjun dalam bisnis serupa. Selain itu, reputasi klien yang pernah ditangani juga menentukan seberapa profesional jasanya. Setelah yakin dengan portofolionya, lakukan interview untuk tahu karakternya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui karakter yang baik dan sesuai dengan kita. Ingat, kita akan banyak berdiskusi dan memutuskan hal penting tentang perusahaan bersama konsultan bisnis.

Pilih tarif yang sesuai dan sepakati jam kerjanya. Hal ini harus dibicarakan di awal agar tidak menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Cek legalitas dari perusahaan yang menaunginya adalah salah satu poin yang cukup penting. Pastikan bahwa pihak yang akan memberikan pendampingan bisnis kepada kita memiliki lisensi dan kemampuan yang mumpuni.

Lalu setelah itu, coba bandingkan poin-poin diatas dengan jasa konsultan lainnya. Sebelum menentukan konsultan mana yang akan dipakai jasanya, sebuah perusahaan harus melakukan survei mendalam dengan memperbandingkan beberapa konsultan bisnis sekaligus.