KONSULTAN MANAJEMEN

Dana Yang Bersahabat, +62 813-9864-6177, Fungsi dan Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Fungsi Manajemen Operasional dan Contohnya, Fungsi Manajemen Operasional Perusahaan, Fungsi Manajemen Operasi Adalah, Fungsi Manajemen Operasi Menurut Ahli, Fungsi Manajemen Operasi Dalam Bisnis, Fungsi dan Peran Manajemen Operasional Dalam Perusahaan, Unsur dan Fungsi Manajemen Operasi, Fungsi Manajemen dan Fungsi Operasional, Fungsi Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia

Apa itu manajemen operasional? Pengertian Manajemen Operasional secara umum adalah sebuah usaha pengelolaan secara maksimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari sumber daya manusia (SDM), mesin, peralatan (tools), bahan mentah (raw material), dan faktor produksi lainnya dalam proses mengubahnya menjadi beragam produk barang atau jasa.

Manajemen Operasional menjadi hal penting dalam organisasi atau bisnis dan tugasnya pun tergantung pada ukuran perusahaan. Pengelolaan manajemen operasional ini dimulai dari SDM, peralatan, mesin, raw material serta hal lainnya yang memberi pengaruh pada kinerja perusahaan.

Manajemen operasional secara umum memegang peranan soal isu strategis dalam menentukan rencana produksi (manufacturing) juga metode manajemen proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi. Di sisi lain, mereka juga melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Mengatur skala inventaris
  2. Mengatur level proses level pengerjaan
  3. Meng-organise Akuisisi bahan baku
  4. Mengontrol kualitas
  5. Meng-handle material
  6. Menjaga dan merawat kebijakan

Manajemen operasional juga harus mempelajari bahan baku yang digunakan untuk produksi dan menjamin tidak ada kelebihan yang sia-sia. Mereka memiliki formula pemesanan jumlah bahan yang dibutuhkan sehinga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Peran Manajer Operasional

Kalau disesuaikan dengan pengertian manajemen operasional, seorang manajer harus benar-benar paham keseluruhan proses yang ada di dalam perusahaan. Mereka dilibatkan soal pengkoordinasian proses beserta pengembangan terbarunya sambil mengevaluasi kembali strukturnya.

Dalam hal ini, organisasi dan produktifitas menjadi hal yang paling dibutuhkan ketika menjadi seorang manajer operasional. Ia harus bisa berada di posisi yang sangat fleksibel.

Manajer Operasional memiliki tugas pokok dalam proses produksi, diantaranya:

  1. Membuat perencanaan kuantitas dan kualitas bahan baku dalam proses produksi
  2. Membuat rencana lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien untuk menghemat waktu dan mobilisasi
  3. Merencanakan letak layout pabrik
  4. Bertanggungjawab atas pemeliharaan peralatan pabrik untuk menjamin keandalan dan keberlangsungan operasional
  5. Membuat strategi produk yang berkualitas sehingga bisa bersaing dengan kompetitor
  6. Membuat jadwal kerja yang efektif dan efisien dengan mengevaluasi biaya tenaga kerja
  7. Manajer operasional bertanggungjawab atas keberlangsungan hasil produksi, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas

 

 

Segera Hubungi Kami Untuk Mewujudkan Bisnis Yang Anda Inginkan dan Ubah Bisnismu Sekarang Menjadi Lebih Maju dengan Kami! 

 

Industri yang kami layani :

 

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri.





Konsultan.co



The Future Of..

Indonesia Business Growth