Waspadai Myopia Marketing Agar Bisnis AndaTidak Tersingkir

Waspadai Myopia Marketing – Anda seharusnya sudah memahami strategi pemasaran digital. Tapi bagaimana dengan pemasaran miopia?

Seperti halnya rabun jauh atau rabun jauh pada mata, miopia marketing merupakan suatu kondisi yang menyebabkan para pelaku bisnis tidak fokus

pada penjualan produk jangka panjang, melainkan berkomitmen untuk mengikuti trend yang sedang berkembang atau produk yang bukan merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi konsumen.

Dengan kata lain, perusahaan hanya mengandalkan produk tertentu yang dapat menghasilkan keuntungan jangka pendek.

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan seharusnya tidak hanya melihat dirinya sebagai produsen, tetapi harus mampu berperan dalam memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen.

Hal ini penting dilakukan dalam strategi digital marketing. miopia memanifestasikan dirinya, ketika bisnis Anda terlalu fokus pada penjualan barang, tetapi tidak mengikuti keinginan atau perkembangan pasar.

Waspadai Myopia Marketing Agar Bisnis Anda Tidak Tersingkir

Untuk lebih memahami, Anda dapat mempelajari beberapa contoh masalah dari merek raksasa bernama Kodak. Pada zamannya, brand atau produk Kodak sudah cukup dikenal di dunia fotografi, film dan kamera.

Pada tahun 1975, Kodak berhasil membuat kamera digital berkat salah satu karyawannya, sayangnya Kodak memilih untuk menyembunyikan produknya daripada menjualnya.

Happy two girls holding bunch of shopping bags

Merek Kodak mungkin tidak menyadari bahwa konsumen tidak hanya membutuhkan kamera dan film, tetapi juga perangkat yang mampu menyimpan gambar. seluruh hidup mereka dengan semua produk Kodak.

Untuk menghindari kondisi rabun jauh terhadap pelanggan saat melakukan pemasaran, Anda bisa mempelajari dan menerapkan beberapa poin di bawah ini.

1. Pahami Konsumen dan Buyer’s Journey 

Perjalanan pembeli adalah proses yang dialami oleh calon pelanggan ketika membuat keputusan untuk membeli suatu produk. Ketika Anda memahami konsumen, proses mereka, dan pola mereka,

Anda dapat segera menghindari miopia pemasaran. Tentu saja, dengan catatan, penelitian dilakukan secara detail dan tidak terburu-buru, sehingga Anda tahu mengapa pelanggan memilih produk Anda dan menilainya lebih dari produk sejenis dari merek pesaing.

Seperti merek Kodak, perusahaan telah memilih untuk mengabaikan kebutuhan akan dukungan pelanggan untuk merekam kenangan atau kenangan.

Kodak memilih untuk tidak menjual penemuan-penemuan besar berupa kamera digital, meskipun menyembunyikannya hingga Kodak secara bertahap kehilangan pelanggan.

Closeup of online customer service satisfaction survey on a smart phone.

2. Terus Berkembang dan Berinovasi 

Myopia marketing menyebabkan pertumbuhan bisnis terhenti. Jika Anda membiarkannya, pesaing akan dengan mudah mengambil posisi Anda di pasar, bahkan dapat mengalihkan semua pelanggan Anda ke produk dan merek pesaing.

Ingatlah bahwa satu-satunya hal yang dapat menjamin kelangsungan hidup sebuah bisnis adalah adanya permintaan atau kepuasan kebutuhan konsumen akan produk atau jasa bisnis Anda.

Jadi ketika produk yang Anda miliki tidak berkembang sesuai dengan kebutuhan konsumen, bersiaplah untuk turun.

3. Jangan Takut dengan Brand Cannibalism

Kanibalisme merek adalah suatu kondisi di mana merek produk lain dengan jenis produk serupa saling menyerang di pasar karena memiliki industri yang sama.

Jika Anda ingin mengembangkan diri, Anda tidak perlu takut dengan kejadian ini. , ada juga banyak peluang untuk menjual produk yang sama saat bekerja dengan perusahaan pemasaran digital terbaik.

Misalnya, penjualan produk mie instan dalam kemasan cup yang jelas akan menggerogoti pasar mie instan berbungkus plastik, namun penjualan ini akan menciptakan pasar baru di dunia makanan instan atau mie instan.

di atas kompor atau di microwave tertarik untuk membeli mi instan versi cup.

Pada prinsipnya, kanibalisme merek tidak akan menjadi masalah atau gangguan yang berarti ketika Anda mengetahui target pangsa pasar Anda, baik dari segi usia, lokasi, dll.

Selain ketiga cara di atas, Anda juga dapat meminta bantuan orang atau tim yang berpengalaman di bidangnya, seperti konsultan merek, yang akan memudahkan

Anda untuk terus mengembangkan produk, terhindar dari miopia pemasaran dan terus bersaing dengan merek pesaing. . .

Baca Artikel Lainnya :

Ingin Profit Bisnis Anda Naik Berlipat? Atur Strategi Manajemen Operasional Bisnis!

4 Tips Penting Analisis Pasar Agar Bisnis Anda Berkembang

Manajemen yang baik dalam Bisnis

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro — Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru — Sidoarjo

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen


KONSULTASIKAN BISNIS ANDA

REKO [PRABOWO