Pilih Laman

Pada saat ini salah satu bisnis yang akan terus mempunyai peluang yang cukup baik untuk anda jalankan yaitu bisnis laundry kiloan. Mengapa bisnis laundry kiloan mempunyai peluang yang cukup baik ?. Ya, seperti kita tahu bahwa banyak orang yang menggunakan jasa laundry karena padatnya rutinitas mereka. Selain itu juga kemungkinan mereka memang lebih senang dengan layanan laundry daripada mereka harus mencuci dan menyetrika sendiri.

 

 

 

Dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Mulai dari pekerja, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Bagi mereka adanya jasa laundry sangat membantu mereka dalam beraktifitas.

untuk memulai bisnis laundry cukup dengan modal seadanya tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup banyak. apabila anda belum mempunyai modal untuk membeli mesin cuci secara tunai maka anda dapat membelli secara kredit dengan bunga yang sangat murah. Dengan demikian keuntungan yang anda peroleh dapat anda gunakan untuk mencicil mesin cuci tersebut. selain itu sisa dari keuntungan tersebut dapat anda gunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Ternyata bisnis laundry ini juga ada kelemahan dan kelebihannya loh, mau tahu? yuk simak.

Kelemahan dari usaha laundry ini yaitu semakin ketatnya persaingan bisnis laundry sehingga kamu perlu membuat persaingan dengan harga atau inovasi yang bdea dengan jenis usaha lainnya agar bisnis anda tetap unggul. Selain itu, kelebihan pada bisnis ini yaitu sangat banyak peminatnya. bisnis laundry tidak menuntut anda harus memiliki sklil terlalu tinggi. dengan anda konsisten  maka anda akan meraup banyak keuntungan.

Cara untuk memulai bisnis laundry sebagai berikut:

1. Modal

Sebelum anda menjalankan bisnis apapun termasuk bisnis laundry anda wajib menyiapkan modal awal yang akan anda butuhkan. Walaupun dalam hal ini bisnis yang akan anda jalankan termasuk bisnis yang terbilang sederhana, tetapi anda tetap harus memperhatian bentuk modal yang akan anda keluarkan. Modal yang dapat anda siapkan yaitu pertama, perlatan yang akan anda pakai. Kedua, biaya operasional untuk memulai bisnis anda. Ketiga, Jenis detergen apa yang akan anda gunakan. Keempat. Bagaimana anda memasarkan bisnis anda agar masyarakat mengetahui anda sedang membuka jasa laundry. Jadi, hal yang paling terpenting wajib anda miliki sebelum memulai usaha bisnis laundry yaitu memiliki modal.

2. Lokasi

 

Sebelum memulai bisnis laundry, anda juga harus memastikan memiliki lokasi yang bagus dan strategis untuk bisnis laundry anda. Dalam hal ini lokasi merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis laundry. Lokasi yang strategis memudahkan masyarakat menjangkau bisnis anda agar tetap berjalan juga tidak sepi pelanggan. Jika anda tidak mempunyai modal yang cukup untuk menyewa atau membeli tempat yang strategis maka anda dapat menggunakan tempat tinggal anda untuk melakukan kegiatan bisnis tersebut. Lokasi strategis yang bisa anda pilih yaitu pertama, anda dapat memilih lokasi sekitar kampus karena mahasiswa merupakan peluang anda untuk mendapatkan pelanggan. Kedua, daerah kos juga juga merupakan sasaran yang tepat dalam kegiatan bisnis anda. Ketiga, anda juga bisa memilih yang dekat dengan hotel karena tidak sedikit hotel yang melimpahkan cucian customernya ke jasa laundry sekitar.

3. Harga

Memperhitungkan harga yang tepat untuk jasa laundry tersebut sangatlah penting. Dengan memperhatikan target dan kebutuhan pasar membuat anda dapat mematok harga yang sangat tepat. Selain itu, anda dapat menambahkan paket agar pelanggan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Harga yang tinggi dapat anda patok jika pelanggan anda memilih jasa layanan cuci premium. sedangkan, anda juga dapat mematok dengan harga yang tinggi apabila customer anda memilih jasa layanan cuci yang standart.

Hal yang harus anda perhatikan dalam mematok harga juga terkait biaya operasional bisnis anda. Biaya operasional tersebut meliputi biaya untuk membeli perlenglapan cuci, membayar listrik hingga membayar gaji karyawan serta menyiapkan untuk pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga.. Dengan demikian harga yang anda tawarkan tidak merugikan bisnis yang sedang anda jalani.

4. Keuangan 

 

 

Mengelola keuangan dengan baik ketika bisnis yang telah anda rintis sudah berjalan dengan baik sangat anda butuhkan. Mengatur aliran kas masuk dan kas keluar bisnis anda menjadi elemen bisnis anda agar dapat berjalan dengan lancar. Adanya laporan keuangan membuat setiap terjadi pengeluaran kas maupun pemasukan kas tercatat dserta terperinci. Dengan demikian aliran uang tersebut terlihat jelas serta mengurangi resiko kebocoran biaya yang telah anda gunakan. Anda dapat mengetahui keuntungan bersih yang telah anda peroleh dari omset yang anda dapat kemudian telah anda kurangi dengan biaya operasional kegiatan bisnis tersebut.

Nah, berdasarkan artikel tersebut, Apakah anda sudah memahami cara untuk memulai  bisnis laundry ? Dengan menyiapkan startegi untuk memulai bisnis anda dengan baik, Anda bisa mengetahui seberapa besar peluang dalam menarik pelanggan. Konsultan.co dapat memandu Anda untuk merencanakan dan memulai  bisnis yang anda inginkan loh!

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177