KONSULTAN RESTORAN

Tangguh, +62 813-9864-6177, Strategi Saat Terjadi Kenaikan Harga Bahan Baku Makanan

Strategi Harga Produk, Strategi Adaptasi Harga, Strategi Penetapan Harga Adalah, Strategi Potongan Harga Adalah, Strategi Harga Berdasarkan Hubungan Antara Harga Dan Kualitas Produk, Strategi Penetapan Harga Cost Based Pricing, Strategi Harga Indomaret, Strategi Letak Harga

Kenaikan harga sembako saat lebaran tiba merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita. Bahkan sebagian besar masyarakat menilai kenaikan harga sembako pada saat lebaran tiba sudah menjadai tradisi yang mau tidak mau haru diterima. Kebutuhan yang sangat mendesak menyebabkan permintaan pasar menjadi meningkat. Walaupun harga barang melambung tinggi namun itu tidak membuat minat masyarakat menurun untuk membeli barang kebutuhan tersebut. Justru sebaliknya menjelang lebaran tiba tingkat konsumsi masyarakat untuk berbelanja menjadi naik 2 kali lipat dari biasanya.

Namun ada beberapa upaya untuk menanggulanginya agar siap menghadapi kenaikan harga sembako saat lebaran tiba, baik dari segi pemerintah atapun segi masyarakat.

Pemerintah terus berupaya melakukan langkah untuk menekan harga-harga kebutuhan pokok saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Namun tetap saja program-program ataupun upaya-upaya yang dilakukan pemerintah belum menunjukkan hasil yang maksimal. Tradisi kenaikan harga sembako saat menjelang Idul Fitri selalu saja terjadi.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Achmad Suryana menjelaskan mengenai upaya apa saja yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga sembako saat menjelang Idul Fitri diantaranya :

1. Meminta para pengusaha swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

dan instansi terkait menyelenggarakan pasar murah sehingga harga-harga kebutuhan pokok bisa terjangkau konsumen, terutama masyarakat kurang mampu atau masyarakat miskin. Misalnya pasar murah daging sapi, daging ayam, telur, gula, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan lainnya. Guna menahan laju kenaikan harga saat menjelang hari raya nanti.

2. Adanya program Operasi Pasar (OP)

sehingga pemerintah daerah dapat melakukan operasi pasar terutama operasi pasar untuk beras jika harga beras melonjak tinggi dan sangat memberatkan konsumen. Ini dilakukan dalam rangka menangani pengendalian harga pangan pada Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

3. Mengimpor berbagai kebutuhan pokok dari negara lain.

4. Memperbaiki sarana dan prasarana transportasi

agar sistem produksi dan sistem distribusi pangan tidak terganggu sehingga pasokan akan kebutuhan pokok tidak mengalami pengurangan.

5. Pembagian jatah beras miskin yang lebih awal

ini bertujuan untuk mengurangi beban penduduk miskin untuk membeli beras saat menjelang hari raya.

6. Melakukan pengawasan yang intensif terhadap pergerakan harga-harga barang saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa menjelaskan, keempat strategi itu sudah diputuskan dalam rapat koordinasi lintas kementerian :


1. Pangan harus tersedia di seluruh tempat, karena menurut dia, pangan adalah hal terpenting selama puasa dan Lebaran. Kebutuhan pokok itu harus bisa diakses masyarakat di seluruh daerah dalam kondisi apa pun.

2. Pemerintah harus menjamin distribusi bahan pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Oleh karena itu, sarana dan prasarana perhubungan harus dalam kondisi baik.

3. Stabilisasi harga. Meski berusaha menjaga stabilitas harga, pemerintah tetap bisa memaklumi jika ada kenaikan harga selama puasa dan Lebaran asalkan masih dalam batas yang wajar. “Bila terjadi peningkatan (harga, red), kita intervensi dengan operasi pasar secara besar-besaran,” kata Hatta menambahkan.

4. Strategi keempat adalah jaminan ketersediaan energi, terutama listrik dan bahan bakar minyak. Menurut Hatta, ketersediaan energi juga perlu ditopang dengan sistem distribusi yang baik, sehingga bisa mencapai seluruh wilayah Indonesia

Adapun dari segi masyarakatnya sendiri pun :


Masyarakat harus bisa mengantisipasinya dengan membeli barang kebutuhan khususnya
sembako jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba, sehingga harga tidak terlalu melambung bagi mereka.

 

Segera Hubungi Kami Untuk Mewujudkan Bisnis Yang Anda Inginkan dan Ubah Bisnismu Sekarang Menjadi Lebih Maju dengan Kami! 

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Konsultan.co

The Future Of.. 

Indonesia Business Growth

& Integrated Business Strategy