Skip to content

Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli

Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli

Memiliki display atau penataan toko yang menarik adalah salah satu tips mendatangkan pembeli. Seorang konsultan bisnis tentunya sudah memahami hal ini dan sudah khatam dengan keadaan ini. Banyak pemilik toko yang tidak terlalu memikirkan soal tampilan toko mereka, terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing. Lihat saja, sudah ada beberapa brand yang menutup retail tokonya belakangan ini karena pembelinya lebih memilih belanja secara online.

Untuk membuat barang jualan kita jadi lebih laris tentu saja kita harus menatanya serapi mungkin. Gunakan rak display yang tepat untuk menarik pengunjung melihat dan membeli produk Anda. Buatlah pembeli nyaman saat berbelanja dan tentunya penjualan akan semakin meningkat. Cek rekomendasi dari kami segera ya!

1. Kelompokkan Barang Berdasarkan Kategori
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli yang pertama adalah kelompokkan produk berdasarkan kategori. Anda bisa mengaturnya berdasarkan fungsi produk atau berdasarkan merek. Misalnya, pada toko kosmetik, Anda bisa membuat lorong khusus perawatan tubuh terpisah dari perawatan wajah. Bisa pula mengatur berdasarkan merek kosmetik. Hal ini karena seringnya merek kosmetik menyediakan beberapa produk dalam satu seri. Agar dapat menentukan kategori dengan tepat, Anda perlu terlebih dahulu mempelajari karakteristik produk yang akan Anda jual.

2. Gunakan Rak agar Barang Tersusun Rapi dan Mudah Dijangkau
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli yang kedua adalah menggunakan rak untuk menata merchandise. Rak merupakan alternatif terbaik untuk menata barang agar terlihat lebih rapi dan mudah dijangkau. Ada berbagai macam pilihan rak yang bisa digunakan untuk menata barang-barang di toko Anda, mulai dari rak bersusun, rak bersekat, serta rak berbentuk piramid.

3. Buat Tampilan Depan Toko Terlihat Semenarik Mungkin
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli selanjutnya adalah membuat tampilan depan toko semenarik mungkin. Hal pertama yang paling menentukan apakah calon pembeli tertarik untuk mengunjungi toko milik Anda atau tidak adalah bagian depan atau fasad desain toko tersebut.

Untuk menarik perhatian, produk-produk terbaik yang Anda jual sebaiknya memang ditampilkan di etalase bagian depan desain toko milik Anda. Desain eksterior toko juga harusnya menggambarkan desain interior toko Anda, sehingga calon pembeli bisa melihat keunikan toko yang Anda miliki.

4. Jangan Lupa Cantumkan Label Harga
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli selanjutnya adalah mencantumkan label harga pada setiap produk di toko Anda. Mencantumkan label harga sangat penting karena banyak pembeli baru yang merasa ragu untuk belanja apabila mereka tidak tahu pasti berapa harga barang tersebut. Sebaliknya, label harga yang tertera akan membuat pembeli lebih yakin dan lebih mudah mengambil keputusan.

5. Lorong harus Cukup Luas untuk Memberikan Keleluasaan bagi Pembeli
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli berikutnya adalah memberikan lorong yang cukup luas di setiap rak. Sebuah toko akan lebih diminati oleh calon konsumen apabila tersedia lorong yang cukup luas, sehingga kegiatan memilih barang dan berbelanja jadi lebih nyaman dan leluasa.

6. Berikan pencahayaan yang cukup
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli berikutnya adalah memberikan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan merupakan elemen penting yang harus Anda perhatikan dalam mengonsep desain toko Anda karena pencahayaan sangat mempengaruhi tampilan produk yang Anda jual. Pencahayaan lampu yang baik harus bisa memperlihatkan warna asli produk yang dijual, atau bahkan bisa membuat produk tersebut tampil lebih menarik dari aslinya.

Dalam desain toko, Anda bisa menggunakan kombinasi task lighting seperti lampu gantung, lampu sentral, dan lampu-lampu dekoratif yang dipasang pada dinding. Task lighting sebaiknya kamu tempatkan di setiap rak display.

7. Manfaatkan Ruang pada Toko untuk Promosi
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli berikutnya adalah memanfaatkan ruang untuk promosi. Anda tentu hendak menawarkan promo kepada pelangganmu. Misalnya, promo buy one get one, diskon, produk baru, dan sebagainya. Jika hendak melakukan ini, manfaatkan ruang pada toko sebaik-baiknya agar promosi Anda bisa dilihat banyak orang. Sebisa mungkin, informasi promosi dapat terlihat dengan jelas dari luar toko. Jadi, bisa menarik perhatian orang yang hanya lewat depan toko Anda.

8. Lakukan Dekorasi Ulang Secara Berkala agar Desain Toko Terlihat Selalu Fresh
Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli terakhir adalah Selain Anda perlu meng-update produk-produk yang Anda pajang di rak display dan menggantinya dengan produk yang lebih baru, Anda juga perlu loh meng-update tampilan desain toko Anda secara teratur. Tidak perlu mengganti tema desain toko secara keseluruhan, ubah saja penataan rak dan produknya serta tambahkan beberapa elemen dekor baru. Untuk rak display yang tidak dipasang di dinding, gunakanlah rak kabinet yang ringan dan bersifat movable untuk mempermudah Anda saat melakukan penataan ulang.

Mungkin tampak sangat memberatkan dan mahal untuk secara konstan mengubahnya tetapi secara efektif hal ini akan berkorelasi langsung dengan Anda bisa mengubah display produk selalu terbaru dan relevan relevansinya dengan musim promosi yang sedang berjalan, misalnya ketika libur Idul Fitri, Natal atau Tahun Baru.

Itulah berbagai Cara Mengatur Tampilan Toko Agar Menarik Pembeli. Untuk infomasi lebih lanjut silakan hubungi kami. 0813-5991-1773

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *