Pilih Laman

Susahnya Merintis Usaha

 

kendala merintis di fase awal

 

Merintis usaha masa pandemi ini sebenarnya menjadi “momok” tersendiri bagi sebagian besar masyarakat yang merasa nasib bisnisnya akan terancam. Susahnya merintis usaha ini sudah tertanam dalam pola pikir orang-orang, sehingga mereka takut untuk gagal dan mencoba. Mereka takut akan kegagalan dalam berusaha, takut akan profit usaha yang pada ujungnya tidak bisa balik modal, atau bangkrut ketika bisnis mulai justru berhasil menapaki puncaknya. Dan masih banyak lagi pikiran-pikiran “liar” orang-orang. Nah, apa saja kesulitan-kesulitan yang biasa dialami oleh pebisnis ketika merintis usaha? Bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan dalam merintis usaha? Simak kelengkapannya dalam artikel kali ini.

 

5 Kendala Merintis Usaha

 

“Merasakan kendala yang dihadapi pebisnis ketika merintis usahanya adalah hal yang lumrah dan wajar terjadi. Kendala utama itu ada di mindset, mindset pecundang harus dibuang jauh-jauh, karena ini sangat berbahaya sekali. Jangan biarkan lama-lama terbentuk dalam pola pikir Anda. Mengubah mindset adalah syarat awal bagi pebisnis. Berusaha belajar dan terus menerus mencari peluang untuk mencapai target bisnis”

 

Sejatinya, memulai usaha pun tidak hanya berdasarkan dari kebutuhan modal yang cukup saja, namun banyak faktor yang penting untuk memulai usaha ketika masa starter atau awal. Mulai dari kesiapan mental, relasi yang mendukung, perencanaan yang matang dan masih banyak lagi. Banyaknya kendala yang selalu dialami oleh pebisnis ketika memulai usaha yang membuat sebagian besar pebisnis ketar-ketir ketika ingin melanjutkan bisnisnya. Apa saja kendala itu?

 

#1 Mindset Bisnis Belum Terbentuk 

Bagaimana seharusnya membentuk mindset pebisnis yang bisa menghantarkan kita menuju kesuksesan dalam berbisnis? Sejujurnya, membangun sebuah mindset bisnis itu tidak semudah apa kata motivator-motivator, karena “do action” lebih susa daripada hanya sekedar membuat rangkaian kata saja. Namun, tahukah Anda? justru mindset yang sudah ditanam sedari awal akan dapat membantu Anda meraih target bisnis.

Mindset adalah kekuatan utama bagi seorang pebisnis. Dahsyatnya kekuatan mindset dapat membentuk pribadi menjadi lebih kuat dan siap menghadapi terjangan dalam berbisnis. Kelima mindset itu adalah berani ambil resiko, pintar mencari peluang baru, beriorientasi pada “action“, tidak berhenti belajar, dan mau mendengarkan orang lain.

#2 Tidak Adanya Dukungan Penuh 

Kendala ini seringkali dialami oleh pebisnis pemula yang sedang berjuang merintis dari awal. Banyak yang menentang atau meremehkan kemampuan Anda ketika memulai untuk berbisnis, pertentangan ini justru biasanya muncul dari orang terdekat Anda. Benar-benar menguji mental pada fase ini.

Nah, jika Anda sudah mencapai titik ini, cobalah untuk menguatkan diri Anda dan mulai mencari mentor bisnis yang sekiranya mempunyai visi dan misi yang sama. Bimbingan dan dorongan dari mentor bisnis akan membuat Anda semakin semangat melawan ketidak percayaan diri Anda. Kalau Anda belum berminat mendapatkan arahan dari mentor, Anda bisa bergabung dengan grup-grup bisnis sosial media. Anggota grup ini merasa senasib dan seperjuangan, sehingga mereka akan saling memahami dan bahkan memberikan support penuh untuk Anda.

#3 Target yang Tidak Realistis

Tidak salah menjadi seorang yang ambisius dan visi misi yang besar, tapi Anda juga realistis. Sesuaikan kondisi bisnis dengan faktor eksternal dan internal bisnis. Hal ini justru sering menimbulkan perasaan tertekan saat bisnisnya tidak berjalan sesuai rencana. Ada baiknya untuk tidak terlalu menekan diri sendiri dengan target-target yang mencekik. Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Selain meringankan pekerjaan, meminta bantuan menandakan Anda sudah mengetahui dimana keterbatasan anda. Dengan mengetahui keterbatasan yang tidak mungkin bisa Anda lakukan, bisa menjadi bahan untuk mengevaluasi kemampuan Anda kedepannya.

 

#4 Mencari Pelanggan

Banyaknya kompetitor-kompetitor lawas membuat tantangan tersendiri bagi Anda si pemain baru. Tapi, jangan salah ya, ini justru peluang emas bagi Anda untuk mengetahui dan memahami kelemahan kompetitor Anda. Kelemahan yang ada bisa dipakai untuk membuat inovasi-inovasi baru buat produk Anda, Anda harus bisa meyakinkan calon pelanggan, bahwa produk Anda ini berbeda dari yang lain. Anda dapat mengatasi hambatan ini dengan memberikan sampel produk kepada calon konsumen Anda. Bisa juga dengan memberikan promo di awal, seperti beli satu gratis satu. Diskon juga menjadi bagian yang sangat menarik untuk meraup konsumen. Selain itu, yang terpenting adalah berikan kesan pelayanan yang sangat memuaskan.

 

#5 Belum bisa Konsisten, Setengah-setengah 

Butuh konsistensi yang tinggi dalam merintis startup. Anda juga harus mengantisipasi segala sesuatu yang akan terjadi kedepannya pada bisnis anda. Apabila bisnis yang anda tekuni sedang mengalami penurunan maka jangan sampai terlena dengan bisnis tetangga yang sedang viral. Bisa jadi anda akan tergoda untuk mulai merambah bisnis lain. Hal ini tentu sangat akan fatal bagi bisnis yang saat ini anda tekuni. Yang harus anda lakukan pada bisnis startup anda apabila sedang dalam masalah yaitu jangan pernah keluar dari bisnis startup tersebut dan temukan solusi terbaik.

 

Mengalami kendala dalam berbisnis bisa menjadi pelajaran Anda untuk terus berkembang dan tidak menyerah dalam mengembangkan usaha. Tidak ada pilihan lain selain menghadapi dan mengatasi kendala tersebut agar Anda mampu mengalahkan ketakutan atau kegagalan dalam berbisnis. Kerisauan Anda dalam berbisnis bisa teratasi dengan bergabung bersama kami di Konsultan.co. Kami akan membimbing setiap langkah dalam berbisnis. Raih profit yang memuaskan bersama Konsultan.co.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177