Ingin Bebas Dari Hutang? Yuk Atur Keuanganmu Dengan 5 Tips Ini!

Ayo Atur Keuanganmu Sekarang Juga!

Pasti kamu tau kan kalau mengatur keuangan itu bukanlah perkara yang mudah! Nah, permasalahannya disini adalah ketika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Akhirnya, hutanglah yang sering dijadikan solusi untuk bisa memenuhi semua kebutuhan. Lalu apa saja sih yang dapat menyebabkan hutang semakin menumpuk? Pertama, mungkin saat ini kamu belum mempunyai anggaran untuk bisnismu. kedua, kamu belum bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Dan yang ketiga, kamu tidak mempunyai tabungan cadangan. Sedikit demi sedikit kamu harus bisa nih atur keuanganmu sendiri, kalau bisa jangan bergantung kepada orang lain.

Bagi seorang pebisnis kamu ga perlu khawatir akan hal tersebut. Memulai bisnis serta menjalankannya memang tidak mudah, dan seringkali terjadi masalah yang krusial menyangkut keuangan. Jika terjadi kondisi yang sangat mendesak, pasti kamu membutuhkan suntikan modal untuk memastikan keberlangsungan sebuah usaha. Tanpa berpikir panjang, seorang pebisnis biasanya akan menggunakan sebuah hutang. Memang hal ini tidak salah, asalkan kamu sudah membuat strategi yang baik untuk dapat membayar cicilan hutang tersebut. Agar tidak terjebak dalam lilitan hutang usaha yang menumpuk, kamu bisa pakai tips ini untuk mengatur keuanganmu. Apa saja tipsnya? Yuk scroll sampai ke bawah!

 

Rahasia Atur Keuanganmu dengan 5 Tips berikut, Wujudkan Impian Bisnismu Sekarang Juga!

 

1. Terapkan Mindset dengan Prinsip Ekonomi

 

 

Kamu pasti tau kan prinsip ekonomi itu apa? Yap, prinsip ekonomi adalah pengeluaran sekecil-kecilnya dan pendapatan sebesar-besarnya. Jika kamu seorang pebisnis kamu harus bisa menerapkan prinsip ekonomi tersebut. Tujuannya apa? Pertama, memaksimalkan keuntungan yang kamu peroleh. Kedua, meminimalkan kerugian yang akan kamu hadapi. Nah, jika kamu sudah mampu menerapkan prinsip ekonomi tersebut berarti kamu sudah mulai bisa untuk atur keuanganmu. Lalu apa hubungannya prinsip ekonomi dengan hutang? Dengan adanya prinsip ekonomi maka kamu akan bisa meminimalisir semua hutang. Karena apa? Kamu akan takut jika suatu saat kamu tidak bisa melunasi hutang-hutang tersebut. Oleh karena itu, mindset ini sangat penting untuk kamu terapkan dalam bisnismu.

 

2. Rajin Mengevaluasi Pencatatan

 

bebas dari hutang

 

Tips yang kedua ini juga tak kalah penting loh! Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah kamu harus rajin mengevaluasi pencatatan, artinya kamu harus mencatat seluruh pendapatan yang kamu dapatkan dan pengeluaran yang kamu keluarkan setiap harinya. Mengatur keuangan ini terkesan sangat mudah, tapi membutuhkan konsistensi dalam melakukannya. Nah, dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu dapat melakukan evaluasi pengeluaran setiap bulannya. Kamu akan mengetahui pengeluaran apa saja yang seharusnya tidak perlu kamu keluarkan di bulan tersebut.

Jika kamu sudah melakukan tips ini, dijamin deh kamu ga akan kebingungan atur keuanganmu. Pastinya, jika kamu tidak pernah melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, mungkin kamu mengiranya bahwa uang hasil sales akan habis dengan sendirinya, sehingga tidak ada pilihan lain selain menggunakan hutang. Namun kenyataannya justru berbeda, dengan adanya evaluasi pencatatan tersebut akan memudahkan kamu dalam mengetahui seluruh jumlah uang yang ada. Masih yakin ngga mau coba tips ini?

 

3. Kurangi Resiko

 

bisnis keuangan

 

Bagi kamu yang takut dengan hutang, jangan berani coba-coba deh. Tapi nanti dapat modal dari mana ya kalau tidak pakai hutang? Jadi gini nih, kalau memang kamu ngga berani dengan adanya lilitan hutang berarti kamu harus memaksimalkan penjualanmu dan meminimalkan semua pengeluaranmu. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan mengurangi beberapa resiko yang akan terjadi.

Salah satunya, jika dalam proses bisnismu tidak menggunakan hutang sama sekali berarti resiko yang akan kamu hadapi kemungkinan sangat kecil. Karena kamu hanya fokus untuk target sales saja, kamu tidak perlu fokus ke hal-hal lain yang membuat bisnismu sekain tidak aman. Tapi, jika kamu tidak menggunakan hutang sama sekali biasanya nih perkembangan bisnisnya lumayan lama. Semua itu ada dampak positif dan negatifnya, tergantung kamu mau pilih yang bagaimana. Tips yang ketiga ini sangat cocok loh bagi pebisnis yang takut dengan adanya lilitan hutang.

 

4. Lakuan Investasi untuk Bisnismu

 

investasi bisnis

 

Kamu pernah dengar kan investasi itu apa? Yap, investasi adalah memberikan sejumlah uang/barang kepada orang lain supaya bisa digunakan untuk membangun sebuah aset yang dapat menghasilkan uang di masa yang akan datang. Menginvestasikan uang adalah hal umum dalam dunia bisnis. Orang yang akan memulai bisnis pastinya memerlukan akan sebuah modal.

Dalam menginvestasikan uang kamu tidak boleh sembarangan, harus benar-benar diperhatikan dengan baik perhitungannya. Kalau kamu tidak memperhatikan investasi untuk bisnismu bisa jadi kamu malah buntung, bukan tambah untung. Nah sebelum menginvestasikan uangmu, kamu juga harus memperhatikan berbagai hal seperti, menentukan tujuan investasi, mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran, dan yang terakhir adalah mempetimbangkan berbagai resiko yang akan terjadi.

 

5. Jangan Gabungkan Uang Pribadi dengan Uang Bisnismu

 

uang bisnis

(Sumber : Sonora.id)

 

Tips yang terakhir ini tak kalah menarik, salah satu praktik yang baik dalam mengelola bisnis adalah memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Tujuannya adalah agar uang bisnis  tidak digunakan untuk keperluan pribadi, dan sebaliknya uang pribadi tidak digunakan untuk keperluan bisnis. Lalu dampak dari tercampurnya uang tersebut adalah kamu akan sulit untuk mengukur apakah usaha yang kamu lakukan itu lebih berkembang atau mungkin tambah menurun.

Lalu cara yang paling efektif bagaimana? Jadi, cara yang paling mudah kamu lakukan adalah memisahkan penyimpanannya. Kamu bisa nih menyimpan uang bisnis di dalam suatu brangkas, lalu uang pribadi bisa kamu simpan di dalam dompet atau tas kamu. Cukup simple bukan caranya! Nah sekarang kamu bisa langsung mempraktikannya, kalau bisa cobain semua tips yang ada di atas.

 

Tips di atas menarik bukan! Wajib nih bagi pebisnis untuk cobain semua tipsnya. Dijamin deh kamu bisa atur keuanganmu sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Buka peluang bisnismu bersama tim konsultan kami. Disini kamu bisa berkreasi dan menumpahkan seluruh ide bisnis yang akan kami bantu untuk merealisasikannya! Konsultasi Gratis Disini!

 

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

 

Baca Juga artikel kami :