Pernah Ngga Sih Kamu Lagi Bad Mood Sama Karyawan Karena Kebiasaan Buruknya?

Singkirkan Kebiasaan Buruk Karyawan Kamu Dengan 5 Tips

Karyawanmu malas? Pasti kamu risih kan ketika ada karyawan yang memiliki kebiasaan buruk? Yap, tak ada seorang pun yang senang bekerja dengan karyawan yang memiliki kebiasaan buruk. Karena hal itu kamu sebagai CEO akan merasa ngga nyaman dan situasi akan menjadi semakin rumit. Akan tetapi, jika hal ini tetap kamu biarkan itu akan memberikan pengaruh buruk bagi bisnis kamu secara keseluruhan. Tidak hanya mempengaruhi angka produktivitas saja, tetapi juga mempengaruhi moral dan kinerja seluruh perusahaan. Membiasakan mereka berkebiasaan buruk untuk berhenti merupakan solusi yang sangat mudah, ada banyak solusi untuk menghadapi karyawan yang memiliki sifat buruk tersebut.

Lalu karyawanmu tidak bisa diatur? Jika kamu sudah memberikan surat peringatan kepadanya, lalu dia tetap mengulangi kesalahan yang sama maka kamu bisa langsung memecatnya. Sebelum memecat kamu perlu mempertimbangkan apakah sebelumnya dia telah memberikan kontribusi yang besar selama bekerja atau tidak. Jika dia banyak memberikan kontribusi maka pikirkan baik-baik keputusan yang hendak kamu ambil. Oleh sebab itu, berusahalah kamu untuk mengubah sikap buruk para karyawanmu agar menjadi lebih baik untuk saat ini dan di masa yang akan datang. Kamu harus bisa memberikan contoh yang baik kepada mereka, agar mereka bisa mencontoh sikap dan perbuatan yang telah kamu lakukan sebelumnya. Nah, kini saat yang tepat untuk menyingkirkan kebiasaan buruk mereka. Bagaimana solusinya? Intip yuk penjelasannya!  

 

1. Ubah Komunikasi yang buruk

Capek berurusan dengan karyawan? Satu-satunya masalah terbesar yang sering terjadi saat ini adalah tentang komunikasi. Sebenarnya ini bukan masalah yang besar atau kecil, karena ini menyangkut komunikasi dimana komunikasi yang baik sangat penting untuk produktivitas dan peningkatan bisnis perusahaan. Jika karyawanmu sering bersikap seperti ini maka akan menyebabkan miskomunikasi atau salah paham. Sebagai CEO kamu harus bisa merubah komunikasi buruk mereka, selain itu kamu juga harus membina dan menjaga hubungan baik kepada customer atau klien. Meskipun hal tersebut terlihat sepele dan mungkin tidak kamu sadari, tapi jika tidak ditinggalkan maka kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa membawa pengaruh buruk bagi kamu dan citra bisnismu.

 

2. Terapkan Kedisiplinan dan Tepat Waktu

Karyawan kamu sering datang telat? Pepatah mengatakan bahwa waktu adalah uang. Lalu apa maksudnya? Jadi, jangan pernah karyawan kamu sampai menyia-nyiakan waktunya hanya untuk sesuatu yang tidak penting. Mungkin banyak yang sering datang telat saat masuk kantor atau telat sehabis istirahat. Kamu merasa risih bukan? Itu artinya mereka adalah orang yang pemalas dan tidak bisa menghargai waktu yang telah kamu berikan. Kamu harus bisa mengubah sikap dan perbuatan mereka dengan model yang seperti itu. Karena jika kamu masih mempertahankan mereka, maka dapat menyebabkan penurunan kualitas kinerja karyawan dan itu semua akan mempengaruhi proses bisnismu. Jangan tunda lagi, eksekusi sekarang juga!

 

3. Ubah Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Karyawanmu malas? Salah satu kebiasaan buruk yang sering terjadi pada karyawan adalah menunda-nunda pekerjaan. Karena mereka menganggap bahwa pekerjaan tersebut masih lama deadlinenya. Beberapa karyawan pasti ada yang menerapkan kebiasaan buruk ini dengan menganggap bahwa pekerjaan tersebut bisa dilakukan suatu saat nanti. Menunda pekerjaan akan merugikan tim lain yang ingin menyelesaikan pekerjaannya namun tertunda karena pekerjaan yang sebelumnya belum dilakukan. 

Sikap karyawan yang seperti ini hendaklah kamu rubah, karena kebiasaan ini jika sering dilakukan akan menjadi sebuah problem di dalam suatu perusahaan. Jika memang mereka masih tidak punya tanggung jawab terhadap tugas yang telah kamu berikan, maka hendaknya kamu untuk memberikan surat peringatan kepadanya. Tujuannya apa? Agar dia tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

 

4. Terapkan Mindset Percaya Diri

Karyawan kamu pikir? Sebagai CEO kamu perlu menilai sikap karyawan yang menurutmu baik dan tidak baik. Banyak dari mereka yang merasa minder dan tidak percaya diri terhadap pekerjaannya. Sikap tersebut jika lama-kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan buruk. CEO menuntut karyawan untuk bisa dalam segala hal terutama pada jobdesk yang telah diberikan atasan kepada bawahan. Mereka yang memiliki sikap seperti ini perlu untuk kamu bimbing supaya bisa optimis terhadap hasil pekerjaan yang telah dia lakukan.    

 

5. Hindari Toxic People

Karyawanmu toxic people itu? Yap, toxic people adalah orang-orang yang membawa pengaruh negatif. Banyak karyawan yang saat ini sedang menghadapi toxic people, dimana mereka akan menjatuhkan harkat dan martabat karyawan lain di depan seorang atasan atau bawahan. Seorang karyawan yang memiliki toxic people hendaknya harus dihindari, jika perlu harus segera disingkirkan. Karena akan merusak dan merubah suasana di dalam suatu perusahaan. Karyawan lain akan merasa tidak nyaman akan kehadiran orang tersebut. Nah, sebagai CEO kamu perlu untuk mendeteksi mereka yang memiliki sikap buruk tersebut. Jangan biarkan bisnismu hancur gara-gara lingkungan karyawanmu mengandung toxic people. 

 

Bagaimana? apakah kamu masih menemui kesulitan yang berarti ketika kamu mengatur karyawan? Atau justru kelima upaya diatas sangat susah untuk diterapkan di lingkungan kerja kamu? Kamu tidak usah bingung, masih banyak solusi yang bisa menjawab permasalahan karyawan kamu! Disini kamu bisa konsultasi segala problem karyawan kamu, agar karyawan tidak perlu mengulang kesalahan yang sama yang bisa berdampak pada performa perusahaan.

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

 

Baca Juga artikel kami :

 

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)