PROLOG

Judul Prolog : Apakah Laporan Keuangan Kalian Bermasalah?

Isi Prolog

Pernahkah laporan keuangan bisnis Anda mengalami masalah rumit? Jika Anda pernah mengalami masalah yang serius dalam pembuatan laporan keuangan, Anda harus mulai aware dan cek dari sekarang. Kenapa laporan keuangan yang bersih begitu penting dalam bisnis Anda? Karena akan memudahkan Anda mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis.

Selain itu, pentingnya laporan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi akan membuat bisnis Anda semakin profit. Lalu, apa saja kira-kira kesalahan laporan keuangan yang fatal dan sering terjadi? Mari kita cek bersama.

 

ISI 

Judul Isi: Ini 3 Kesalahan Fatal Dalam Laporan Keuangan Bisnis Anda!

ISI TEMA

1. Kesalahan dalam Memperhitungkan Persediaan Barang

Persediaan dalam perusahaan dagang merupakan aset yang penting. Tentunya perusahaan akan melakukan perhitungan secara fisik untuk menyesuaikan dengan laporan persediaan yang telah dibuat sebelumnya. Bisa saja karena salah memperhitungkan membuat persediaan di akhir periode terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Hal ini nanti akan berdampak pada neraca yang ada dalam laporan keuangan.

2. Kesalahan Pencatatan

Kesalahan pencatatan bisa saja terjadi sehingga nominal untuk akun tidak sesuai. Misalnya saja saat penjualan tunai anda keliru membukukannya sebagai penjualan kredit. Hal ini berdampak pada hutang bertambah dan kelebihan kas saat dilakukan cash opname.

3.  Tidak Menghitung Harga Pokok Penjualan Dengan Teliti

Dalam menentukan harga pokok penjualan dalam perusahaan harus memperhatikan tiga hal yakni persediaan, pembelian bersih dan retur. Mungkin saja anda lupa untuk memasukkan biaya angkut dan retur untuk menghitung harga pokok penjualan tersebut. Akhirnya harga pokok penjualan yang ditampilkan tidak akurat lagi.

 

Terdapat Langkah-Langkah dalam Meminimalisasir Kesalahan Pengelolaan Keuangan, yaitu :

1.     Buat Business Plan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk merealisasikan Financial Goals untuk bisnis online adalah dengan membuat rencana bisnis atau Business Plan. Anda bisa menyederhanakan isi dari rencana bisnis dimulai dari pertanyaan apa yang ingin Anda lakukan, dan bagaimana Anda merealisasikannya. Berapa banyak laba atau profit yang Anda rencanakan, berapa banyak modal yang Anda miliki untuk memulai, dan pengeluaran apa saja untuk membangun bisnis Anda.

Gagasan-gagasan yang dibangun dalam rencana bisnis bukan untuk memprediksi masa depan, tetapi seperti membuat peta bagi diri Anda sendiri agar Anda tidak tersesat dalam perjalanan bisnis Anda.

2.     Buat Laporan dan Akun Keuangan Terpisah

Tidak masalah jika Anda mengoperasikan bisnis online Anda sebagai bisnis berbadan hukum yang legal atau jika Anda hanya ingin “cek ombak” saja. Menggabungkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi Anda adalah ide yang buruk. Karena hal itu akan menyakiti kesehatan keuangan bisnis Anda. Untuk mengatasi ini, buat akun bank terpisah untuk bisnis online Anda. Gunakan itu untuk menyetorkan pendapatan yang bisnis Anda terima. Tidak hanya akun bank, namun laporan keuangan pun juga harus Anda buat terpisah. Akun bank dan laporan keuangan terpisah diperlukan untuk meninjau keuangan bisnis Anda secara mendetail dan untuk memberikan citra profesional untuk bisnis Anda. Mengetahui situasi keuangan yang tepat dari bisnis Anda sangat penting untuk keberlangsungan hidup bisnis.

Anda akan mengetahui pengeluaran uang untuk bisnis dan melakukan penyesuaian jika dirasa terlalu boros dan Anda juga akan mengetahui detail pemasukan untuk bisnis Anda.

3.     Lakukan Re-Invest

Aturan umumnya adalah menginvestasikan 75% penghasilan Anda kembali untuk bahan promosi bisnis Anda. Pada mulanya bisa setinggi 100%, karena Anda perlu mengomunikasikan brand anda kepada pelanggan. Karena tanpa pelanggan, Anda tidak akan menghasilkan uang. Aset yang bersifat mewah seperti mobil baru tidak akan berdampak efektif terhadap bisnis Anda, dengan kata lain tidak akan memberi Anda pelanggan baru. Tetapi iklan atau bentuk promosi lainnya yang bagus akan berdampak efektif. Anda harus belajar untuk re-invest terhadap bisnis online Anda secara bijak jika Anda ingin mendapatkan feedback yang bagus.

4.     Organisir SOP Terkait Pembayaran dan Pengeluaran                    Transaksi Bisnis

Tidak ada yang “membunuh” bisnis Anda lebih cepat ketika Anda lupa membayar tagihan terkait operasional bisnis Anda dan kepada siapa Anda berutang. Bayangkan jika Anda lupa memperbarui pendaftaran nama domain web Anda. Berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk membayar berbagai denda yang ditagihkan kepada bisnis Anda. Jadi, buat SOP yang terorganisir dengan jelas, lugas, dan rapi.

5.     Atur Pengeluaran untuk Promosi atau Pemasaran Bisnis

Lakukan tindakan kepada bentuk iklan yang tidak efektif. Mulai hentikan pengeluaran terhadap usaha yang tidak memberi keuntungan. Bisnis Anda akan menjadi lebih baik jika Anda berusaha untuk tetap konsisten kepada segala upaya yang memberikan feedback positif untuk Anda. Di sisi lain, gencarkan kampanye iklan yang menguntungkan. Dengan kata lain, lakukan secara konsisten usaha yang membawa lebih banyak profit daripada pengeluaran yang sia-sia. Aturan ini mungkin terdengar sederhana, tetapi banyak pemilik bisnis online mengabaikan aturan ini. Sebaliknya, mereka malah mengejar istilah White Elephant, banyak mengeluarkan biaya untuk tujuan yang tidak pasti.

PENUTUP

Dari ketiga penyakit bisnis akibat laporan keuangan yang belum beres diatas, manakah yang sering Anda alami? atau justru semuanya sering dan selalu Anda alami? Mungkin ini saatnya Anda harus berhenti meratapi itu semua dan bangkit untuk mengatasi masalah itu dengan solusi terbaik dari kami. Cek kondisi kesehatan laporan keuangan bisnis Anda dengan Layanan Crosscheck Laporan Keuangan dari Tim Konsultan kami.

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo (081398646177)