KONSULTAN BABY SHOP

TERNAMA, +62 813 – 9864 – 6177, CARA MENENTUKAN HARGA PRODUK

Bisnis Baby Shop, Harga Produk, Konsultan Baby Shop, Bisnis Jakarta, Menentukan Harga Jual Produk Usaha, Bisnis di Era Digital

Tujuan Penetapan Harga

1.Kemampuan bertahan

perusahaan mengejar kemampuan bertahan sebagai tujuan utama mereka jika mereka mengalami kelebihan kapasitas,persaingan ketat,atau keinginan konsumen yang berubah.

2.Laba saat ini maksimum

banyak perusahaan berusaha menetapkan harga yang akan memaksimalkan laba saat in.

3.Pangsa pasar maksimum

beberapa perusahaan ingin memaksimalkan pangsa pasar mereka.mereka percaya bahwa semakin tinggi volume penjualan,biaya unit akan semakin rendah dan laba jangka panjang akan semakin tinggi.

4.Pemerahan pasar maksimum

perusahaan mengungkapkan teknologi baru yang menetapkan harga tinggi untuk memaksimalkan memerah pasar

5.Kepemimpinan kualitas produk

perusahaan mungkin berusaha menjadi pemimpin kualitas produk di pasar. Banyak merek berusaha menjadi “kemewahan terjangkau”.

Cara Menentukan Harga yang Tepat

1. Penetapan harga berdasar biaya (cost based pricing)

Ini merupakan strategi penetapan harga yang paling tua. Harga ditetapkan berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk setiap satuan produk, ditambah dengan keuntungan atau laba yang dikehendaki.

a. Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing Method)

Rumusnya : Harga Jual = Modal (biaya produksi) + Laba

b. Harga Mark-Up

Rumusnya : Harga jual = Harga beli – Mark up

2. Menentukan harga berdasarkan harga competitor

Strategi penetapan harga yang satu ini cocoknya digunakan untuk produk yang standar dengan kondisi pasar oligopoli. Cara menentukan harga jual dilakukan dengan melihat harga kompetitor sebagai referensi.

3. Penetapan harga berdasarkan permintaan (demand-based pricing).

Penetapan harga jual berdasarkan persepsi konsumen terhadap value yang diterima (value price), preceived quality, dan sensitivitas harga. Caranya dapat dilakukan dengan melakukan analisa PSM (Price Sensitivity Meter).

4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar

Kalau menggunakan cara yang satu ini, penentuan harga tidak anda dasarkan pada biaya, tetapi justru sebaliknya. Harga yang menentukan biaya bagi usaha anda.