Skip to content

Konsultan SOP – Standar Operasional Prosedur

Konsultan Standar Operasional Prosedur

Konsultan SOP saat ini banyak dicari dan digunakan jasanya oleh perusahaan, organisasi ataupun institusi. Selain mendapatkan bantuan dalam standarisasi perusahaan atau organisasi akan memiliki pegawai yang terlatih. Ini bisa perusahaan atau organisasi rasakan ketika mereka meminta bantuan Konsultan SOP untuk membentuk karakter pegawai mereka.

Standar Operasional Prosedur merupakan acuan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja dari suatu perusahaan atau instansi pemerintahan yang dibantu oleh Konsultan SOP berdasarkan indikator-indikator teknis, administrative dan prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang saling bersangkutan.

Dalam menyusun SOP perusahaan perlu adanya konsentrasi dan pertimbangan yang matang. Sebab, SOP tersebut akan menjadi acuan operasional perusahaan secara keseluruhan dan harus ditaati oleh karyawan. Oleh karena itu, dalam penyusunannya harus dipikirkan dengan seksama. Agar penyusunan SOP dapat dilakukan dengan baik.

Untuk menyusun Standar Operasional Prosedur perusahaan yang benar, maka bisa meminta bantuan konsultan SOP untuk membentuk karakter karyawan yang handal dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya sesuai pedoman yang dibuat.

Adanya SOP akan lebih membuat nyaman pegawai, dalam melaksanakan pekerjaannya. Karena jika ada kesalahan dari hasil kerja padahal pegawai tersebut sudah mengikuti langkah-langkah kerja dalam SOP, maka yang perlu direvisi adalah SOP nya. Bukan langsung menghakimi pegawai yang bersangkutan.

SOP adalah alat bisnis yang bermanfaat karena mengkomunikasikan cara yang benar dalam menjalankan suatu kegiatan dalam organisasi Anda. Standar Operasional Prosedur memberikan fungsi bagi bisnis Anda sebagai berikut:

  • Konsistensi : Alasan nomor satu untuk memberlakukan SOP adalah konsistensi dalam cara seseorang melakukan tugas atau kegiatan tertentu. Semakin konsisten suatu proses dari orang ke orang, semakin kecil kemungkinan terjadinya masalah pada kualitas.
  • Reduksi kesalahan : Prosedur tertulis merinci serangkaian instruksi untuk melakukan tugas. Selama setiap individu dalam tim Anda melakukan tugas seperti yang tertulis, ada peluang lebih besar untuk mengurangi kesalahan.
  • Komunikasi : Alasan hebat lainnya Anda membutuhkan SOP di organisasi Anda adalah untuk kepentingan komunikasi. Dengan perbaikan yang dilakukan pada proses, prosedur operasi diperbarui, dan setiap pembaruan memerlukan pelatihan baru. Memperbarui SOP menyediakan metode untuk mengkomunikasikan perubahan proses kepada karyawan.

Standar Operasional Prosedur yang baik adalah prosedur yang memiliki informasi dan langkah-langkahnya dapat dipahami secara akurat, sehingga memfasilitasi terjadinya ketaatan terhadap lingkungan. SOP sebaiknya dibuat dengan melihat aktivitas yang berlangsung di lapangan, kemudian aktivitas tersebut dibuat dan disusun berdasarkan hal-hal yang terjadi di lapangan. Perlu dipahami bahwa tidak semua elemen organisasi melakukan SOP.

Saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan konsultan untuk membuat SOP, apakah perlu dilakukan? Tentu saja perlu, jika ingin mendapatkan bantuan dalam melakukan standarisasi perusahaan dan karyawan bisa bekerja sesuai prosedur.

BACA JUGA : Mengenal Konsultan Bisnis Proses yang Benar

Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat melatih kemandirian pegawai tidak sepenuhnya bergantung pada intervensi manajemen. Hal ini akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Sebab di dalam SOP sudah mengatur seluruh pekerjaan, tugas, dan kegiatan para karyawan dengan cermat dan sesuai pada porsinya, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Manfaat Dan Fungsi Konsultan SOP

  • Acuan/pedoman Kerja Sehingga output Pekerjaan Konsisten
  • Ukuran Standar Kinerja Untuk Membantu Evaluasi Kinerja Pegawai Dan Juga Perbaikan Mutu
  • Menjelaskan/menganalisis Suatu Proses Dan Menjadi Acuan Pengawasan/pemeriksaan/audit

Jika SOP dipatuhi dan tidak dilanggar, maka perusahaan akan memperoleh hasil yang maksimal, dengan begitu kinerja perusahaan akan meningkat. Apabila terjadi kesalahan prosedural, mudah sekali untuk melacaknya karena dalam SOP sudah diatur secara rinci proses operasional perusahaan di setiap bagian.

Untuk mengetahui cara membuat SOP yang baik, Anda bisa konsultasikan dengan kami konsultan SOP. Silahkan hubungi kontak yang tersedia dalam web ini.