KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

Expert,+62 813 – 9864 – 6177,
Penyebab Kegagalan Adam Air, Kegagalan Manajemen Adam Air,
Kegagalan Dalam Manajemen Proyek, Kegagalan Dalam Manajemen, Kegagalan Sistem Informasi Manajemen

Hasil gambar untuk adam air

Adam Air memiliki nama resmi PT. Adam Sky Connection Airlines adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya murah yang ada di Indonesia. Adam Air didirikan oleh Sandra Ang dan Agung Leksono yang juga menjabat sebagai Ketua DPR.
Pada April 2007, PT. Bhakti Investama melalui anak perusahaannya Global Air Transport membeli 50% saham Adam Air dari keluarga Sandra Ang dan Adam Suherman, namun setahun kemudian pada 14 Maret 2008 menarik seluruh sahamnya karena merasa Adam Air tidak melakukan perbaikan tingkat keselamatan serta tiadanya transparansi.

Apa yang membuat perusahaan ini bangkrut?

Menurut Komunikasi Ilmiah pada tanggal 28 April 2008 terdapat kontrak kerja yang tidak jelas antara para pegawai dan pihak manajemen. Korupsi pun menjadi salah satu isu penting dalam runtuhnya Adam Air ini. Kasus-kasus korupsi yang terdapat pada Adam Air diantaranya korupsi BBM, audit tidak transparan, bukti-bukti pembelian suku cadang yang mahal namun tidak berkualitas baik dan adanya penipuan pada laporan kewajiban pajak. Faktor usia pesawat menyumbang resiko yang cukup besar pada terjadinya kecelakaan pesawat. Mayoritas aircraft di Indonesia memang cukup tua.

Beberapa kasus yang dialami Adam Air antara lain :

  1. 11 Februari 2006 Adam Air Penerbangan 782, Boeing 737-300, PK-KKE BH-782, Jakarta-Makassar, kehilangan arah dan mendarat di Bandara TambolakaNTT. Pesawat membawa 146 penumpang dan 6 awak pesawat namun tidak ada korban jiwa dalam hal ini.
  2. 1 Januari 2007 Adam Air penerbangan 574 PK-KKW DHI-574, Boeing 737-400 Jakarta-Manado via Surabaya yang membawa 96 penumpang dan 6 awak pesawat, hilang di perairan Majene,Sulawesi Barat. Sebanyak 102 penumpang dan awak pesawat tidak ditemukan. Penyebab kecelakaan adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.
  3. 7 Januari 2007,16 pilot Adam Air mengundurkan diri karena mereka menilai buruknya standar keamanan dan sistem navigasi di pesawat-pesawat yang dinilai berkualitas jelek.
  4. 21 Februari 2007,Adam Air penerbangan KI 172 PK-KKV, Boeing 737-33A Jakarta-Surabaya tergelincir di Bandara Juanda. Atas peristiwa ini, Departemen Perhubungan Republik Indonesia menghentikan sementara pengoperasian tujuh pesawat Boeing 737-300 milik Adam Air.
  5. 6 Maret 2007, pesawat Adam Air gagal lepas landas dari Bandara Juanda karena roda depan rusak.
  6. 9 Juni 2007, pesawat Adam Air jurusan Surabaya-Jakarta kembali ke landasan setelah mengudara selama 20 menit karena mengalami gangguan tekanan udara kabin.
  7. 24 November 2007, pesawat Adam Air jurusan Jakarta-Medan mengalami pecah ban.

Apa yang harus dihindarkan suatu perusahaan agar tidak mengalami seperti Adam Air?

–          Memberikan pelatihan terhadap pegawai agar lebih terampil.

–          Membisakan hidup disiplin, jujur, tidak korupsi, dll.

–          Memperbaiki hubungan antara pegawai dan manajement.

–          Harus memiliki sistem maintenance  yang baik dan memadai.

–          Menciptakan etika bisnis yang baik.