KONSULTAN BABY SHOP

TERPECAYA, +62 813 – 9864 – 6177, HAL – HAL YANG MENYEBABKAN PRODUK TIDAK LAKU

Kenapa Produk Tidak Laku, Alasan Produk Tidak Laku, Produk Tidak Laku di Pasaran, Baby Shop Jawa Timur, Baby Shop Sidoarjo

Hal – Hal Yang Menyebabkan Produk Tidak Laku

Produk adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Anda mengembangkan sebuah bisnis. Tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam menjalankan bisnis.

Ada banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran. Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis. Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam.

Berikut faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi mengatasinya :

Faktor Internal
a.Kurangnya perencanaan strategi pemasaran

Perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis. Solusinya adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.

b.Target Pasar yang Lebar

Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual. Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk.

Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya. Solusinya adalah Anda perlu membuat target pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat sasaran.

c.Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku

Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku. Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan. .

Faktor Eksternal
a. Pesaingan Antar Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini, dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual.

Solusinya adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.

b.Sumber Daya Manusia yang Rendah

Meskipun produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia. Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%.

Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Solusinya carilah sumber daya manusia yang berkualiatas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

PENYEBAB PRODUK TIDAK LAKU :

1.Terlalu Mahal

Harga menjadi salah satu poin utama yang dipertimbangkan oleh konsumen. Memang dengan mematok harga tinggi, tentu margin keuntungan bisnis anda menjadi lebih besar.

Namun dampaknya adalah volume penjualan yang lebih sedikit karena jumlah konsumen yang rendah. Jika produk anda masih kurang laku, maka penurunan harga jual patut anda pertimbangkan.

2.Kurang Promosi

Meskipun produk usaha anda sangat bagus, namun bila hanya sedikit orang yang mengetahuinya, maka omzet penjualan anda takkan menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu, kegiatan pengenalan produk (advertising) menjadi bagian penting dalam marketing bisnis anda.

Anda bisa memilih berbagai media promosi (periklanan) yang umum dilakukan oleh para pengusaha, seperti televisi, surat kabar, brosur, spanduk, pamflet, atau lewat media online.

3.Kalah Bersaing

Hal lain yang menjadi penyebab kurang gregetnya penjualan produk usaha anda adalah karena tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dari para kompetitor.

Mungkin kualitas produk anda sangat rendah, mungkin produk anda tidak memiliki sesuatu yang istimewa, atau mungkin juga strategi penjualan anda tidak sehebat para pesaing anda. Jadi coba cermati bagaimana cara para kompetitor mengungguli bisnis anda.

4.Produk Kurang Jelas

Kurangnya informasi yang mendetail serta minimnya pemahaman konsumen terhadap produk yang anda tawarkan bisa menjadi faktor penyebab rendahnya volume penjualan. Mungkin para konsumen kurang tertarik dengan produk anda karena tidak mempunyai gambaran yang jelas.

Oleh karena itu, anda harus memberi informasi yang jelas dan edukasi yang benar kepada para konsumen tentang produk usaha anda, baik yang menyangkut fungsi produk, cara pakai, manfaat yang didapat, harga jual dan sebagainya. Informasi tersebut bisa disampaikan saat melakukan promosi, advertising, atau dicantumkan pada kemasannya.

5.Proses Transaksi yang Rumit

Sesuatu yang rumit biasanya akan selalu ditinggalkan orang. Misalnya transaksi online cenderung masih rendah karena prosesnya yang sulit terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu, upayakan agar proses transaksi (jual-beli) yang dilakukan konsumen lebih simpel.

6.Jalur Penjualan yang Minim

Bagaimana cara anda menjual produk bisnis anda? Lewat toko, jemput bola, menggunakan bantuan agen, atau juga melalui media internet? Semakin banyak cara yang anda tempuh, tentu akan membuat peluang penjualan produk menjadi lebih besar. Jika hanya mengandalkan satu cara, bahkan caranya masih kurang efektif, maka dipastikan produk tersebut kurang laku di pasaran.

7.Belum Memiliki Pangsa Pasar

Walaupun produk yang anda tawarkan sangat menarik dan istimewa, namun jika pangsa pasarnya belum ada, maka dijamin tidak akan laku.

8.Citra Usaha yang Buruk

Hal lain yang menyebabkan sebuah produk kurang laku di pasaran adalah image buruk yang melekat pada produk ataupun perusahaan yang memproduksinya. Maka para pebisnis wajib membangun citra yang bagus, baik yang menyangkut kualitas produknya atau pun kredibilatas perusahaannya.

9.Services yang Tidak Memuaskan

Sebagai ujung tombak bagi bisnis anda, maka penempatan personalia pada bagian pemasaran dan pelayanan konsumen (customer service) harus dilakukan dengan cermat. Bila konsumen merasa kurang puas dengan service yang diberikan oleh perusahaan anda, maka lambat laun produk usaha anda akan menghadapi masa paceklik.

10.Salah Sasaran

Hal terakhir yang menyebabkan lesunya penjualan produk usaha anda adalah karena salah sasaran, misalnya segmen yang diincar tidak sesuai dengan fungsi produk atau target wilayah pemasaran tidak membutuhkan produk yang anda tawarkan.