KABAR GEMBIRA, 081398646177, DOMESTIK, PENERBANGAN, KOMERSIAL, PENERBANGAN DOMESTIK, PENERBANGAN KOMERSIAL, MENHUB, PENERBANGAN PEBISNIS

Penerbangan Domestik

Penerbangan Domestik

Kabar gembira untuk para pebisnis Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pebisnis dapat menggunakan penerbangan komersial di tengah larangan Penerbangan Domestik yang sedang berlaku hingga 31 Mei 2020 mendatang.
Hal ini diungkapkan Budi usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui video conference, Senin (27/4).

“Tadi ada catatan permintaan pebisnis diperkenankan naik pesawat saya bilang monggo,” ungkap Budi.

Ia bilang pemerintah akan menyediakan satu hingga tiga penerbangan komersial per hari bagi pengusaha yang membutuhkan perjalanan bisnis lewat jalur udara. Namun, Budi menekankan bahwa operasional penerbangan itu harus dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus ketat, tapi bukan pada kami. Kami menyediakan hanya satu atau tiga penerbangan tapi protokol jangan kami yang atur,” ujar Budi.

Budi meminta protokol kesehatan mengenai operasional penerbangan komersial khusus bagi pebisnis ini diatur oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Hal ini agar tak timbul opini negatif bahwa pemerintah memberikan keistimewaan kepada pebisnis.

“Supaya ada fairness, saya minta Pak Doni yang atur. Nanti dikira saya bisnis,” katanya.

Budi bilang hal ini tidak hanya untuk transportasi udara. Ia menyatakan jika ada permintaan dari sejumlah pihak untuk menggunakan moda transportasi lainnya patut dipertimbangkan.

Lihat juga:
Kartu Prakerja Diprioritaskan untuk yang Belum Terima bansos

KABAR GEMBIRA, 081398646177, DOMESTIK, PENERBANGAN, KOMERSIAL, PENERBANGAN DOMESTIK, PENERBANGAN KOMERSIAL, MENHUB, PENERBANGAN PEBISNIS

“Saya sudah sampaikan, jadi kalau yang minta udara, ini harus berlaku juga di semua moda transportasi dengan protokol kesehatan yang ketat tapi protokol jangan pada kami. Kami atur untuk mengangkut saja,” pungkas Budi.

Sebagai informasi, aturan operasional penerbangan hingga akhir Mei 2020 ini tercantum dalam dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran covid-19.

Dalam Pasal 20 Ayat 1 disebutkan bahwa larangan penerbangan dikecualikan terhadap sarana transportasi udara yang digunakan untuk beberapa hal, misalnya pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan dan operasional kedutaan besar.

Pengecualian juga diberikan untuk operasional penerbangan khusus repatriasi yang melakukan pemulangan WNI maupun WNA, operasional penegakan hukum, operasional angkutan kargo, dan operasional lainnya berdasarkan izin Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

Kementerian Perhubungan membuka kembali layanan penerbangan domestik dengan penumpang bersyarat seperti pebisnis, penumpang repatriasi, perjalanan dinas pejabat negara dan tamu negara dengan wajib menyertakan surat keterangan Negatif COVID-19 dari rumah sakit.

Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut satu per satu maskapai nasional mengumumkan jadwal operasi mereka. Hari ini, Sabtu (9/5/2020), salah satu maskapai nasional yang sudah mulai beroperasi adalah Garuda Indonesia.
Lalu, bagaimana kondisi bandara saat kebijakan ini mulai diberlakukan?
Berdasarkan pantauan , bandara tampak masih begitu lengang sehingga tak terlihat adanya antrean check in di sana. Hanya ada beberapa calon penumpang bergantian melakukan check-in. Akan tetapi, proses pengecekan kelengkapan persyaratan hingga kondisi kesehatan calon penumpang sudah dijalankan begitu ketatnya.

KABAR GEMBIRA, 081398646177, DOMESTIK, PENERBANGAN, KOMERSIAL, PENERBANGAN DOMESTIK, PENERBANGAN KOMERSIAL, MENHUB, PENERBANGAN PEBISNIS

Baca juga: Terbang Lagi 10 Mei, Ini Syarat Ketat Calon Penumpang Lion Air

Penerbangan Domestik

Penerbangan Domestik

Tampak sejumlah calon penumpang bersiap melakukan lapor diri sebelum terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (9/5/2020).
Setelah calon penumpang memasuki terminal, mereka diwajibkan menyerahkan dokumen lapor diri kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang sudah berjaga di dekat konter check-in.

Bila ada calon penumpang yang belum pernah melakukan pengecekan diri sebelumnya di rumah sakit, petugas bandara juga menyediakan layanan rapid test COVID-19.
Calon penumpang yang menunggu giliran untuk lapor diri dan melakukan rapid test pun duduk berjarak sesuai protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku.

“Bila hasil rapid test tidak reaktif maka calon penumpang diizinkan terbang ke tempat tujuan. Sebaliknya, bila hasilnya reaktif calon penumpang dilarang terbang dan diminta mengukuti prosedur selanjutnya,” ujar seorang petugas KKP yang enggan disebut namanya saat ditemui detikcom di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (9/5/2020).

Berikut prosedur lengkap bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan di bandara Soekarno-Hatta :

Pertama, titik layanan keberangkatan hanya terdapat di 2 titik yaitu di Terminal 2 – Gate 4 dan Terminal 3 – Gate 3. Di setiap titik terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19, yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Kedua, di posko tersebut calon penumpang harus menunjukkan berkas kelengkapan perjalanan seperti misalnya tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas COVID-19, surat keterangan perjalanan, dan berkas lain yang wajib dipenuhi sesuai SE No. 4/2020.

KABAR GEMBIRA, 081398646177, DOMESTIK, PENERBANGAN, KOMERSIAL, PENERBANGAN DOMESTIK, PENERBANGAN KOMERSIAL, MENHUB, PENERBANGAN PEBISNIS

Baca juga: Terapkan Kriteria Ketat, Bandara Soetta Buka Layanan Terbang

Ketiga, masih di posko yang sama calon penumpang pesawat wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.

Keempat, jika seluruh berkas lengkap dan HAC serta formulir epidemiologi sudah diisi, selanjutnya calon penumpang menuju ke meja pemeriksaan kedua. Di meja pemeriksaan tersebut, seluruh berkas di cek ulang begitu juga HAC dan formulir penyelidikan epidemiologi, oleh personel KKP. Setelah dinyatakan lengkap, calon penumpang akan mendapat surat clearance dari personel KKP.

Kelima, berbekal surat clearance dan seluruh berkas, calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapat boarding pass.

Keenam, setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju Security Check Point 2. Di SCP 2 ini, personel Aviation Security akan memeriksa surat clearance yang dipegang calon penumpang pesawat, boarding pass, dan identitad diri.

Ketujuh, penumpang kemudian menuju boarding lounge.
Artikel Selanjutnya Ruas-ruas Tol Ini Dijaga Ketat untuk Antisipasi Mudik

Semoga saja kebijakan ini menjadikan para pebisnis Indonesia mulai menunjukkan geliatnya dalam meningkatkan kelesuan ekonomi.
Kami sebagai Konsultan Bisnis siap mendampingi anda para pebisnis Indonesia untuk maju dan tetap mendapatkan “Growth” ditengah kondisi saat ini.

Ada beberapa hal dimana ada keadaan pebisnis membutuhkan jasa Konsultan Bisnis dengan alasan sebagai berikut :

5 Alasan Perusahaan Butuh Konsultan

1. Mengetahui tren terbaru dalam dunia digital
Seorang konsultan tentunya akan mngetahui segala jenis tren terbaru yang didalam dunia digital. Karena itulah seorang konsultan harus tau persis apa target perushaaan serta beberapa jauh perkembangan dipasaran

2. Mempunyai wawasan luas
Hari ini merupakan salah satu alsan yang sangat kuat mengapa perusahaan perlu menyiwe mengunakan jasa konsultan. Strategi dari konsultan digital atau seorang konsultan yang tentunya bekerja dengan adanya klien dari berbagai macam industri pemasaran tertuntu berhasil, maka konsultan tersebut menerapaka langkah langkah atau cara tersebut kepda klien lainya jika dianggap perlu.
Konsultan juga dapat mengunkan platform marketing lain, seperti email, software taking dan berbagai hal lainya yang akan membwanya kepada perusahaan lain yang akan menguakan jasa konsultan tersebut. Hal ini tentu mebawa keuntungan bagi perusahaan karena menambah jaringan dan kawan bisnis untuk terus mengembangkan perusahaan

3. Konsultan akan memberikan sesuai dengan anda bayar
Tidak sepertikaryawan , seorang kosultan akan dibayar sesuai pekerjaan yang dilakukanya. Konsultan yang baik tentu akan menyelesaikan pekerjaan hingga proyek selesai. Konsultan tentu mempunyai sumber daya yang baik dari seorang ahli pemasaran yang dibutuhkan terutamaa konsultan digital marketing, seperti web developer, desaain gravis , penulis konten, ahli seo dan lain lain.

4. Selalui mempuyai ide baru
Yang lebih segar dan cocok diterapkan kedalam bisnis perusahaan anda. Hal ini bertujuan agar perusahaan anda. Hal ini ditnukan agar perusaahan lebih berkembang dan maju tanpa harus ditinggal dari para pesaingnya.

5. Dapat menghubungkan anda kepada klien klien lainya
Konsultan digital dapat meberikan anda dan perusahhan keuntungan karena hanya satu jaringan yang ada didalamnya. Saat ini banya para konsultan digital yang menghubungkan klien 1 dengan lainya melalui promosi silang menggunakan posting block tamu atau mngirimkan sebuah email kedalam daftar terpisah atau melaui vitur produk yang terdapat dimedia sosial.

Itulah beberapa alasan megapa sebuah perusahaan atau usaha membutuhkan konsultan bisnis digital terutama di era digital saat ini. Dianatar berbagai konsultan yang ada diindonesia terdapat salah satu konsultan bisnis digital asal jepang yang mepunyai penglaaman lebih 5 tahun dalam bisnis duania digital.
Kami tidak akan memberikan janji muluk – muluk karena kami hanya memberikan bukti nyata atas kinerja kami.

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

Contact Person :

REKO PRABOWO : 081398646177