Manufaktur, 081398646177, Konsultan, Konsultan Bisnis, Corona, Indonesia, Industri Manufaktur

Industri Manufaktur

Industri Manufaktur

Dari tahun ke tahun, pertumbuhan Industri Manufaktur yang mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Banyak hal tak terduga dalam perkembangannya. Saatnya mengikuti perkembangan dan juga dampak- dampak yang timbul dari Industri Manufaktur dengan melibatkan Konsultan Bisnis di dalamnya.

Dengan kontribusi hingga 20,27% pada perekonomian skala nasional, Indonesia mampu bertransformasi dengan menggeser peran komoditi menjadi manufaktur saat ini. Besarnya pasar industri manufaktur di Indonesia memang menjadi perhatian banyak pihak saat ini.
Apalagi ternyata, di tahun 2019 Indonesia menjadi negara Industri manufaktur terbesar se-ASEAN untuk saat ini dengan pencapaian nilai MVA atau Manufacturing Value Added sebesar 4,5%.

Bukan hanya itu, industri manufaktur Indonesia ternyata juga meraih peringkat ke-9 di dunia. Pencapaian ibesar ini tidak lepas dari optimisme pembangunan yang ada di Indonesia dengan didukung pemerintah, sehingga menjadi modal Indonesia dalam menarik banyak negara lain atau investor besar untuk berinvestasi di Indonesia.

Tapi Indonesia memang sangat menarik untuk dijadikan potensi dalam mencari sumber daya industri manufaktur. Karena itu, munculnya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendirikan industri manufaktur di Indonesia tidaklah mengherankan kenapa geliat pasar industri manufaktur ini ternyata menjadi sangat tinggi di Indonesia.
Memilih Indonesia dengan segala macam sumber dayanya memang sangat menarik perhatian untuk berinvestasi. Dengan dukungan pemerintah, pembangunan industri dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan sehingga menjadi manfaat untuk banyak orang, masyarakat Indonesia.

Manufaktur, 081398646177, Konsultan, Konsultan Bisnis, Corona, Indonesia, Industri Manufaktur

 

Industri Manufaktur

Industri Manufaktur

Industri Manufaktur merupakan tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu menjadi sektor andalan dalam memacu pemerataan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang inklusif.
Indonesia sendiri melihat cepatnya kurva kenaikan industri manufaktur yang sedang dibangun dan berkembang, tidak menutup mata dengan mulai mendukung menggunakan berbagai kemudahan bertekhnologi tinggi.

Karena pemerintah sendiri juga sangat berkomitmen untuk menghadapi percepatan penerapan industri 4.0 dalam berbagai bidang, tidak ketinggalan dalam industri manufaktur. Ini sudah dijalankan mulai dari pelatihan manajer dan ahli, fasilitas untuk IKM, program percontohan, dan pendirian pusat inovasi industri 4.0.

Dengan pangsa pasar yang ternyata sangat besar, kalau kita perhatikan industri manufaktur ini sebenarnya sangat sederhana prosesnya. Tapi kesederhanaan itu memakan biaya yang tidak kecil karena dalam industri manufaktur ini memerlukan pengaplikasian mesin, peralatan dan tenaga kerja dengan mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi yang punya nilai jual.

Dengan didukung oleh penggunaan tekhnologi tinggi dalam pengolahannya, industri manufatur ini sangatlah memerlukan sumber daya manusia dalam pengoperasiannya.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Aplikasi HRIS pada Bisnis Manufaktur

Sumber daya manusia tetap dibutuhkan dalam industri manufaktur walau semua pengolahan dilakukan dengan alat berteknologi tinggi. Dan perlu kita tahu, bahwa pekerja dalam industri manufaktur merupakan sumber daya manusia pilihan yang tentunya dibayar dengan nilai yang tidak kecil.

Agar karyawan dapat melaksanakan kewajibannya dengan mendapatkan hak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan dalam industri manufaktur, harusnya seorang HR dapat mengelola karyawan dengan baik. Karena dalam industri manufaktur biasanya karyawannya sangat banyak, beragam dan kompleks.
Penghitungan dengan sistem lama pasti banyak kelemahan, apalagi bila karyawannya banyak. Karena itu dibutuhkan pengelolaan karyawan dengan baik yang sudah ada semua komponennya termasuk absensi hingga jumlah potongan pembayaran pajak.

Manufaktur, 081398646177, Konsultan, Konsultan Bisnis, Corona, Indonesia, Industri Manufaktur

Saat ini sudah ada Konsultan.co bisa menjadi salah satu solusi untuk kebutuhan membantu mengelola karyawan dengan baik sehingga ada kemajuan dalam penanganan manajemen karyawan.
Dengan layanan one stop service, Konsultan.co akan memberikan berbagai fitur lengkap karyawan yang dapat dikelola mudah dalam platform yang terintegrasi . Mulai dari proses rekrutmen hingga pelaporan dan analisa setiap karyawan sudah ada dalam sistemyang telah dibuat oleh Konsultan.co. Pengelolaan karyawan lancar dan karyawan bisa fokus dalam mengejar pertumbuhan bisnis industri manufaktur.

Konsultan.co memahami bahwa industri manufaktur di Indonesia sangat membutuhkan fitur HRIS (Human Resourcer Information System) seperti ini untuk mengimbangi teknologi tinggi yang digunakan dalam pengolahan bahan produksi industri manufaktur. Untuk semua kebutuhan karyawan, mulailah menggunakan Jasa Konsultan Bisnis untuk mendukung bisnis anda.

Dalam kondisi sedang proses berkembang yang menggembirakan di tahun ini, muncul kendala yang sangat tidak di duga sebelumnya. Munculnya wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan China.

Hal tersebut sangat berpengaruh besar pada hasil produksi dikarenakan adanya kesulitan bahan baku dimana akan ada pembatasan, dan juga pengurangan transportasi untuk mengurangi penyebaran virus Corona tersebut.
Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian memperkirakan Indonesia akan mengalami kesulitan bahan baku industri manufaktur pada Maret 2020. Kesulitan dipicu oleh penyebaran wabah virus corona yang terjadi belakangan ini.

Manufaktur, 081398646177, Konsultan, Konsultan Bisnis, Corona, Indonesia, Industri Manufaktur

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono mengatakan kesulitan terjadi karena 74 persen barang modal untuk industri manufaktur berasal dari Cina. Sebagai informasi, China merupakan pusat penyebaran wabah virus corona. Hazl tersebut dikarenakan larangan barang dan juga bahan baku yang berasal dari China masuk ke Indonesia melalui jalur apapun baik Udara dan Laut.

Susiwijono mengatakan saat ini pasokan bahan industri manufaktur masih ada. Namun, ia khawatir pasokan terus menurun kalau wabah tak segera ditanggulangi.
“Memang sekarang masih punya stok cadang, tapi biasanya siklusnya satu dua bulan akan kesulitan,” kata Susiwijono di Jakarta, Senin (24/2).

Lihat juga:
Belum Ada Langkah Amankan Ekonomi dari Infeksi Virus Corona

Virus corona menyebar di China dan beberapa negara di penjuru dunia. Sampai dengan awal pekan ini, virus sudah membunuh 2.465 orang. Selain itu , virus juga sudah menginfeksi 79.930 orang lainnya.

Susi mengatakan penyebaran wabah tersebut sudah memberi dampak terhadap perekonomian Indonesia. Wabah sudah mengganggu lalu lintas orang, barang, dan uang.

Untuk orang, lalu lintas terhenti setelah pemerintah memutuskan untuk menghentikan penerbangan dari dan menuju ke China sejak 5 Februari. Setelah itu juga ada pembatasan untuk penerbangan dalam negeri juga. Penghentian lalu lintas tersebut telah mengurangi penerimaan negara di sektor pariwisata.
Sangat besar pengaruh terhadap sektor transportasi selain udara, akan ada pembatasan di beberapa kota di Indonesia seperti yang saat ini sudah berlaku di wilayah Jabodetabek. Akan menyusul wilayah Surabaya.

“Lalu lintas orang langsung terdampak, karena 5 Februari disetop. Wisman China langsung nol. Lalu lintas barang, uang juga terdampak langsung. Selain itu, purchasing sampai payment butuh 2 sampai 3 bulan, ini harus dihitung. Karena itu, pemerintah sekarang terus monitor,” jelasnya.

Lihat juga:
Putar Otak Cegah Ekonomi RI ‘Terinfeksi’ Virus Corona

Susiwijono menyebut pemerintah perlu hati-hati dalam menyikapi permasalahan tersebut. Pasalnya, penyebaran virus corona terus meluas.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan krisis bahan baku akan berimbas pada penurunan tingkat produksi industri. Ia mengatakan jika pemerintah tak mengambil langkah konkret, harga barang terancam akan naik.

“Kalau barang baku enggak masuk, tentu kita terpaksa mengurangi produksi,” kata Rosan.
Mengingat banyaknya dampak dari Virus Corona tersebut meluas ke berbagai sektor Industri dimana Industri Manufacture ini yang sangat berpengaruh adalah bahan bakunya yang akan berimbas pada hasil produksi.

Bukan tidak mungkin akan berdampak pada kondisi ekonomi Perusahaan Manufacture itu sendiri. Banyak pengusaha Manufacture mulai risau akan dampak yang sangat menghawatirkan ini. Ditengah badai seperti ini perlu adanya pendampingan Konsultan Bisnis.

Konsultan Bisnis adalah seorang tenaga professional yang bertugas untuk menyediakan jasa konsultasi kepada suatu perusahaan, lembaga maupun organisasi, agar semakin berkembang dan lebih efisien untuk kedepannya. Konsultan Bisnis bertugas untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi.Ia membuat perencanaan untuk bisnis kedepan agar bisa memenuhi target yang diingikan perusahaan.

Sebuah Konsultan Bisnis tidak hanya memberikan nasihat, seorang Konsultan Bisnis juga mampu memberikan sebuah solusi atas problem- problem yang ada dalam perusahaan. Biasanya Konsultan Bisnis sering sekali dibutuhkan oleh sederet pebisnis maupun perusahaan yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Konsultan Bisnis bisa juga dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.

Kami adalah Konsultan Bisnis yang sangat ahli dalam Industri Manufacture akan memberikan beberapa wawasan mengenai Industri Manufaktur.

Manufaktur, 081398646177, Konsultan, Konsultan Bisnis, Corona, Indonesia, Industri Manufaktur

MENGENAL STRUKTUR ORGANISASI MANUFACTURING

Dalam sebuah struktur organisasi terutamanya adalah organisasi perusahaan manufaktur, tentunya terdapat hubungan antar sesama bagian yang saling berkoordinasi antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan oleh organisasi tersebut, maka akan semakin kompleks pula hubungan-hubungan yang akan terjalin.

Sehingga, struktur organisasi manufaktur pada umumnya menjadi lebih rumit daripada struktur organisasi pada bidang bisnis lain yang aktivitasnya lebih sederhana.
Dasar dari pembuatan bagan atau struktur organisasi ini adalah dari pembagian kekuasaan (authotiry) dan tanggung jawab (responsibility). Namun sebelumnya, di dalam penyusunan struktur organisasi tersebut harus disyaratkan tentang adanya sistem administrasi yang jelas.

Struktur organisasi dibuat dengan tujuan agar semakin mempermudah pengoperasian dari setiap bagian yang ada di dalamnya. Dengan adanya struktur seperti ini maka setiap bagian akan dapat mengerti dan memahami tentang apa saja tugas dan wewenang serta tanggungjawab yang harus dilakukan oleh masing-masing bagian serta bagaimana hubungannya dengan bagian yang lain.

Dalam suatu organisasi perusahaan, semua bagian yang ada merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Semuanya ada untuk saling mendukung satu dengan yang lainnya. Setiap bagian akan mendukung kinerja dari bagian yang lainnya sehingga akan membentuk sebuah kesatuan yang serasi dan tersinergi dengan baik.

Jenis-Jenis Struktur Organisasi Internal Manufaktur

Sebenarnya, terdapat banyak sekali bentuk dari struktur organisasi dalam sebuah internal perusahaan. Namun struktur organisasi manufaktur seringkali terdapat bebebrapa macam kombinasi yang sering dilakukan oleh pihak pimpinan perusahaan manufatur.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Struktur Organisasi Manufaktur Garis.
Struktur organisasi manufaktur garis menyusun garis kekuasaan secara langsung dari atasan kepada beberapa bagian yang berada di bawahnya. Masing-masing bagian dapat berdiri sebagai unit-unit tersendiri. Sedangkan setiap kepala bagian akan bertugas untuk mengawasi kinerja dalam setiap bagiannya masing-masing.
Pada struktur organisasi seperti ini akan terlihat dengan jelas tentang bagaimana hirarki yang ada di dalam sebuah perusahaan. Akan terlihat siapa saja yang berada di atas dan dibawah serta bagaimana prosedur instruksi dan pengawasan yang akan dilakukan.

2. Struktur Organisasi Manufaktur Garis dan Staff.
Struktur organisasi garis dan staff biasanya lebih banyak digunakan dalam perusahaan manufaktur kelas menengah ke atas. Dari sini, terdapat penambahan beberapa aktivitas sebagai fungsi dari staff, yaitu untuk memberikan saran kepada pimpinan maupun kepala-kepala bagian lainnya.

Meskipun mereka tidak memiliki kekuasaan untuk memberikan perintah, namun biasanya, pimpinan akan lebih mempercayai saran dari staff ini daripada perintah secara langsung dari atasannya sendiri.

3. Struktur Organisasi Manufaktur Fungsional.
Struktur organisasi manufaktur fungsional lebih cenderung untuk menekankan kepada pembagian fungsi dari perusahaan. Setiap manajer dalam bidangnya adalah seorang yang benar-benar ahli, sehingga mereka memiliki kekuasaan penuh untuk menjalankan masing-masing fungsi yang berada di bawah tanggungjawabnya.

4. Struktur Organisasi Manufaktur Komite.
Komite sering kali dibentuk untuk megumpulkan pendapat yang berhubungan dengan berbagai kegiatan dari perusahaan. Semisal adalah komite budget, komite budget setidaknya akan terdiri dari kepala bagian keuangan, kepaa bagian pemasaran, dan juga kepala bagian produksi.

5. Struktur Organisasi Manufaktur Matrik.
Struktur organisasi matrik atau biasanya juga disebut dengan organisasi manajemen proyek diartikan sebagai struktur organisasi yang menyatukan para spesialis dari setiap bagian-bagian fungsi yang berbeda untuk mengerjakan satu proyek khusus.

6. Struktur Organisasi Operasional Manufaktur.

Struktur organisasi manufaktur memiliki cukup banyak bagian yang rumit. Bagian pokok yang berada langsung di bawah presiden direksi adalah :

1. Wakil presiden tenaga kerja.
2. Wakil presiden keuangan.
3. Wakil presiden penjualan.
4. Wakil presiden manufaktur.

Pada beberapa perusahaan manufaktur yang strategis, terdapat pula wakil presiden riset and deveopment (RND). Wakil presiden manufaktur yang bertanggungjawab secara penuh atas fungsi utama dari manufaktur atau proses produksi secara keseluruhan.

Setelah beberapa pengetahuan mengenai struktur organisasi Industri Manufacture, ada yang perlu diketahui tentang fungsi Konsultan Bisnis :

1. Sebagai business plan
Sebagai orang yang akan bisnis, Konsultan Bisnis bisa membantu sebuah perusahaan dalam merancang rencana serta konsep perusahan. Diantaranya, konsultan bisnis bisa membantu dalam studi kelayakan serta memonitoring project. Dengan demikian, rencana bisnis anda bisa lebih terkonsep dengan baik.

2. Mendeteksi masalah
Dalam berbisnis, naek turun tentu saja menjadi rotasi yang harus siap dihadapi namun dengan adanya Konsultan Bisnis, anda bisa miminimalisir kegagalan proyek anda .mengapa ? karena konsultan bisnis mampu mendeteksi masalah yang anda dalam perusahaan hingga detail.
Lebih dari itu, juga mampu memberikan solusi masalah yang sedang dihadapi.

3. Mendapatkan klien
Bisa mendapatkan klien tentu saja merupakan point plus tersendiri bagi sebuah perusahaan. Nah, dengan adanya konsultan bisnis, anda bisa lebih mudah mendapatkan klien bagi perusahaan anda.
Hal ini dikarenakan konsultan bisnis mampu mempengaruhi orang lain. Dengan ilmu bisnis yang dimilikinya,konsultan bisnis bisa melakukan strategi tertentu dalam melakukan lobi.

4. Mengembangkan perusahaan
Ini merupakan oint penting dari peran konsultan bisnis ,yakni mampu mengembangkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. Dengan knsep yang terarah dari konsultan bisnis, mendapatkan keuntungan besar bagi perusahaan tersebut tentu saja lebih memungkinkan.

Tak hanya konsultan bisnis saja yang memiliki peran penting,ada banyak peran penting dari perkerja konsultan,seperti brand consultant yang bertugas memberikan konsultan mengenai brand/merek kepada klien

Kami melayani klien di seluruh wilayah di Indonesia, karena bagi kami pelayanan adalah yang paling utama.

 

Baca juga artikel kami :  

https://konsultanmanajemen.asia/ahlinya-perbaikan-bisnis-anda-yang-semrawut/ ,

https://konsultanmanajemen.asia/konsultan-bisnis-dan-managemen/ ,

https://konsultanmanajemen.asia/konsultan-bisnis-jakarta/

https://konsultanmanajemen.asia/kiat-sukses-memilih-konsultan-bisnis-manajemen/,

https://konsultanbisnis.id/ciputra-siap-untuk-rugibukan-mempersiapkan-konsultan-bisnis-manajemen/

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

Contact Person :

REKO PRABOWO : 081398646177