KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

Terbaik,+62 813 – 9864 – 6177,
Hari Libur Pemilu April 2019, Berita Pemilu Hari Ini, Hari Libur Pemilu 2019, Berapa Hari Menuju Pemilu

Ilustrasi suasana sebuah mall

TEMPO.COJakarta – Momentum pesta diskon terkait perhelatan pemilu ini diharapkan jadi pendorong makin bergairahnya sektor retail hingga akhir tahun ini. B

Optimisme ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta. Ia menyebutkan, pesta diskon saat hajatan pemilu terbukti menarik minat kunjungan dan belanja konsumen. Hal ini berbarengan waktunya menjelang periode konsumsi tinggi pada Ramadan dan Lebaran.

Berdasarkan pantauannya, kata Tutum, tingkat kunjungan masyarakat di pusat perbelanjaan dan toko ritel modern meningkat tajam pada 17 April 2019. Hal itu merupakan fenomena positif bagi peritel untuk menggaet pengunjung dan meningkatkan penjualan produknya.

“Pemilu 2019 ini bagi saya punya tingkat antusiasme pemilih paling besar. Ini berbanding lurus dengan tingkat kunjungan di sejumlah retail modern yang juga tinggi. Harapannya, pesta diskon ini akan menjadi momentum tambahan (untuk) meningkatkan penjualan produk pada tahun ini,” kata Tutum, Rabu, 17 April 2019.

Tutum memperkirakan tingginya tingkat kunjungan di segmen retail modern tersebut setidaknya akan berlangsung hingga akhir pekan ini. Pasalnya, sejumlah pengusaha, siap memberikan diskon dalam pergelaran KlingKing Fun hingga akhir pekan ini. 

Sementara itu, dorongan terhadap tingkat kunjungan dan belanja akan diperoleh peritel akibat libur panjang Paskah 2019. Berdasarkan pantauannya, sebagian besar konsumen juga memanfaatkan pesta diskon kali ini juga untuk berbelanja kebutuhan pada periode bulan Ramadan tahun ini.

Adapun, KlingKing Fun merupakan pesta diskon yang digelar oleh ratusan merek dan toko secara nasional, untuk merayakan Pemilu 2019. Pergelaran ini diikuti oleh lebih dari 250 merek dan toko dengan penawaran diskon pembelian 10 persen – 50 persen.

Konsumen hanya perlu menunjukkan salah satu jarinya yang memiliki tanda tinta pemilu, sebagai bukti mereka telah melakukan pencobolosan untuk mendapatkan diskon saat berbelanja. Dalam hal ini, KlingKing Fun ditujukan mengajak masyarakat untuk tidak golput.

Sementara itu, Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, pesta diskon tersebut menjadi salah satu momentum kebangkitan para peretail. Dia mengatakan, hal itu tercermin dari membeludaknya tingkat kunjungan masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan.

“Kunjungan yang membeludak kali ini juga terjadi di retail fesyen, sepatu dan kosmetik. Ini pertanda baik bagi industri retail konvensional atau non online. Selama ini, peretail tersebut yang ramai kunjungannya cenderung ke segmen makanan dan minuman. Dengan adanya pesta diskon ini, keramaiannya merata,” katanya.

Menurut Budihardjo, dengan indikasi positif dari tingkat kunjungan dan belanja konsumen saat ini, dia optimistis penjualan industri retail konvensional pada tahun ini akan mengalami kenaikan.