Pilih Laman

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) adalah

 

Apakah Anda mempunyai permasalahan terhadap manajemen stock barang atau produk Anda? Atau Anda tidak bisa memperkirakan seberapa besar kebutuhan stock bulan-bulan berikutnya? Bahkan Anda masih kebingungan bagaimana mengatur stock lama gudang? Saatnya Anda memahami dan menerapkan “Manajemen Rantai Pasok” pada produk Anda.

 

Manajemen Rantai Pasok

Diagram Proses Manajemen Rantai Pasok

 

Manajemen rantai pasok memiliki makna sebagai proses terpadu yang mendukung sistem informasi kepada manajemen mengenai pengadaan produk serta manajemen dengan mitra (seperti pemasok atau supplier). Sebenarnya tidak hanya pemasok atau supplier saja ya, yang termasuk ke dalam manajemen rantai pasokan yaitu retailer, konsumen, produsen, distributor, dan lainnya yang masih relevan dengan proses ini.

 

Aktivitas yang terjadi pada rantai ini mencakup beberapa aspek yang cuku kompleks, terlihat sederhana namun sebenarnya banyak yang terlibat. Aktivitas yang mencakup pada kegiatan ini yaitu proses pengembangan dan bagaimana suatu produk tersebut di ciptakan. Kemudian terdapat proses pengadaan yang mana proses ini berhubungan dengan pemilihan supplier dan menciptakan kerjasama dengan supplier. Proses controlling atau pengendalian produksi juga termasuk dalam proses ini yang kemudian melanjutkan proses pelayanan pasca penjualan dan pengembangan produk-produk terbaru.

 

Manfaat Apa yang Anda Peroleh Ketika Menerapkan Supply Chain Management?

 

Banyak perusahaan yang rata-rata mendapati kenyataan bahwa profit perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan. Hal ini tidak serta merta disebabkan karena faktor eksternal saja, atau pun marketing yang kurang tokcer. Supply chain management yang baik juga berperan penting menjaga kestabilan profit perusahaan. Bagaimana manajemen yang baik dapat mempengaruhi kestabilan bahkan peningkatan profit usaha? Karena dengan manajemen yang baik, pelayanan akan terasa memuaskan bagi konsumen sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Apa saja keuntungan yang lain? Mari kita simak bersama.

 

#1 Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

 

Manajemen Rantai Pasok

Manajemen rantai pasok yang baik dapat meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan

Salah satu faktor kepuasan pelanggan adalah bagaimana pelanggan tersebut merasa produk yang Anda tawarkan mampu memahami dan menjawab permasalahan mereka. Pelanggan merasa kebutuhan mereka dapat terpenuhi, karena Anda mampu membaca apa yang mereka butuhkan, Selain itu Anda juga melakukan pelayanan dengan cepat dan tepat.

Respon menerima pesanan pelanggan, waktu produksi dan pengemasan yang sudah terprediksi dengan tepat, dan yang terakhir pengiriman barang yang tepat waktu dan tepat sasaran. Jika sudah begini, pelanggan akan merasa puas akan pelayanan dari perusahaan Anda, sehingga mereka akan cenderung setia kepada Anda. Loyalitas pelanggan inilah menjadi peran penting atau faktor utama dalam manajemen rantai pasok bisnis.

#2 Profit akan Meningkat

Hal inis sejalan dengan poin pertama, semakin banyak yang setia menggunakan produk Anda, maka biaya produksi tidak akan terbuang sia-sia. Profit pun juga akan meningkat karena pengguna produk Anda juga semakin meluas dan merasa selalu membutuhkan produk Anda.

Namun, banyaknya pelanggan yang membeli produk Anda bukan jaminan profit Anda meningkat. Memang, omset Anda pasti meningkat tajam, tapi hal ini tetap menyesuaikan dengan biaya produksi, biaya distribusi, biaya piutang, Jika, biaya tersebut besar,o otomatis profit Anda tidak meningkat secara signifikan, Karena omset yang tinggi digunakan untuk menutupi biaya produksi yang tinggi.

 

#3 Mampu Menurunkan Biaya

Jika dulu perusahaan harus mengeluarkan biaya banyak untuk proses pengadaan barang, produksi, dan juga pendistribusian barang/jasa, kini semua terasa berbeda. Dengan adanya Supply Chain Management, sebuah perusahaan dapat menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk semua proses tersebut. Adanya pengintegrasiaan aliran produk dari perusahaan kepada para konsumen dapat mengurangi biaya pada jalur produksi dan juga distribusi.

 

#4 Dapat Mengelola Aset dengan Maksimal

Menerapkan manajemen yang sesuai dapat memaksimalkan aset perusahaan. Aset perusahaan yang dimaksud disini adalah karyawan dan software dalam perusahaan. Keduanya saling bersinergi untuk mendukung jalannya rantai pasokan. Karyawan sebagai salah satu aset terbesar dalam perusahaan tentu saja akan berusaha meningkatkan keterampilan dan juga pengetahuannya agar dapat menerapkan manajemen rantai pasokan dengan maksimal. Mereka akan berlatih bagaimana caranya memanfaatkan teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan manajemen rantai pasokan.

#5 Dapat Memprediksi Kebutuhan Pasar

Manajemen rantai pasok yang baik dapat berdampak bagaimana Anda menentukan produk Anda kedepannya. Anda dapat mengidentifikasi produk yang konsumen sukai. Setelah meliris apa-apa saja produk yang konsumen butuhkan, Anda bisa untuk kemudian mengkomunikasikan kepada para operator produksi/perancangan produk.

Apakah Anda sudah merasakan manfaat pentingnya menerapkan manajemen ini? Atau justru Anda belum menerapkan terhadap bisnis yang sedang Anda jalani? Sekarang saatnya Anda berani mengubah pola kerja bisnis Anda, agar keuntungan atau profit yang Anda dapatkan bisa berasal dari berbagai faktor, salah satunya ya melalui supply chain management. Bersama kami, tim konsultan.co, kami akan mendampingi bisnis Anda hingga mampu menciptakan suatu sistem manajemen bisnis yang akan menguntungkan Anda secara berlipat. Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177