Skip to content

Kunci Sukses Bisnis Pet Shop

Kunci Sukses Bisnis Pet Shop

Bagi pecinta hewan membuka bisnis Pet Shop bisa jadi peluang usaha yang menggiurkan. Saat ini, pet shop merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena semakin banyak masyarakat yang memelihara hewan. Bisnis yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang positif. Karena banyak orang yang merasa bahwa hewan peliharaan bisa membawa kegembiraan dan kesenangan dalam hidupnya.

Jika Anda termasuk ke dalam orang yang mencintai hewan dan senang berinteraksi dengan mereka, Anda bisa mengubah hobi memelihara hewan menjadi usaha bisnis pet shop. Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Namun konsultasikan terlebih dahulu rencana anda tersebut dengan konsultan bisnis yang mungkin memiliki perspektif lain.

Berikut adalah beberapa kunci sukses bisnis pet shop yang bisa Anda ikuti.

1. Sesuaikan produk yang dijual dengan yang dibutuhkan konsumen

Kunci sukses pertama bisnis pet shop yaitu menentukan dulu apa konsep bisnis dan produk utama yang akan diusung oleh bisnis pet shop Anda. Produk umum yang disediakan oleh sebuah bisnis pet shop adalah pakan hewan peliharaan. Produk selanjutnya yang juga lazim dijual adalah aksesoris hewan peliharaan, seperti contohnya kostum, alat grooming, bantal, tempat tidur, dan lain sebagainya. Obat-obatan dan aksesoris perawatan juga sebenarnya cukup penting, namun tidak semua pet shop mampu menyediakannya.

Untuk mengetahui produk apa yang dibutuhkan konsumen untuk hewan peliharaan mereka, Anda bisa bergabung dengan komunitas dan forum pecinta hewan. Biasanya akan ada banyak diskusi dan tukar pikiran serta pengalaman dalam kelompok-kelompok ini. Dari sana, Anda bisa menangkap hal-hal apa yang menjadi kebutuhan mereka. Selain itu, Anda bisa mempelajari produk yang akan dijual dari akun media sosial dari pet enthusiast atau para dokter hewan. Mereka biasanya jauh lebih paham tentang kebutuhan para hewan dibanding orang biasa.

2. Berikan pelayanan dengan konsep one-stop service

Kunci sukses bisnis pet shop yang kedua yaitu memberikan pelayanan dengan konsep one-stop service atau semua jenis layanan untuk memberikan image positif bagi pet shop Anda. Petshop yang anda dirikan bisa menjadi tempat masyarakat membeli berbagai jenis makanan dan aksesoris yang digunakan oleh hewan peliharaan, menjadi tempat perawatan anjing dan kucing (memandikan hewan, merawat bulu hewan, memotong kuku, hingga vaksinasi hewan peliharaan), dan juga tempat penitipan hewan peliharaan. Namun jika Anda masih kekurangan dana modal untuk melakukan keseluruhan layanan tersebut, Anda bisa fokus melayani beberapa layanan saja terlebih dahulu.

3. Sediakan tenaga profesional dan rekomendasi dokter hewan

Kunci sukses bisnis pet shop ketiga yaitu menyediakan sumber daya manusia atau tenaga profesional di bidangnya. Tenaga yang profesional akan menentukan mutu bisnis yang dibangun. Bekerja sama dengan para pelatih profesional berkualifikasi tinggi mampu memberikan berbagai pelayanan, perawatan, serta pelatihan kepada hewan perliharaan dengan lebih maksimal. Sehingga pengunjung yang datang akan merasa puas.

Selain itu, untuk mendirikan pet shop harus berdasar rekomendasi dari dokter hewan. Pendiriannya dilarang sebatas sebatas izin bangunan atau usaha. Penanggungjawabnya merupakan dokter hewan yang berstatus anggota PDHI. Dokter hewan akan bertugas memastikan obat-obat yang disediakan pet shop aman diberikan pada hewan peliharaan dan sesuai takarannya. Izin rekomendasi tersebut guna memastikan hewan tetap sehat dan tidak menularkan penyakit ke manusia, khususnya anjing yang masih menjadi momok virus rabies.

4. Kelola stok barang dengan baik

Kunci sukses bisnis pet shop keempat yaitu mengelola stok barang dengan baik. Rata-rata orang datang ke pet shop untuk membeli makanan untuk hewan peliharaannya. Selain itu, juga membeli vitamin dan obat-obatan. Maka dari itu, jangan sampai kehabisan stok sehingga konsumen beralih ke toko lainnya. Sediakan berbagai merk, mulai dari yang standar hingga premium dalam berbagai ukuran. Anda harus memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing produk yang dijual supaya jika ada konsumen yang menanyakan mengenai rekomendasi makanan Anda bisa menjawabnya.

5. Gunakan layanan online untuk berjualan

Kunci sukses bisnis pet shop kelima yaitu menggunakan layanan online untuk berjualan. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, kunci sukses bisnis pet shop selanjunya adalah membuat strategi pemasaran yang efektif. Setelah petshop dibuka, jangan lupa untuk melakukan promosi untuk grand opening. Acara grand opening bisa disebarkan secara online melalui media sosial.

Selain mengandalkan toko fisik, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace untuk menjual barang online. Pastikan jumlah stok yang tertera pada marketplaces atau website sama dengan stok yang ada di toko Anda.

6. Cari supplier

Sebagai pecinta hewan, tentu Anda sudah mengetahui bahwa ada berbagai jenis dan merek makanan hewan. Kunci sukses bisnis petshop berikutnya adalah dengan mencari supplier makanan hewan yang berkualitas. Anda bisa bertanya pada komunitas pecinta hewan dimana menemukan supplier terpercaya atau bisa dengan menghubungi produsen makanan hewan tersebut dan menawarkan bentuk kerjasama.

7. Lakukan evaluasi kinerja dan kondisi bisnis secara berkala

Kunci sukses bisnis yang terakhir yaitu melakukan evaluasi kinerja dan kondisi bisnis pet shop. Hasil evaluasi yang kamu dapat, bisa kamu gunakan untuk memperkirakan kebutuhan dan tantangan bisnis di periode berikutnya. Hal-hal seperti jumlah penjualan, masalah logistik, pemilihan pemasok, strategi pemasaran, dan lain sebagainya bisa ditentukan berdasarkan hasil evaluasi ini. Dengan begitu, bisnis pet shop milikmu akan selalu berada di arah yang tepat untuk terus berkembang.

Itulah beberapa rahasia & kunci sukses yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis pet shop. Bisnis hewan peliharaan bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda pecinta hewan peliharaan. Jika itu adalah Anda, jangan takut akan toko hewan yang sudah ternama. Dengan keahlian Anda, identitas brand yang kuat, dan kreatifitas dalam pemasaran, Anda memiliki kesempatan untuk bersaing di dalam industri ini.

Ingin tau lebih detail? Silahkan hubungi 0813-5991-1773